• Rekomendasi Tempat Jual dan Sewa Kebaya di Jakarta

    Fashion / Tips


    Rekomendasi Tempat Jual dan Sewa Kebaya di Jakarta

    Berikut adalah rekomendasi rumah mode yang menyediakan jasa sewa kebaya ataupun sekaligus menjual kebaya.


    Sejak dahulu banyak perhelatan di Indonesia yang mewajibkan peserta atau tamu undangannya mengenakan busana kebaya. Misalnya pada hari raya Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April 2018, banyak lembaga atau sekolah yang mengadakan acara khusus dengan dress code menggunakan kebaya. 

    Atau acara wisuda menggunakan kebaya yang kini tidak hanya diikuti oleh para mahasiswa saja, sudah mulai banyak pelajar sekolah yang mengaplikasikan busana kebaya untuk pesta kelulusan. Di samping acara lainnya seperti, acara kebudayaan, perkawinan, dan lain-lain.

    Bagi beberapa individu perihal mencari kebaya bukanlah hal yang mudah, oleh sebab itu Bazaar memberi rekomendasi beberapa tempat yang menyediakan jasa sewa atau menjual kebaya di area Jakarta.


    TEMPAT JUAL KEBAYA


    1. Bin House

    Sang desainer, Josephine Komara atau dikenal sebagai Obin, memang populer dengan karyanya yang berkonsep tradisional. Kebaya yang diusung di tempat ini modelnya lebih minimalis dan mengarah pada kebaya encim.

    Meski terlihat tradisional, sejatinya Obin senantiasa menggali teknik dan inovasi untuk memberikan pengalaman menarik bagi pemakainya.


    Sedangkan kain-kain yang ia jual warnanya beragam, dari mulai vibran hingga pastel. Bicara teknik, Bin House selalu mengedepankan buatan tangan (handmade) namun dikemas secara modern.

    Tak heran jika terdapat detail-detail rumit jika Anda mengamati kreasinya lebih dekat.


    Butik Bin House berada di Plaza Indonesia dengan nomor telepon (021) 39831144. Atau workshop sekaligus butik yang letaknya di Jl. Purworejo No.10, RT.1/RW.6, Menteng, Jakarta Pusat, dengan no telepon (021) 31934948.


    Baca juga: Tips Memilih Sepatu yang Cocok untuk Kebaya


    2. Ghea Panggabean

    Ghea memiliki ciri khas dalam membuat kain ikat, songket, tenun lurik, Bali, sutra alam hingga belacu, secara kontemporer namun tetap memiliki elemen tradisional. Warna-warna yang ia usung juga cukup beragam, misalnya nuansa merah marun, hitam, dan emas. Pilihan warna yang membuat hasil karyanya setia pada nuansa elegan.

    Ia juga kerap membawakan koleksi yang dilansir dari kebudayaan Indonesia, sebut saja Sumba, Batak, Padang, dan lain-lain.






    Butik Ghea Panggabean berada di Jl. Subang No.12, RT.4/RW.4, Menteng, Kota Jakarta Pusat, dengan no telepon (021) 31922106.

    Atau dapat melihat koleksinya melalui akun Instagram Ghea Fashion Studio.


    Jika Anda hanya ingin menyewa kebaya atau baju adat, beberapa tempat di bawah ini dapat menjadi pilihan untuk dicoba: 


    TEMPAT SEWA KEBAYA


    1. Cipta Busana Martha Tilaar

    Butik milik Martha Tilaar ini sudah ada sejak lama dikenal sebagai tempat untuk menjahit maupun menyewakan baju tradisional seperti kebaya atau adat dari beragam suku di Indonesia. Busana yang disediakan termasuk lengkap dimulai dari kebaya, kain, bustier, hingga aksesori.



    Selain untuk dewasa, butik tersebut juga menyewakan busana adat untuk anak-anak.


    Butik ini juga menyediakan paket sewa atau jahit busana, disertai makeup and hairdo. 



    Butik Cipta Busana Martha Tilaar terletak di Jl. K.H. Wahid Hasyim No. 19 - 23, lantai 2, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, dengan nomor telepon (021) 31925921.


    2. Sanggar Liza

    Tempat ini awalnya merupakan salon kecantikan, namun kini berkembang menjadi sanggar rias dan busana khusus tradisional. Kebanyakan sanggar ini melayani jasa pernikahan, yang disertakan dengan paket rias, tata rambut, hingga fotografi.






    Namun, butik ini juga menyediakan penyewaan busana tradisional lain, termasuk untuk upacara adat di antaranya Bali, Lombok, Betawi, Bugis,Jawa, Jawa Modern, Jogja, Jogja Muslim, Jogja Paes Ageng, Jogja Puteri, dan lain-lain.





    Sanggar Liza berada di Jl. Asem Baris Raya no. A11 Kebon Baru,Tebet, Jakarta Selatan, dengan nomor telepon 021-83781785. Atau langsung mengunjungi situs www.sanggarliza.com


    3. Belsbee

    Butik online ini merupakan destinasi menjual maupun sewa beragam busana, dari mulai gaun malam hingga kebaya. Karya di dalamnya merupakan kreasi para desainer lokal Indonesia yang dikumpulkan menjadi satu platform.



    Busana yang disewakan dapat disesuaikan dengan acara, misalnya wisuda, prom night, bridesmaid, pre-wedding, dan yang lainnya. 



    Pada situs Belsbee, Anda dapat langsung melihat model kebaya yang disesuikan dengan kebutuhan secara mendetail, termasuk ukuran dan juga warna.


    (Foto teaser: Ryan Tandya; Editor Fashion: Michael Pondaag; Kain Gerinsing yang dijadikan kemben: Ghea Panggabean; Cape batik: Didi Budiarjo; Aksesori: Rinaldy A. Yunardi; Model: Marcella Tanaya (Wynn Models); Makeup & hair: QQ Franky & Team; Asst. Photographer: Agung Ngurah Aditya; Stylist Asst.: Michelle Othman & Arinta Wirasto; Foto Bin House: Kay-mOreno&Co.; Editor Fashion: Michael Pondaag; Model: Mesty Ariotedjo; Makeup & hair: Lucia Tan & Retno for PAC Martha Tilaar; Stylist Asst.: Veronica Arviana ; Foto: Courtesy of Instagram Ghea Panggabean, Cipta Busana Martha Tilaar, Sanggar Liza, dan Belsbee) 



    Tags : fashion, kebaya






- RELATED ARTICLE -