• 10 Tips untuk Pemilik Gigi Sensitif

    Beauty / Tips


    10 Tips untuk Pemilik Gigi Sensitif

    Dokter gigi selebriti di Inggris berikut memberi tip kepada pembaca Bazaar cara merawat serta menangani gigi sensitif.


    Gigi sensitif mungkin bukanlah suatu topik yang glamor, namun jika menyepelekannya justru kesehatan mulut Anda tidak bisa diajak berkompromi lagi. Dokter gigi selebriti, dr. Richard Marques, yang populer dengan julukan 'raja senyum', membagikan 10 tip untuk merawat gigi sensitif:


    1. Pemilihan pasta gigi




    "Ganti pasta gigi Anda dengan varian untuk gigi sensitif. Kandungan aktif di dalamnya dapat memblokade lubang-lubang kecil di permukaan gigi, dan beraksi sebagai tameng untuk menenangkan saraf-saraf yang terekspos," 


    2. Perhatikan temperatur

    "Singkirkan tanpa terkecuali hidangan maupun minuman panas atau dingin. Temperatur ekstrem akan mencetuskan rasa sensitif, oleh karena itu bersahabatlah dengan minuman bersuhu ruangan dan gunakan air sedikit hangat ketika Anda menyikat gigi."


    3. Opsi elektrik

    "Pastikan bulu sikat gigi Anda lembut atau gunakan sikat gigi elektrik. Kemudian buat gerakan memutar dengan tekanan lembut saat menyikat gigi. Menyikat secara agresif dapat menyingkirkan enamel gigi, sehingga semakin mengekspos gigi menjadi lebih sensitif."


    4. 'Menumbuk gigi'?

    "Penyebab lain yang membuat gigi menjadi sensitif adalah kebiasaan 'mengunyah' atau 'menumbuk' gigi saat Anda tidur. Jika kasus ini menimpa Anda, maka dokter gigi akan menyediakan pelindung gigi yang dapat digunakan pada malam hari, guna menghindari kerusakan lebih parah."


    5. Pengetahuan berkumur

    "Gunakan mouthwash yang tinggi akan flouride guna memperkuat enamel gigi. Jangan gunakan yang mengandung kimia abrasif atau keras, termasuk alkohol."


    (Foto: Courtesy of Instagram; Dok. Bazaar UK)



    6. Hindari makanan asam dan manis

    "Cobalah untuk menyingkirkan sejenak makanan dan minuman yang terlalu banyak kandungan asamnya, seperti buah, cuka, dan alkohol.  Makanan dengan kandungan gula dan asam yang tinggi dapat menyebabkan gigi terkikis dan merusak enamel, keduanya juga menjadi pencetus utama gigi serta gusi sensitif."


    7. Beralih ke sedotan

    "Pastikan Anda minum melalui sedotan. Dengan melakukan ini, gigi akan terhindar dari jalur cairan, sehingga mecegah Anda dari kerusakan dan rasa sensitif." 


    8. Menunggu sebelum menyikat gigi

    "Tunggulah paling tidak setengah jam atau 1 jam setelah minum maupun makan sebelum Anda menyikat gigi. Hal ini diperlukan untuk memberi kesempatan enamel gigi mengeraskan kembali teksturnya. 

    Menyikat gigi langsung setelah makan, dapat mendorong keasaman lebih dalam, yang akhirnya menciptakan pengikisan gigi."


    9. Saat mencerahkan gigi ...

    "Tahan segala jenis perawatan pemutihan gigi saat rasa sensitifnya membuat Anda tidak nyaman. Anda dapat menggunakan pemutih natural, seperti minyak kelapa yang dapat membuat gigi lebih cerah."


    10. Perhatikan kebersihan

    "Menjaga kehigienisan gigi adalah langkah terbaik untuk melawan gigi sensitif. Sikat, floss, dan bilas secara teratur, misalnya dua kali sehari. Kemudian kunjungi dokter untuk pengecekkan gigi setidaknya setiap enam bulan."


    (Artikel ini disadur dari Harper's Bazaar UK; Alih bahasa: Erica Arifianda; Foto: Getty Images)










- RELATED ARTICLE -