• 4 Cara Alami untuk Meringankan Gejala PMS

    Beauty / Tips


    4 Cara Alami untuk Meringankan Gejala PMS

    Daripada tergantung dengan obat-obatan tertentu, tak ada salahnya mencoba beberapa kiat mudah untuk menyiasati problem tamu bulanan.


    PMS atau kerap disebut pula sindrom premenstruasi merupakan sejumlah indikasi yang biasanya dialami oleh wanita sebelum masa haid. Komplain pada umumnya meliputi kram perut, otot pegal, perasaan mudah marah, hingga payudara yang terasa bengkak dan nyeri.

    Sound familiar? Tenang saja, Anda tidak sendirian. Menurut penelitian, sebanyak 90% wanita pasti pernah mengalami hal ini. Guna mengatasinya, beberapa orang terkadang meminum pil atau kapsul khusus yang memang ditargetkan untuk mengusir rasa sakit tersebut.

    Namun, sebetulnya ada macam-macam cara lain yang simpel dan bisa diandalkan tanpa harus melibatkan resep dokter maupun kunjungan ke apotek. Apa saja? Baca terus artikel berikut. 

    1. Olahraga ringan

    Sebuah studi terpercaya telah menyimpulkan bahwa beberapa gerak badan meski sesederhana berenang, yoga, ataupun berlari-lari kecil pun ampuh membantu meredakan rasa tidak nyaman pada tubuh yang biasanya Anda alami menjelang menstruasi.

    Jadi daripada meringkuk kesakitan, sempatkan diri untuk melakukan jogging setidaknya 50 menit tiap minggunya atau dua kali sesi renang yang berlangsung masing-masing sejam dalam sepekan. Jika memungkinkan dan memiliki stamina lebih, latihan aerobik sebetulnya bisa menjadi pilihan olahraga yang paling efektif untuk meringankan gejala PMS. 


    2. Akupuntur

    Praktik penyembuhan asal Tiongkok ini terbukti ampuh meredam pusing atau migrain hingga kejang pada perut yang kerap Anda rasakan pada waktu haid. 


    3. Menghindari minuman berkafein

    Anda rutin meminum espresso tiap pagi atau high tea saat sore? Segera batasi konsumsinya menjelang dan saat datang bulan. Kopi, teh, atau bahkan soft drink dengan kandungan kafein, meski hanya segelas, ternyata berpotensi mengakibatkan gejala PMS yang bertambah parah.


    4. Terapi pijat

    Refleksologi yang dilakukan pada tangan dan kaki hingga telinga diklaim sanggup meredakan sakit kepala, cepat lelah, linu dan pegal otot jelang datang bulan. Tak hanya itu, teknik ini pun dipercaya mampu memperbaiki mood atau suasana hati seseorang berkat manfaat relaksasinya. 


    (Foto:  puhhha©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -