• 5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit

    Beauty / Tips


    5 Kebiasaan Buruk yang Merusak Kulit

    Baik disadari maupun tidak, Anda mungkin kerap melakukan beberapa tabiat yang ternyata cukup mengganggu vitalitas kulit.


    Apakah Anda merasa sudah membersihkan dan merawat wajah secara teratur namun masih saja merasakan kulit kering, meradang, atau mulai menampakkan garis-garis halus? Coba cek lagi, jangan-jangan kebiasaan inilah yang menjadi biang berbagai problem tersebut. 

    1. Menganut pola makan yang kurang sehat

    Sejumlah studi terpercaya telah menyimpulkan bahwa konsumsi camilan manis ataupun refined carbs seperti pasta bisa mempercepat munculnya tanda-tanda penuaan dini seperti keriput

    Jika memang menginginkan kulit yang sehat, mau tidak mau Anda harus membiasakan diri untuk memakan menu diet kaya buah-buahan dan sayur-mayur serta whole grain yang mampu bertindak sebagai upaya anti-aging alami terhadap wajah. 


    2. Melakukan eksfoliasi pada kulit yang mengelupas

    Akui saja, Anda pasti sering merasa puas saat meluruhkan sel-sel kulit mati dengan menggunakan scrub! Wajah yang tampak bersisik atau terkelupas memang menandakan gejala kekeringan.

    Namun, produk eksfoliasi yang sifatnya cenderung abrasif ternyata malah berpotensi menurunkan kelembapan pada wajah. Yang seharusnya Anda lakukan terlebih dulu ialah mengoleskan krim dengan kandungan gliserol serta lotion bebas pewangi ke seluruh permukaan tubuh. 

    Baca juga: 4 Kebiasaan Buruk yang Merusak Telinga

    3. Menggunakan obat jerawat dengan formula terlalu keras

    Sekarang, sudah banyak tersedia macam-macam salep antijerawat dengan bahan aktif benzoyl peroxide dan juga asam salisilat yang terbukti ampuh mengatasi momok satu ini.

    Akan tetapi, Anda tak perlu membeli produk dengan dosis paling tinggi karena komposisi 2,5% benzoyl peroxide saja sebetulnya sudah berefek sama dengan yang berkekuatan 5% atau bahkan 10%. Konsentrasi obat yang terlalu tinggi justru rentan menyebabkan iritasi kulit ataupun kondisi wajah yang semakin parah, terutama jika kulit Anda tergolong sensitif.


    4. Lupa mengenakan sunscreen

    Entah semata-mata lupa atau memang kerap mengabaikan pentingnya tabir surya, sebotol sunblock yang Anda beli tahun lalu boleh jadi masih berisi 90 persen hingga kini. Padahal, seharusnya sunscreen harus rutin diaplikasikan setiap harinya lengkap dengan pengulangan setiap habis berkeringat ataupun melakukan aktivitas outdoor seperti olahraga lari apalagi berenang. 


    5. Merokok 

    Nikotin dapat mengurangi pasokan aliran darah ke kulit sehingga mengakibatkannya kekurangan nutrisi serta oksigen. Jadi, jangan heran apabila seorang perokok seringnya memiliki kompleksi wajah yang kusam dan berkeriput. Jika memang Anda masih merasa sulit untuk berhenti, perbanyak asupan vitamin A dan C demi meningkatkan vitalitas kulit.

    Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat

    (Foto:  gstockstudio¬©123rf.com)


    Tags : kulit, skincare





- RELATED ARTICLE -