Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

4 Solusi Jitu untuk Atasi Vertigo

Katakan selamat tinggal pada vertigo yang selama ini mungkin mengganggu Anda.

4 Solusi Jitu untuk Atasi Vertigo

Vertigo adalah hilangnya keseimbangan sehingga membuat Anda merasa diri sendiri atau ruangan di sekitar seperti berputar-putar. Kebanyakan dari kasus ini diakibatkan karena adanya problem dengan telinga bagian dalam, meski terdapat pula akar-akar permasalahan yang lainnya seperti migrain, cedera, hingga tumor.

Menurut penyebabnya, penanggulangan vertigo kira-kira dapat dikelompokkan ke dalam beberapa opsi seperti yang berikut ini.

1. Obat-obatan

Sejumlah obat-obatan kerap diberikan untuk melegakan gejala sakit kepala yang berhubungan dengan vertigo. Sebagai contoh lain, penggunaan antibiotik maupun steroid mampu menyembuhkan vertigo yang disebabkan oleh infeksi atau pembengkakan. Sedangkan, kasus vertigo yang diakibatkan oleh Meniere’s disease biasanya diatasi dengan diuretics alias water pills guna mencegah tekanan dari menumpuknya cairan dalam tubuh.

2. Vestibular Rehabilitation

Ini ialah terapi fisik dengan tujuan menguatkan sistem vestibular yang berfungsi mengontrol keseimbangan tubuh. Rehabilitasi semacam ini umumnya direkomendasikan apabila Anda mengalami vertigo secara berulang dan terus-menerus.

3. Canalith Repositioning Procedure

Salah satu penyebab vertigo adalah BPPV yang merupakan singkatan dari Benign Paroxysmal Positional Vertigo. BPPV muncul saat partikel kalsium (canalith) menggumpal pada kanal-kanal telinga bagian dalam. Demi menuntaskan hal ini, American Academy of Neurology merekomendasikan sebuah prosedur khusus yakni Canalith Repositioning Procedure guna mengeluarkan deposit kalsium tersebut sehingga bisa terserap oleh tubuh. Tindakan ini diklaim aman dan efektif selama dilakukan oleh dokter atau terapis berpengalaman.

4. Operasi

Pada beberapa kasus vertigo yang melibatkan cedera ataupun tumor pada otak maupun leher, upaya bedah dibutuhkan untuk meringankan rasa nyeri.


(Foto: LADO/Shutterstock.com)