• 6 Langkah Mudah untuk Mulai Hidup Hijau

    Culture / News


    6 Langkah Mudah untuk Mulai Hidup Hijau

    Dalam rangka merayakan Earth Day pada tanggal 22 April ini, Bazaar mencatat enam langkah mudah bagi Anda untuk hidup hijau mulai sekarang.


    Dalam rangka merayakan Earth Day pada tanggal 22 April ini, Bazaar mencatat enam langkah mudah bagi Anda untuk hidup lebih hijau mulai dari sekarang.

    1. Jadilah vegetarian satu hari dalam seminggu
    Bazaar mengakui bahwa daging-dagingan memang lezat, bernutrisi, serta terkenal sebagai bagian dari sebuah diet yang seimbang bagi kita. Namun apakah Anda tahu, bahwa produksi daging menciptakan lebih banyak efek rumah kaca dibanding produksi sayuran, serta mengonsumsi lebih banyak bahan bakar fosil?

    Diperkirakan 25 kalori dari energi fosil diambil untuk memproduksi hanya 1 kalori dari protein hewani, yang mana bukanlah hal yang menyenangkan betapapun tipisnya potongan daging Anda. Mengapa tidak kita mulai dengan Meatless Monday tiap minggu untuk sedikit perubahan yang berdampak besar?

    2. Mencetak kertas di kedua sisi
    Dua puluh satu juta ton tercatat sebagai sampah kertas yang terbuang setiap tahun di Amerika. Dan hingga kini, double-sided printing masih belum banyak digunakan sebagai opsi utama untuk mesin printer di kantor. Dengan mencetak kertas di kedua sisinya, kita tak hanya membuat limbah kertas menjadi dua kali lipat lebih sedikit, namun juga menghemat pengeluaran untuk refill tinta.

    3. Bawalah gelas kopi milik Anda sendiri
    Anda mungkin tidak merasa bersalah dengan penggunaan disposable cup untuk kopi, teh maupun cokelat panas dalam pesanan takeaway harian Anda. Namun, tanpa Anda sadari, Anda telah menambahkan sekitar 10 kilogram sampah dalam setahun.

    Mungkin tidak terdengar banyak, tapi jika Anda mencoba berinvestasi membeli gelas Anda sendiri (pastikan memilih gelas yang lucu) dan membawanya ke barista untuk diisi dengan minuman favorit Anda, paling tidak Anda telah meringankan jumlah sampah yang Anda buang.

    Selain itu, beberapa coffee shop seperti Starbucks memiliki promo khusus untuk Anda yang membawa gelas Anda sendiri. Tidak ada salahnya bukan?

    4. Tidak menyalakan keran air saat menyikat gigi
    Bunyi air yang meluncur dari keran memang ibarat lagu pendamping saat sedang menyikat gigi. Namun selama standar dua menit Anda menyikat gigi, terhitung ada lima galon air yang terbuang jika Anda terus menyalakan keran air. Gunakan air seperlunya, cukup ketika Anda akan membilas gigi Anda.

    5. Paperless
    Bukti transfer bank, boarding pass pesawat, bahkan tiket menonton bioskop, kini hampir semuanya dapat dilakukan secara online. Jika mayoritas penduduk di Indonesia membayar atau memesan semuanya secara online, diperkirakan jumlah sampah darat dapat menurun hingga lebih dari 800 ribu ton tiap tahunnya, serta menyelamatkan sekitar 18,5 juta pohon setiap tahun.

    Selain lebih canggih, lebih mudah, juga lebih earth-friendly. Hitunglah manfaatnya.

    6. Gunakan mesin pencuci piring
    jika Anda cukup beruntung untuk memiliki mesin pencuci piring, gunakanlah sebaik mungkin, walaupun Anda hidup sendirian. Memang terasa boros jika dishwasher tersebut tidak terisi dengan penuh, tetapi secara rata-rata dishwasher menggunakan hanya separuh energi dan hanya seper-enam penggunaan air dibanding pencucian dengan tangan.

     


    (Emma Dibdin. Alih bahasa: Ninette Marasuchi. Foto: Getty Images)








- RELATED ARTICLE -