Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Natural Memperbaiki Rambut

Membuat rambut kembali sehat melalui perawatan tradisional.

Cara Natural Memperbaiki Rambut

Memberikan protein kepada tiap helai rambut merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatannya. Banyak cara untuk memberikan kemilau pada mahkota Anda guna menunjang penampilan.

Selain didukung dengan beragam produk perawatan rambut, Anda juga bisa meramu bahan-bahan sederhana dari dapur untuk meramu sebuah masker rambut alami, yang bermanfaat bagi folikel maupun kulit kepala. Bazaar menemukan beberapa resep hair mask yang dapat disesuaikan dengan kondisi rambut Anda, seperti berikut ini:

1. Untuk menjaga kelembapan dan melindungi rambut dari dampak negatif agresi luar, siapkan pisang dan madu sebagai bahan utama. Pertama. lumat pisang hingga lembut lalu campurkan dengan tiga sendok madu, tiga sendok susu cair segar, dan lima sendok minyak zaitun. Pastikan seluruh bahan teraduk merata, selanjutnya bubuhkan pada seluruh helai rambut Anda, dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah mengering, bilas dan cuci dengan mild shampoo, hasilnya rambut lebih lembut dan tentu saja lembap. Ramuan ini dapat digunakan setiap dua kali dalam seminggu.

 

2. Kembalikan kemilau rambut berwarna atau yang terkena proses kimia lainnya, melalui nutrisi alpukat dan mayonnaise. Caranya? Lumatkan setengah alpukat di dalam mangkuk, kemudian saring hingga mendapatkan tekstur lembut merata. Setelah itu masukkan dua butir kuning telur dan tiga sendok makan mayonnaise, aduk hingga tercampur. Aplikasikan resep tersebut pada rambut dan pijat agar kandungan dalam bahan-bahan itu terserap sempurna. Kemudian bungkus kepala Anda dengan handuk yang sudah dibasahi air hangat, diamkan selama 15-20 menit. Terakhir, bilas seperti biasa dengan produk-produk favorit Anda. Ulang langkah-langkah perawtan ini setiap dua kali dalam seminggu.

3. Bagi Anda yang bermasalah dengan kulit kepala kering, campuran minyak zaitun dan cairan lemon bisa menjadi solusinya. Cukup siapkan mangkuk kecil kemudian masukkan dua sendok makan olive oil, dua sendok air lemon, lalu tambahkan dua sendok makan air mineral, dan aduk rata. Gunakan ke seluruh kulit kepala ketika lembap dan pijat perlahan, kemudian diamkan selama 20 menit. Selanjutnya keramas dengan sampo dan kondisioner seperti biasa, jangan lupa lanjutkan perawatan ini satu kali dalam seminggu.

(Ardani Sesotyasari, Foto : YuriyZhuravov / Click Photos / Shutterstock)