• Umur Panjang dengan Pola Makan Sehat

    Beauty / Tips


    Umur Panjang dengan Pola Makan Sehat


    Untuk mengubah pola hidup sehat, seseorang membutuhkan ketekunan khusus. Cara paling mudah adalah dengan memulainya dari aktivitas sehari-hari hingga pola makan. Diet sehat perlu diterapkan dalam keseharian Anda, karena sejuta manfaat yang bisa didapatkan adalah mencegah timbulnya penyakit berbahaya yang dapat menyerang Anda secara tiba-tiba. Berikut ini adalah beberapa tips pola makan sehat secara sederhana yang bisa Anda terapkan sehari-hari :

    1. Makan lebih sering

    Pada umumnnya kita biasa mengonsumsi makanan 3 kali sehari, sebaiknya selingi dengan 2 kali snack time untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Usahakan memilih camilan yang rendah lemak dan tinggi protein, seperti kacang-kacangan karena bisa memberikan efek mengenyangkan yang cukup lama.

    2. Lemak Sehat

    Tidak selalu lemak itu jahat. Tubuh kita tetap membutuhkan lemak sebagai sumber energi, tentunya lemak yang dikonsumsi masih dalam jumlah batas normal. Minyak zaitun adalah salah satu contoh lemak sehat yang bisa Anda konsumsi, bisa dijadikan sebagai bahan untuk memasak menu makanan Anda sehari-hari. Buah Alpukat juga salah satu buah yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan jantung.

    3. Batasi Asupan Manis

    Makanan manis sudah menjadi favorit semua orang, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan akan membawa dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh, antara lain obesitas dan diabetes. Gantilah pola konsumsi minuman manis dengan air mineral atau jus segar. Sedangkan untuk dessert atau makanan penutup, santaplah umbi manis, plain yoghurt dengan buah, atau dark chocolate untuk efek manis yang lebih aman untuk tubuh.

    4. Konsumsi sayuran

    Semakin banyak ragam sayuran yang Anda konsumsi, maka semakin tinggi daya tahan tubuh Anda. Terlebih lagi apabila sayur-sayuran yang dipilih terdiri dari berbagai macam warna. Selain mengandung serat tinggi untuk melancarkan pencernaan, sayuran juga bisa menjadi alternatif untuk program diet sehat Anda. Buatlah sashimi salad dengan sesame dressing atau minyak zaitun.

    5. Sarapan di pagi hari

    Pemikiran masyarakat pada umumnya jika ingin menurutkan berat badan adalah dengan melewatkan makan pagi. Sesungguhnya itu semua adalah mitos karena jika Anda melewatkan sarapan, maka pada siang hari akan terasa lapar dan makan dalam porsi yang besar akan terjadi. Terkadang rasa ingin mengonsumsi camilan manis seperti kue, roti, ataupun coklat bisa muncul yang dapat menaikkan berat badan.

    (Teks : Mira Moeis ; Foto : Dok Bazaar)

     

     








- RELATED ARTICLE -