Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Inilah 6 Cara Efektif untuk Menghaluskan Telapak Tangan

Ikuti 6 cara efektif menghaluskan telapak tangan agar lebih halus dan lembut

Inilah 6 Cara Efektif untuk Menghaluskan Telapak Tangan
(Foto: Courtesy of Dmitry Lobanov©123RF.com)

Telapak tangan menjadi bagian tubuh yang sering sekali terlupakan dalam rangkaian perawatan kecantikan. Telapak tangan yang kering dan kasar tentu dapat mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Ada beberapa penyebab telapak tangan Anda menjadi kering dan kasar seperti paparan sinar matahari dan polusi, serta kurangnya asupan nutrisi. Berikut ini, tujuh cara menghaluskan telapak tangan, agar lebih halus dan lembut. 


1. Rutin Menggunakan Hand Cream


Tahukah Anda, dengan mencuci tangan tidak hanya akan menghilangkan debu dan kotoran, tetapi juga minyak alami pada kulit. Oleh karena itu, setiap selesai mencuci tangan, luangkan waktu untuk melembapkan kembali tangan Anda dengan menggunakan krim tangan atau hand cream. Pilih hand cream yang tidak lengket, ringan, dan cepat menyerap ke kulit.


2. Melindungi Tangan dari Sinar Matahari


Tidak hanya bagian wajah saja yang harus dilindungi dari bahaya sinar matahari, tetapi juga bagian tangan. Oleh karena itu, Anda perlu mengoleskan hand lotion yang mengandung SPF untuk melindungi tangan dari bahaya sinar matahari. 


3. Penuhi Kebutuhan Cairan dan Vitamin Tubuh


Kondisi tangan yang kering dan kasar dapat diatasi dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan vitamin. Konsumsi air putih minimal delapan gelas per hari dan makanan sehat seperti sayur dan buah.


4. Gel Lidah Buaya


Gel lidah buaya memiliki beberapa manfaat untuk telapak tangan, seperti melembapkan mendetoksifikasi, serta meremajakan kulit. Kandungan vitamin C dan vitamin E di dalam lidah buaya dapat digunakan sebagai pelembap alami untuk membantu melembapkan tangan yang kering dan pecah-pecah. Oleskan gel lidah buaya pada tangan sebelum tidur, agar lebih halus dan lembut.


5. Minyak Zaitun


Mengoleskan minyak zaitun dapat menjadi salah satu cara menghaluskan telapak tangan berikutnya. Ini berkat kandungan antioksidan, vitamin C dan vitamin D yang dapat membantu meremajakan kulit dan mengurangi oksidasi dalam sel-sel kulit, sehingga membuat tangan lebih cerah. Sementara kandungan vitamin E pada minyak zaitun, dapat memberikan kelembapan alami sehingga telapak tangan lebih halus. 


Anda dapat mengoleskan minyak zaitun pada tangan setiap hari atau dapat dibuat menjadi hand scrub. Caranya, campurkan minyak zaitun dengan gula, oleskan pada tangan dan diamkan sekitar lima menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan ini tiga kali dalam seminggu. 


6. Minyak Kelapa


Minyak kelapa memiliki kemampuan untuk menghaluskan telapak tangan. Ini karena kandungan antioksidan dan asam lemaknya yang dipercaya dapat menenangkan kulit dan menangkal radikal bebas. 


Tuangkan sedikit minyak kelapa pada tangan, kemudian ratakan sembari dipijat-pijat. Hal ini dapat membantu merelaksasi kulit bagian tangan, agar lebih sehat dan halus. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 


7. Melakukan Eksfoliasi Secara Rutin 


Cara menghaluskan telapak tangan berikutnya yaitu dengan rutin melakukan eksfoliasi untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada telapak tangan. Gunakan scrub untuk mengeksfoliasi kulit telapak tangan. Lakukan cara ini secara rutin setidaknya satu sampai dua kali dalam sebulan untuk hasil yang maksimal.


Inilah tujuh cara menghaluskan telapak tangan yang bisa Anda lakukan di rumah. Selamat mencoba!


(Foto: Courtesy of Dmitry Lobanov©123RF.com)