• Ini Cara Membuat Bangun Pagi Anda Menjadi Lebih Mudah

    Culture / News


    Ini Cara Membuat Bangun Pagi Anda Menjadi Lebih Mudah

    Ini jawaban dari pakar intel ilmuwan tidur.


    Pagi hari merupakan subjek daya tarik yang menarik dalam dunia kesehatan dan kesejahteraan. Sementara beberapa wanita bangun pukul 6 pagi dan melakukan olahraga, yang lain membutuhkan segelas espresso agar dapat sampai ke pertemuan pukul 10 pagi tanpa telat.

    Tetapi ternyata burung hantu dan burung hantu malam bisa mendapatkan lebih banyak dari pagi hari mereka, dengan membuat hanya satu penyesuaian sederhana untuk rutinitas mereka.

    Berikut kami tawarkan saran dari para ahli yang dapat didengar lewat podcast minggu ini dari Adrienne Herbert, pelatih pribadi dan pembawa podcast Power Hour, dan ilmuwan tidur terkemuka Dr. Sophie Bostock.




    Ditanya tentang satu hal yang dapat membuat kita semua merasa lebih tenang di pagi hari, Dr Sophie mengatakan ini: "Kami ingin mencoba menghindari apa yang telah disebut 'jet lag sosial'. Dan jika itu terdengar seperti sesuatu yang Anda berhubungan dengan menaiki pesawat untuk merasakan apa itu 'jet lag sosial' maka itu bukanlah jawabannya."


    Apa itu jet lag sosial?

    "Ini adalah perasaan ketika Anda memiliki kesenjangan besar antara apa yang terjadi selama seminggu dan akhir pekan," Dr Sophie menjelaskan. Bahkan kita yang memiliki rutinitas rutin lima hari dalam seminggu berisiko menempatkan prosesor biologis kita tidak selaras pada akhir pekan jika kita begadang - atau bangun - lebih lambat dari biasanya.

    "Pada dasarnya jika Anda mengalami jet lag ini berati Anda memiliki transisi dalam rutinitas tidur yang lebih dari satu jam dari hari ke hari, tubuh Anda akan mulai merasakan efeknya - karena beberapa prosesor tubuh Anda, seperti usus Anda, akan mulai berfungsi pada waktu yang berbeda dengan siklus tidur-bangun Anda. Jadi, Anda akan merasa lamban atau tidak sehat."

    Memang, sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan oleh jurnal American Academy on Sleep Medicine menemukan bahwa jet lag sosial terkait dengan kesehatan yang buruk, suasana hati yang buruk dan tingkat kelelahan yang tinggi.


    Bagaimana cara Anda menghindarinya?

    Memang ini tampaknya seperti hal yang bertentangan. Anda diberitahu bahwa tidur sangat penting untuk kesejahteraan Anda. Namun, terlalu banyak tidur di akhir pekan juga dapat memiliki efek negatif pada kesehatan Anda. Jadi apa yang dapat Anda lakukan untuk menyimbangkan ini?

    Selain bangun pada waktu yang sama setiap hari, Dr. Sophie menjelaskan bahwa hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tidur Anda, adalah menyinkronkan jam tubuh internal Anda dengan lingkungan.




    "Jika Anda tidur di sebagian besar hari dan kehilangan kekuatan energi di siang hari, ada bukti yang sangat bagus bahwa Anda berisiko lebih tinggi terhadap berbagai penyakit termasuk depresi dan kecemasan."

    Ia melanjutkan: "Tetapi jika Anda aktif selama siang hari dan tidak aktif dan beristirahat ketika gelap di luar, maka segala sesuatu di tubuh Anda memiliki peluang bagus untuk sinkron satu sama lain, semua prosesor biologis Anda akan bekerja sangat baik bersama."


    Bagaimana jika Anda tidak bekerja pukul 9 - 5 sore?

    Semua baik-baik saja jika Anda bekerja pukul sembilan-sampai-lima. Namun ini tidak akan terlalu bagus jika Anda memiliki pekerjaan dengan tipe shift. Jika ini adalah Anda, Dr Sophie memiliki saran ini: "Bersikaplah sangat protektif terhadap tidur Anda - sehingga pastikan kamar tidur Anda sangat senyap dan memastikan Anda tidak akan terganggu oleh kebisingan."


    Masih merasa pusing di pagi hari? Para ahli juga berbagi tips tentang bagaimana mereka bangun dari tempat tidur di pagi hari.

    "Memang sangat sulit untuk mendisiplinkan waktu tidur Anda - selalu ada sesuatu yang dapat Anda lakukan selama 20 menit," ungkap Adrienne. "Saya sangat ketat dengan diri saya sendiri ketika berbicara tentang rutinitas kamar saya sekarang. Saya seperti anak kecil. Pada pukul 9.30, semuanya berbunyi, pada jam 9.45 saya sudah di tempat tidur dan pukul 10 malam saya sudah tidur."

    Untuk Dr. Sophie, itu cara ia membangunkan tubuhnya di pagi hari yang membantunya merasa waspada. "Saya penggemar jam alarm ringan yang secara bertahap bunyi setiap 30 menit sebelum waktu bangun Anda," ungkapnya.

    "Saya punya satu yang saya setel ke cahaya yang berkedip-kedip. Itu adalah stimulus yang sangat kuat untuk reseptor di belakang mata Anda sehingga sudah waktunya untuk bangun."




    (Penulis: Georgia Brown; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)









- RELATED ARTICLE -