• 7 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Wajah

    Beauty / Tips


    7 Manfaat Teh Hijau untuk Kecantikan Wajah
    Apa saja manfaat teh hijau untuk kecantikan wajah? (Image: Dok. puhhha©123RF.com)

    Apa saja manfaat teh hijau untuk kecantikan wajah?


    Tak hanya nikmat diminum, teh hijau juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Teh hijau adalah salah satu minuman yang paling sehat, karena kaya akan antioksidan dan nutrisi baik untuk kesehatan dan kecantikan. Saat ini, terdapat banyak produk-produk kecantikan yang telah menggunakan teh hijau sebagai bahan utama pembuatan produknya. Hal ini menunjukan bahwa teh hijau benar-benar memiliki segudang manfaat untuk kecantikan. Untuk mengetahui lebih lengkapnya mengenai manfaat teh hijau untuk kecantikan, mari disimak ulasannya berikut ini. 


    1. Mengobati Jerawat





    Manfaat teh hijau untuk kulit yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Teh hijau memiliki sifat anti-bakteri yang baik untuk mengobati jerawat dan membersihkan pori-pori. Kandungan polifenolnya mampu melawan infeksi dan berguna untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. 


    2. Melawan Penuaan Dini


    Bukan rahasia lagi jika teh hijau baik dalam melawan penuaan dini. Teh hijau mengandung antioksidan kuat yang disebut EGCG (Epigallocatechin Gallate), yang memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas seperti polusi dan sinar UV. Inilah yang menjadi salah satu penyebab munculnya penuaan dini. Vitamin E pada teh hijau berperan untuk mendukung pertumbuhan sel-sel kulit baru dan memberi kelembapan. Sedangkan vitamin B2 berperan penting dalam mempertahankan kadar kolagen agar kulit lebih muda dan kencang. 


    3. Mengurangi Kemerahan Pada Kulit


    Terpapar sinar matahari dalam waktu lama dapat menyebabkan kulit mengalami kemerahan atau sunburn. Manfaat teh hijau berikutnya yaitu mampu mengurangi kemerahan pada kulit. Hal ini berkat kandungan polifenolnya yang tinggi disebut katekin. Katekin ini bermanfaat untuk mengurangi kemerahan, iritasi, dan pembengkakan. Mengompres wajah dengan teh hijau dingin dapat menenangkan kulit kemerahan dan mengembalikannya menjadi lebih segar. 


    4. Mengurangi Kantung Mata


    Teh hijau mengandung tanin dan kafein, keduanya memiliki kemampuan untuk membantu mengecilkan pembuluh darah di sekitar mata, sehingga efektif untuk mengurangi kantung mata atau lingkaran hitam. 


    Baca juga : 5 Destinasi Wajib untuk Pencinta Teh



    5. Membuat Rambut Berkilau


    Tak hanya baik untuk kulit, teh hijau juga mempunyai manfaat untuk rambut, yaitu membuat rambut lebih berkilau. Ini berkat kandungan polifenol, vitamin E dan vitamin C pada teh hijau. Selain dikonsumsi, teh hijau juga dapat Anda aplikasikan ke rambut. Caranya, balurkan air teh hijau ke seluruh permukaan rambut secara merata, diamkan selama beberapa saat. Barulah Anda keramas dengan sampo seperti biasa. 


    6. Mengatasi Rambut Rontok


    Masalah rambut rontok dapat diatasi dengan rutin mengonsumsi teh hijau. Ini berkat senyawa Dihydrotestosterone (DHT) dalam teh hijau, yang memiliki kemampuan mengatasi rambut rontok. Katekin dan polifenolnya juga membantu merangsang pergantian sel dalam folikel rambut, sehingga mampu mempercepat pertumbuhan rambut. 


    7. Mempercantik Kulit Wajah


    Teh hijau memiliki kemampuan untuk menghilangkan racun yang ada di tubuh Anda. Racun-racun inilah yang dapat menjadi salah satu penyebab kulit wajah kusam, berjerawat dan komedo


    Selain beberapa manfaat di atas, teh hijau juga dapat memberi kelembapan, kelembutan dan elastisitas pada kulit jika digunakan secara rutin dan tepat. Namun, Anda juga perlu untuk merawat kulit dan rambut dari dalam. Caranya dengan mengonsumsi makanan bernutrisi, rajin berolahraga dan penuhi kebutuhan air putih per harinya. Karena tubuh yang mengalami dehidrasi akan menyebabkan kulit dan rambut lebih mudah kering, kusam dan kehilangan kilau alaminya. 


    (Foto: Courtesy of puhhha©123RF.com)










- RELATED ARTICLE -