• Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja

    Culture / News


    Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bekerja

    Musik dan keajaibannya.


    “Without music, life would be a blank to me,” Jane Austeen mengenai pemikirannya akan peran musik dalam kehidupan. Tidak perlu terlalu jauh berimajinasi mengenai kiamatnya dunia akibat serangan virus seperti yang belakangan terjadi atau bencana alam besar yang melanda. Lebih imajinatif lagi seperti di film seri dengan adanya serangan zombie!

    Apocalypse dapat terjadi sesederhana jika musik hilang begitu saja dari dunia ini. Kita tidak bicara konsep fisik, melainkan lebih kepada jiwa dan emosi. Bayangkan hidup tanpa suara dan musik dalam keseharian manusia? Tentu sesuai pernyataan dari penulis ternama Jane Austeen, hidup akan terasa hampa dan kosong.

    Peran musik dalam keseharian manusia begitu besar. Apapun kondisi mood kita saat ini, ketika kita sulit menuangkannya secara verbal, musik selalu dapat mewakili. Tidak berhenti di sana, manfaat musik juga amat terasa saat kita sedang bekerja, entah Anda menyadarinya atau tidak. Untuk melibatkan musik dalam proses bekerja, Anda akan mendapatkan manfaat tak berbatas!

    Simak dan selami lebih lanjut, seperti yang biasa Anda lakukan saat mendengarkan musik dan liriknya.


    Konsentrasi

    Tidak jarang, kita dituntut untuk melakukan pekerjaan dengan kuantitas sebanyak mungkin dan kualitas sebaik mungkin. Multitasking menjadi hal yang dituntut dalam dunia kerja di mana sebenarnya melakukan berbagai hal dalam satu waktu bersamaan memberikan efek negatif bagi kinerja otak.

    Fokus dan konsenterasi menjadi terganggu! Untuk hal ini, musik dapat membantu kinerja otak memproses otak dalam memilih prioritas dalam bekerja. Musik dapat membantu untuk dapat lebih konsenterasi dalam menyaring fakta dan instruksi sehingga kita dapat lebih fokus dan tenang.


    Kecepatan dan performa kerja

    Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa dengan mendengarkan musik saat bekerja akan membuat pekerjaan selesai lebih cepat. Selain itu, risiko kesalahan juga akan lebih terminimalkan. Musik favorit dapat melepaskan hormon dopamin dan serotonin pada otak.

    Keduanya memberikan efek ringan serta kelegaan. Otomatis, saat kita mendengarkan musik saat bekerja, ritme bekerja akan lebih cepat. Ketenangan berkomunikasi dan sikap kooperatif menjadi bonus lainnya. Hasil pekerjaan pun dijamin lebih maksimal.


    Mengontrol 'kebisingan' pikiran

    Saat kita dituntut dengan beban pekerjaan yang begitu banyak. Terkadang pikiran justru menjadi lebih sibuk daripada ‘tangan’ kita. Bukannya bekerja, kita malah menjadi tenggelam dalam kebisingan pikiran sendiri. Kelelahan pun datang sebelum bahkan kita mulai bekerja!

    Mendengarkan musik akan membantu mengatur kadar hormon stres kortisol sehingga kepanikan akan terhindari. Pikiran menjadi lebih tenang dan tahu jelas apa yang harus dilakukan.


    Relaksasi

    Saat merasa buntu dalam bekerja, cobalah untuk mendengarkan sebuah lagu baru yang sesuai dengan selera musik Anda. Seiring hal tersebut, Anda juga akan merasakan “efek baru” secara pikiran dan suasana hati. Efek relaksasi serta perasaan senang untuk mendengarkan musik baru yang belum pernah didengar sebelumnya.


    Membangkitkan mood

    Untuk bekerja, kita membutuhkan mood yang tepat. Efek musik dapat memberikan pengaruh besar dalam menciptakan mood yang tepat. Dari jenis musik yang didengarkan hingga besar kecilnya volume.

    Tips dari Bazaar, sebelum menyelesaikan pekerjaan yang tampaknya terlalu menggunung untuk diselesaikan, cobalah bersikap tenang. Awali dengan menyusun playlist lagu favorit yang akan menemani masa bekerja untuk menciptakan mood bekerja yang dibutuhkan.




    (Foto: Courtesy of Instagram/@office)







- RELATED ARTICLE -