• Teori Konspirasi Soal Akun Instagram Meghan Markle dan Harry

    Culture / News


    Teori Konspirasi Soal Akun Instagram Meghan Markle dan Harry

    Ada hubungannya dengan akun Instagram milik William dan Kate.


    Akun Instagram Duke dan Duchess of Sussex sekarang adalah satu-satunya sarana yang kita miliki untuk mengintip kehidupan pasangan tersebut sejak mereka mundur dari tugasnya sebagai anggota senior di keluarga kerajaan Inggris. 

    Sejak pasangan Sussex ini meluncurkan akun Instagram independen mereka pada bulan April 2019 lalu, @SussexRoyal yang nantinya akan segera diubah ini menjadi sarana untuk berbagi cerita tentang pekerjaan mereka dan juga kehidupan pribadinya bersama putra kecil mereka yakni Archie.

    Saat diluncurkan, Instagram Meghan dan Harry memecahkan rekor di Guinness World Record sebagai akun baru yang paling cepat meraih satu juta followers dalam waktu hanya 5 jam 45 menit (meskipun setelah itu mereka dikalahkan oleh Jennifer Anniston). Namun ada hal menarik tentang bagaimana akun tersebut masih mendapatkan tambahan followers sejak saat itu dan ini membuat beberapa orang merangkai teori konspirasi yang kreatif untuk menjelaskannya.




    Sebagaimana dijelaskan di laporan menarik yang dirilis oleh New York Times setelah terjadi lonjakan followers, diperkirakan akun Sussex Royal akan melampaui akun Kensington Royal. Dulu, akun Kensington Royal digunakan bersama William dan Kate, namun sekarang hanya dipakai untuk mempromosikan kegiatan dan kehidupan keluarga Cambridge.



    “Gerhana” yang terjadi terhadap pengikut akunnya seperti yang disebutkan oleh New York Times seharusnya akan terjadi pada akhir bulan pertama sejak pasangan Sussex muncul di Instagram, atau mungkin di awal Mei tahun lalu yang bertepatan dengan momen kelahiran putra pertama mereka.

    Namun itu tidak pernah terjadi.

    Alih-alih demikian, angka followers Instagram Meghan dan Harry tetap berada di belakang jumlah followers William dan Kate selama berbulan-bulan sampai akhirnya awal tahun ini jumlah pertumbuhannya terhenti. Sejak saat itu, kedua akun tersebut sama-sama tumbuh namun dalam tingkat kecepatan yang sama. Meghan dan Harry kini memiliki sebanyak 11.3 jumlah pengikut.

    Bagaimana ini bisa terjadi? Statistik memperlihatkan bahwa konten Harry dan Meghan memiliki engagement yang lebih tinggi dibandingkan dengan akun William dan Kate. Berdasarkan data yang dibagikan oleh perangkat analisis media sosial yakni CrowdTangle kepada New York Times, 9 dari 10 unggahan dengan like paling banyak yang dibagikan baik oleh Kensington Royal dan Sussex Royal semuanya menampilkan foto Harry dan Meghan dan/atau Archie. Satu-satunya unggahan yang mampu menyaingi tren tersebut menurut laporan New York Times adalah foto Pangeran George dan Putri Charlotte di hari pertama Charlotte masuk sekolah (dan menjadi unggahan paling populer sepanjang masa di akun Instagram Kensington Royal).



    Jadi, ada data yang mengindikasikan bahwa Duke dan Duchess of Sussex tampaknya lebih menarik perhatian di Instagram dibandingkan dengan Duke dan Duchess of Cambridge (dan masih banyak keterangan lainnya yang bisa Anda baca di tulisan lengkap dari New York Times). Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah, mengapa jumlah followers akun pasangan Sussex tidak pernah melewati jumlah followers Instagram keluarga Cambridge?

    Mengenai poin ini perlu dicatat bahwa “perwakilan dari kedua pihak telah membantah keras segala pendapat yang menyebut bahwa tim media sosial mereka melakukan manipulasi jumlah angka pengikutnya.” Namun hal itu tidak menghentikan laju teori konspirasi yang terus keluar dengan cepat dan alasan yang mendalam.




    Salah satunya adalah karena akun Kensington Royal memiliki penempatan yang tepat saat berada di daftar Who To Follow yang diketahui bisa membantu meningkatkan jumlah followers di akun-akun terpilih.

    Selain itu, ada juga spekulasi tentang campur tangan bot. Beberapa orang berpendapat bahwa mungkin saja akun Sussex Royal dibantu oleh akun bot (bukan orang) saat pertama kali diluncurkan. Hal ini bisa saja menjelaskan mengapa angka pertumbuhan organiknya anehnya tampak melambat di bulan-bulan berikutnya. Sebaliknya, orang lain beranggapan bahwa akun Kensington Royal menerima akun bot secara terus-menerus untuk membantu mempertahankan tingkat pertumbuhan followers-nya ke tingkat yang lebih tinggi atau sejajar dengan milik Meghan dan Harry.

    Kemungkinan lain, meskipun status engagement Instagram keluarga Cambridge tercatat tidak setinggi milik pasangan Sussex, banyak akun asli yang memutuskan untuk mengikuti Instagram William dan Kate dibandingkan Harry dan Meghan tanpa ada keterlibatan bot, Instagram, atau faktor lainnya. Mungkin pula ada orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama terhadap kedua keluarga ini, sehingga bisa menjelaskan mengapa jumlah pengikut akun Kensington Royal dan Sussex Royal yang tidak jauh berbeda.



    Itulah jawaban yang tampaknya paling memungkinkan bagi Matt Navara, seorang konsultan media sosial Inggris yang diwawancarai oleh New York Times untuk investigasi mereka. “Saya tidak merasa ada yang mencurigakan,” katanya kepada New York Times. “Tetapi saya tidak akan mempertaruhkan nyawa saya untuk itu.”

    Begitulah. Dengan tidak adanya akses di belakang layar untuk melihat kedua akun tersebut, semua teori konspirasi tetap berupa spekulasi. Namun mengingat mungkin ada hal-hal lain yang lebih penting di daftar William dan Kate serta Harry dan Meghan daripada untuk menambah jumlah followers, kami menyimpulkan bahwa tidak ada hal yang mencurigakan di sini.

    Anda bisa membaca artikel lengkap New York Times di sini.




    (Penulis: Catriona Harvey-Jenner; Artikel ini disadur dari: Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto courtesy of: Bazaar UK)










- RELATED ARTICLE -