• Mengenal Kopi Dalgona yang Sedang Tren di Korea Selatan

    Culture / News


    Mengenal Kopi Dalgona yang Sedang Tren di Korea Selatan

    Dan fakta bahwa Jung Il Woo yang memopulerkan kopi ini!


    Pernahkah Anda mendengar sebuah kopi yang akhir-akhir ini menjadi viral di media sosial Instagram dan TikTok di tengah pandemi virus corona yang melanda Korea Selatan?

    Usut punya usut, rupanya kopi Dalgona ini pertama kali dipopulerkan oleh Jung Il Woo yang merupakan salah satu aktor papan atas Korea Selatan dan anggota dari acara televisi Convenience Store Restaurant. Jung Il Woo yang kala itu berkunjung ke kota Makau, sempat bersinggah ke salah satu kedai makanan yang juga menyajikan sebuah kopi dengan teknik pembuatan yang unik. Saat ia mencoba kopi tersebut, ia pun langsung teringat kue manis asal Korea yang disebut dengan “Dalgona”. 







    Lalu apa keunikan dari kopi Dalgona ini? Bukan seperti kopi-kopi biasa, awalnya sang pembuat kopi mencampurkan bubuk kopi instan dengan gula pasir kedalam sebuah gelas. Alih-alih langsung memasukkan air panas hingga penuh, ia hanya menuangkan sedikit air panas kemudian mengaduk campuran tersebut sebanyak 400 kali hingga campuran tersebut mengental dan berubah warna menjadi cokelat keemasan (ketika melihat itu semua anggota Convenience Store Restaurant langsung teringat dengan Dalgona, kue manis favorit semua rakyat Korea Selatan). Setelah campuran tersebut berubah warna dan mengental, baru kemudian sang pembuat memindahkannya ke dalam sebuah gelas, menuangkan air panas, dan es batu. 



    Dengan beberapa bahan sederhana yang dapat dengan mudah ditemukan di dapur seperti kopi instan, susu, dan gula, Anda sudah dapat membuat kopi viral ini dari rumah! Penasaran dengan cara pembuatannya?

    Di bawah ini kami telah merinci langkah-langkah pembuatan kopi Dalgona:


    Bahan dan alat yang dibutuhkan:

    - 2 sendok makan kopi instan

    - 2 sendok makan gula pasir

    - 1 cangkir susu murni

    - Air panas

    - Es batu (opsi jika Anda ingin menikmatinya secara dingin)


    - Mixer 


    Langkah-langkah pembuatan:

    1. Campurkan kopi instan, gula pasir, dan air panas di dalam mangkuk kecil 

    2. Dengan menggunakan mixer, kocok campuran tersebut selama 3 hingga 5 menit, atau sampai warnanya berubah menjadi cokelat keemasan dan campuran tersebut menghasilkan konsistensi yang kental. (atau jika Anda mungkin tidak memiliki mixer di rumah, teknik mengaduk dengan manual dapat menjadi alternatif)

    3. Setelah campuran mengental, tuang susu (atau bisa juga dengan hanya air panas) ke dalam gelas kemudian masukkan es batu dan tambahkan kembali beberapa sendok campuran di atasnya untuk mempermanis tampilan.


    Alternatif lain:

    Anda juga dapat menggunakan resep ini dengan campuran cokelat panas, dan bukan kopi instan.  


    Tergiur untuk mencobanya di rumah? Setelah selesai mungkin Anda dapat membagikannya di Instagram atau media sosial lain dengan hastag #DalgonaCoffee




    (Foto: Courtesy of Instagram @pistachiopicks @kl.foodie)










- RELATED ARTICLE -