• Lakukan Aktivitas Seru Ini Saat Physical Distancing

    Culture / Tips


    Lakukan Aktivitas Seru Ini Saat Physical Distancing

    Pandemi Corona membutuhkan kerja sama antara kita semua untuk dapat tetap tinggal di rumah. Berikut aktivitas seru untuk mengisi waktu.


    Pada 11 Maret 2020, World Health Organization (WHO) menetapkan wabah COVID-19 sebagai pandemi dikarenakan penyakit tersebut sudah menyebar hampir ke seluruh dunia dan mencakup hingga sebanyak 114 negara.

    Demi mengurangi angka korban yang terinfeksi, berbagai negara pun menginisiasikan aksi lockdown yang mana para penduduk di suatu wilayah dilarang meninggalkan rumah masing-masing dikarenakan situasi sedang kritis.

    Kini, angka pertumbuhan kasus positif COVID-19 di Indonesia juga semakin bertambah. Karena itu, banyak orang memutuskan untuk melakukan physical distancing, bekerja dari rumah, dan memilih untuk mengarantina diri demi menghindari tertular virus tersebut sekaligus menekan angka bertumbuhnya kasus positif COVID-19 di wilayah masing-masing.




    Berdiam di rumah untuk kebanyakan orang dengan segudang kesibukan tentu bukan suatu hal yang mudah, namun demi kebaikan bersama hal ini perlu diterapkan. Siapa sangka berdiam di rumah tak berarti kegiatan setiap orang hanya sebatas tidur, makan, dan menonton berita terkini.

    Nyatanya, ada banyak hal seru dan bermanfaat yang dapat dilakukan demi mengisi waktu luang selama masa karantina dan physical distancing sedang kita lakukan. Berikut ide-ide aktivitas di rumah yang dapat Anda coba bersama keluarga.


    1. Virtual Museum

    Perkaya wawasan tentang seni dan budaya dengan mengunjungi museum-museum ikonis yang tersebar di berbagai negara secara virtual. Beberapa museum terkenal menyediakan online tour yang dapat Anda ikuti secara online dan di rumah Anda. Para museum yang menghadirkan online tour adalah Solomon R. Guggenheim Museum and Foundation, New York; Van Gogh Museum, Amsterdam; Musée du Louvre, Paris; Great Wall of China, Beijing.






    2. Be a 'cleanfluencers'

    Ingatkah Anda dengan sosok Marie Kondo yang terkenal lewat acara Tidying Up With Marie Kondo di Netflix? Nyatanya, di Instagram sudah banyak para cleanfluencers yang bermunculan dan menyebarkan tips agar membuat Anda dapat menata rumah dengan rapi.

    Anda pun bisa belajar lebih banyak lewat para cleanfluencers dan mungkin saja Anda bisa mengikuti jejak mereka. Kunjungi instagram page para cleanfluencers yang dapat Anda jadikan panduan saat membereskan rumah dan saat melakukan aktivitas decluttering. Jika Anda membutuhkan trik-trik membersihkan rumah, kunjungi Instagram milik Lynsey Queen (@lynsey_queenofclean) dan Melissa Maker yang dikenal lewat channel Youtube miliknya Clean My Space untuk menemukan banyak informasi seputar membersihkan rumah. Dapatkan juga inspirasi menata isi lemari dan laci di kediaman Anda lewat akun Instagram @riorganize yang dimiliki oleh Ria Safford, sosok yang selama ini sudah membantu "membereskan" rumah para selebriti di Amerika Serikat.





    3. Home workout

    Tahukah Anda selama masa karantina dan physical distancing sebaiknya Anda menghindari berolahraga di gym, dikarenakan di masa sekarang lebih baik Anda menghindari kontak dengan orang lain dan menyentuh banyak peralatan yang sudah terekspos oleh orang banyak.

    Namun, jangan khawatir karena Anda bisa tetap berolahraga dan melakukan olahraga favorit dari rumah dengan mengikuti Instagram Live kelas olahraga yang ditawarkan secara gratis. Tingkatkan imun tubuh Anda dan berolahraga lah di rumah.

    Beberapa tempat olahraga yang menghadirkan kelas gratis melalui Instagram Live mereka adalah @sanastudio, @trainstation_studio, dan @moodjakarta.






    4. Menonton performance art

    Untuk Anda yang rindu menonton acara teater atau menyaksikan performance artist, Anda bisa mengikuti jadwal penampilan berbagai macam seniman yang saat ini sedang dalam masa karantina. Untuk mengisi waktu, mereka pun bekerja sama dengan akun Instagram @sunnei untuk menampilkan karya-karya mereka serta melaksanakan live performance lewat Instagram Live di akun tersebut.



    5. Simple cooking

    Aplikasikan kemampuan Anda memasak selama ini atau kreasikan menu makanan di rumah menggunakan bahan-bahan makanan yang sudah ada di rumah. Meski resep-resep yang dibagikan beberapa akun memasak ini cukup simple, tampilan makanan dan kreativitas yang dituangkan di setiap resep akan membuat Anda tidak merasa bosan di rumah. Selain itu, Anda juga bisa menyalurkan hobi memotret makanan Anda selama ini dengan memotret masakan kreasi Anda sendiri untuk konten akun Instagram milik Anda.





    6. Grow your own vegetables

    Cobalah untuk menanam sendiri sayuran di halaman rumah milik Anda atau di dalam pot yang dapat Anda lakukan di balkon apartemen Anda. Pelajari cara menanam sayuran atau buah yang simpel lewat berbagai informasi di internet dan ciptakan sendiri sumber sayuran dan buah milik Anda selama masa karantina berlangsung. Ajak juga si kecil atau sanak keluarga untuk melakukannya bersama dan Anda pun dapat melupakan kebosanan yang melanda.









    (Foto: Courtesy of Instagram.com/@museelouvre, @guggenheim, @vangoghmuseum, @riorganize, @lynsey_queenofclean, @trainstation_studio, @sanastudio, @moodjakarta, @sunnei, @savorysimple, @food52, & @sweetyoxalis)










- RELATED ARTICLE -