• Saat Keluar Rumah, Ikuti Cara Ini Agar Terhindar Dari Corona

    Beauty / Tips


    Saat Keluar Rumah, Ikuti Cara Ini Agar Terhindar Dari Corona
    (Foto Courtesy of Bazaar Indonesia)

    Jika terpaksa harus keluar rumah, ikuti 6 cara ini agar terhindar dari virus corona


    Belakangan ini masyarakat dunia tengah dikhawatirkan dengan mewabahnya Coronavirus atau Covid-19. Berbagai negara di seluruh dunia sudah menerapkan social distancing sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19. Agar social distancing ini berjalan sesuai yang diharapkan, beberapa waktu lalu pemerintah menghimbau perusahan untuk mengizinkan pekerjanya bekerja dari rumah (work from home). Meskipun demikian, masih ada beberapa perusahaan yang tidak menerapkan work from home, atau masih ada beberapa orang yang terpaksa harus keluar rumah untuk keperluan mendesak. Oleh karena itu, Bazaar memiliki beberapa cara yang bisa Anda terapkan saat keluar rumah agar terhindar dari Coronavirus. Simak ulasannya berikut ini!

    1. Mencuci Tangan Dengan Benar




    Sebagaimana diketahui, cara paling sederhana dan efektif untuk mencegah penyebaran Coronavirus adalah dengan mencuci tangan dengan benar secara rutin. Cucilah tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir selama kurang lebih 20 detik. Pastikan telapak tangan, sela-sela jari, punggung tangan, pergelangan tangan, dan kuku tercuci secara maksimal. Kemudian, keringkan tangan menggunakan handuk bersih, mesin pengering atau tisu.

    Namun ketika berada di luar ruangan, tentu tidak mudah untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menyimpan hand sanitizer di dalam tas sebagai upaya pencegahan. Pilihlah hand sanitizer yang mengandung alkohol minimal 70% agar lebih efektif membunuh kuman. Cucilah tangan secara teratur setelah menggunakan toilet, sebelum dan setelah makan, setelah membuang sampah, dan setelah bersin dan batuk.

    2. Hindari Menyentuh Wajah

    Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyebaran Coronavirus adalah dengan menghindari menyentuh area wajah terutama mulut, hidung, dan mata. Hal ini dilakukan agar virus tidak berpindah ke tubuh, sehingga membuat Anda sakit dan terinfeksi. Karena mungkin saja secara tidak sadar tangan Anda menyentuh benda yang ternyata ditempati virus.

    3. Menggunakan Masker

    Saat terpaksa harus beraktivitas di luar rumah, selalu gunakan masker untuk mencegah penularan Coronavirus. Ada dua tipe masker yang dapat Anda gunakan untuk mencegah penularan Covid-19 yaitu masker bedah dan masker N95. Saat melepaskan masker, hindari memegang bagian depan masker, karena bagian tersebut penuh dengan kuman yang menempel. Setelah digunakan, segera buang masker ke tempat sampah, lalu cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer. Satu lagi, ganti masker secara rutin.

    4. Konsumsi Buah, Sayur, dan Vitamin

    Agar terhindar dari virus korona, Anda perlu untuk membekali diri dengan meningkatkan sistem imun tubuh. Caranya yakni dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Ini karena buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri dan virus penyebab berbagai macam penyakit.


    Selain perbanyak konsumsi buah dan sayur, sebagai upaya untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi vitamin. Pilihlah vitamin C, vitamin E, dan vitamin B6, yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    5. Rutin Berolahraga

    Selain mengonsumsi buah dan sayur, Anda juga perlu untuk menyeimbanginya dengan olahraga secara rutin. Lakukan olahraga selama kurang lebih 30 menit per hari, untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    6. Istirahat yang Cukup

    Perlu Anda ketahui, menurunnya imunitas tubuh bisa disebabkan oleh kurangnya waktu tidur. Oleh karena itu, Anda perlu untuk istirahat yang cukup guna membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan sekitar 7-8 jam waktu tidur setiap malamnya. Sementara remaja, membutuhkan sekitar 9-10 jam waktu tidur setiap malamnya.

    Itulah 6 cara yang dapat Anda lakukan saat berada di luar rumah. Tetap jaga kesehatan!


    (Foto Courtesy of Bazaar Indonesia)










- RELATED ARTICLE -