• CFD Ditiadakan, Lihat Alternatif Olahraga Pilihan Bazaar!

    Culture / News


    CFD Ditiadakan, Lihat Alternatif Olahraga Pilihan Bazaar!

    Jangan sampai virus corona menghalangi Anda untuk tetap bugar!


    Hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau yang lebih akrab disapa car free day (CFD) akan ditiadakan selama dua pekan kedepan (tanggal 15 Maret dan 22 Maret 2020). Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta menyatakan langkah ini diambil guna mencegah potensi penyebaran virus corona.

    Namun jangan panik dulu, jika selama ini CFD telah menjadi sarana bagi Anda untuk berolahraga agar dapat tetap bugar, maka di bawah ini kami telah mengumpulkan beberapa aktivitas olahraga yang dapat Anda lakukan di dalam rumah, taman atau lingkungan sekitar tempat Anda tinggal.





    1. Lompat Tali


    Lompat tali atau yang dikenal juga dengan nama skipping merupakan jenis gerakan yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu tali. Olahraga yang dapat Anda lakukan di dalam rumah ini tentunya memiliki segudang manfaat diantaranya seperti mampu membakar lemak dan kalori, meningkatkan keseimbangan tubuh, mengencangkan otot-otot seperti di bagian paha dan lengan, dan meningkatkan kemampuan kerja jantung.  


    2. Sit Up


    Dengan memosisikan tangan di bagian belakang kepala dan posisi ujung kaki yang ditahan (Anda dapat menahannya dengan sebuah kursi atau meminta bantuan orang lain untuk menahan ujung kaki Anda), kemudian bertumpulah pada pinggul dan pantat dengan keadaan lutut yang diarahkan ke atas. Gerakan yang melibatkan otot perut ini jika dilakukan secara rutin dapat menjaga kebugaran tubuh dan tentunya mampu membentuk otot perut Anda. 


    3. Senam Lantai


    Aktivitas yang dilakukan di atas matras ini adalah salah satu gerakan yang menantang karena memerlukan konsentrasi tinggi serta keseimbangan yang baik. Senam lantai sendiri terdiri dari beberapa gerakan seperti headstand, rol depan, rol belakang, kayang, dan sikap lilin. Buatlah olahraga ini menjadi semakin menyenangkan serta menantang dengan mempraktikkannya bersama teman atau sahabat!


    4. Hula Hoop


    Walaupun terlihat mudah untuk dilakukan, namun kenyataannya untuk bisa mempertahankan lingkaran hula hoop agar tidak terjatuh dan tetap berada di bagian pinggang sambil terus berputar merupakan kegiatan yang tergolong cukup sulit. Olahraga yang cukup menyenangkan ini sangat efektif untuk membakar kalori dalam tubuh, dengan melakukannya secara rutin, gerakan hula hoop ini dipercaya dapat merampingkan bagian perut.



    5. Yoga


    Diklaim dapat menenangkan tubuh dan jiwa, sebenarnya yoga bukan hanya sekadar olahraga meditasi belaka. Gerakan-gerakan di dalam yoga memiliki segudang manfaat seperti mampu mencegah penyakit jantung, nyeri sendi, bahkan sampai melawan stres. Dan diatas semuanya itu, olahraga yoga juga tentunya dapat dilakukan di rumah.


    6. Jogging


    Jenis olahraga yang paling sederhana dan tidak membutuhkan alat ataupun uang ini sebenarnya menyimpan segudang manfaat bagi tubuh mulai dari menurunkan berat badan, mengecilkan dan mengencangkan bagian betis, serta meningkatkan fungsi organ tubuh. Lakukanlah jogging ini bersama teman, keluarga, ataupun pasangan di taman atau lingkungan tempat tinggal sekitar Anda. 


    7. Bersepeda


    Menjadi salah satu olahraga yang tengah diminati oleh banyak orang, sepeda dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda coba. Mulai dari membentuk tubuh, mengencangkan bagian paha, otot, betis dan daerah pinggul, meningkatkan stamina serta energi, sampai melancarkan sirkulasi darah, ini adalah sebagian kecil dan segudang manfaat yang dapat Anda temukan jika rutin bersepeda. 




    (Foto: Courtesy of Instagram @andreharry @livefitwithstace, @fitlifemagsa, @kelvinanddina, @yoga, @aline.garciag, @underarmourwomen, @bao_triplecross)









- RELATED ARTICLE -