• Apakah Hand Sanitizer Bisa Kedaluwarsa?

    Culture / News


    Apakah Hand Sanitizer Bisa Kedaluwarsa?

    "Mencuci tangan dengan sabun dan air masih merupakan pilihan terbaik."


    Kemungkinan Anda memiliki sebotol penyanitasi tangan yang disimpan di bagian bawah tas tangan, tas olahraga, atau tas serbaguna - hanya jika Anda memerlukannya. Tetapi, jika benda itu sudah ada di sana untuk sementara waktu, apakah masih berfungsi?

    Lain kali jika Anda meraih botol kecil itu, balikkan dan periksa tanggal yang tertera pada kemasan. Kebanyakan penyanitasi tangan memiliki tanggal kedaluwarsa dan Anda mungkin harus memperhatikannya. "Bahan aktif hanya dijamin efektif hingga tanggal kedaluwarsa," kata Dr. Andrew Alexis, MD, ketua departemen dermatologi di Mount Sinai.

    "Tidak ada tanda-tanda visual yang jelas dari kedaluwarsa sehingga memeriksa label adalah satu-satunya cara yang dapat diandalkan" untuk mengetahui apakah botol itu perlu dibuang atau tidak.




    Tidak setiap botol memiliki tanggal kedaluwarsa, menurut Suzanne Willard, PhD, seorang profesor klinis dan dekan untuk kesehatan global di Rutgers School of Nursing. Jika sudah "berguling-guling" di bagian bawah tas Anda, benda itu bisa dengan mudah rusak. Jika itu yang terjadi, Suzanne mengatakan Anda mungkin dapat menganggap penyanitasi tangan Anda memiliki masa simpan setidaknya satu tahun. (Sebaliknya, Alexis menyarankan masa simpan bisa lebih kurang sampai tiga tahun, jadi itu bukan ilmu yang sempurna.)


    Apakah aman menggunakan penyanitasi tangan yang telah kedaluwarsa?

    Anda masih bisa menggunakannya, menurut Suzanne. "Itu lebih baik daripada tidak sama sekali," katanya. "Beberapa gesekan dan cairan akan membantu menyingkirkan beberapa kuman."

    Para ahli juga mengatakan Anda dapat membuat penyanitasi tangan sendiri jika Anda tidak bisa mendapatkannya. "Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan 70% alkohol isopropil — mis. Alkohol gosok — sebagai desinfektan kulit, mengoleskannya sedikit pada kapas dan menggunakannya untuk menyeka tangan," kata Andrew. "Kelemahannya adalah akan terjadi kekeringan pada kulit, jadi gunakan pelembap tangan atau gel lidah buaya setelah itu akan membantu mengurangi kekeringan tersebut."



    Apakah penyanitasi tangan lebih baik dari mencuci tangan?

    Tujuan utamanya adalah Anda harus mencuci tangan dengan sabun dan air dan menggosok setidaknya selama 20 detik (atur waktu dengan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun sebanyak dua kali) jika memungkinkan. "Mencuci tangan mengurangi jumlah semua jenis kuman dan bahan kimia di tangan. Tetapi jika sabun dan air tidak tersedia, menggunakan penyanitasi tangan dengan setidaknya 60% alkohol dapat membantu Anda menghindari virus dan menyebarkan kuman ke orang lain," CDC menyatakan. "Penyanitasi tangan berbasis alkohol dapat menonaktifkan banyak jenis mikroba dengan sangat efektif bila digunakan dengan benar."

    Jika Anda memilih penyanitasi tangan, pastikan untuk membasuh semua permukaan tangan dan biarkan mengering: jangan bersihkan saat basah. Tetap saja: "Mencuci tangan dengan sabun dan air masih merupakan pilihan terbaik," kata Andrew.

     



    (Penulis: Jennifer Nied; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)










- RELATED ARTICLE -