• 6 Pilihan Kandungan Skincare untuk Pemilik Kulit Berjerawat

    Beauty / Tips


    6 Pilihan Kandungan Skincare untuk Pemilik Kulit Berjerawat

    Anda memiliki kulit berjerawat? coba gunakan 6 kandungan skincare ini


    Memiliki jenis kulit wajah berjerawat tentunya memerlukan perawatan kulit yang spesial dibandingkan dengan jenis kulit wajah lainnya. Karena kulit berjerawat membutuhkan treatment khusus untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah. Bagi Anda yang memiliki kulit berjerawat, sangat penting untuk memperhatikan kandungan-kandungan dalam produk perawatan kulit, agar tidak memperburuk kondisi jerawat. Berikut ini, beberapa kandungan skincare yang baik untuk kulit berjerawat. Buat Anda yang ingin tahu, simak ulasannya di bawah ini!


    Tea Tree Oil

    Kandungan skincare yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ya, tea tree oil memang sudah dikenal sebagai salah satu bahan yang ampuh untuk mengatasi masalah jerawat sekaligus merawat kulit wajah menjadi lebih sehat. Tea tree oil juga termasuk ke dalam bahan yang aman digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit berjerawat. Kandungan ini adalah salah satu favorit Bazaar untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang, yakni dengan membubuhkan esens tea tree (secukupnya) pada biang jerawat, atau area yang sekiranya sedang akan muncul jerawat.


    Salicylic Acid

    Salicylic acid yang termasuk ke dalam jenis Beta-Hydroxy Acid (BHA) memang terkenal ampuh dalam mengurangi produksi minyak, mengurangi kemerahan dan iritasi serta mengatasi penyumbatan pori-pori, sehingga kulit terbebas dari masalah jerawat. Salicylic acid bekerja dengan mengeksfoliasi kulit di dalam folikel. Dengan kata lain, kandungan ini tidak hanya bekerja di permukaan kulit saja, tetapi hingga ke kulit bagian dalam.

    Namun, kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang satu ini memiliki efek samping ringan seperti membuat kulit kering dan perih. Oleh karena itu, oleskan pelembap setelah menggunakan produk skincare dengan kandungan ini. Tapi, wajib diingat kalau Anda rutin menggunakan produk dengan kandungan BHA, kulit menjadi lebih peka dengan matahari. Jangan lupakan untuk mengoleskan sunscreen di pagi hari agar kulit terproteksi dengan baik. Pilih sunscreen yang bertekstur ringan dan non-oily


    Benzoyl Peroxide

    Benzoyl peroxide merupakan salah satu kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang dikenal efektif dalam mengatasi masalah jerawat. Kandungan skincare ini bekerja dengan mengangkat sel-sel kulit mati dan mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Namun, benzoyl peroxide berpotensi untuk membuat kulit kemerahan dan iritasi. Jika Anda mengalami hal ini, hentikan pemakaian dan hindari produk dengan kandungan ini. 


    Alpha-Hydroxy Acid (AHA)

    Kandungan Alpha-Hydroxy Acid (AHA) memiliki cara kerja dengan menyingkirkan sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit baru, sehingga kulit lebih halus dan lembut. Cara kerja semacam ini dikenal dengan eksfoliasi. Tak hanya itu saja, AHA juga mampu untuk memudarkan bekas jerawat pada wajah.

    Namun, setelah menggunakan produk skincare dengan kandungan AHA, biasanya akan membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, oleskan pelembap setelahnya agar kulit wajah Anda tetap lembap. Rutin menggunakan produk dengan kandungan AHA juga akan membuat kulit menjadi lebih peka dengan matahari. Aplikasikan sunscreen secara merata di seluruh bagian wajah yang terkena matahari, untuk memproteksi kulit dengan baik. Pilihlah tabir surya yang bertekstur ringan dan non-oily


    Sulfur

    Sulfur atau belerang dipercaya memiliki kemampuan untuk mengurangi produksi minyak berlebih, mengurangi peradangan dan membantu pengelupasan sel-sel kulit mati, sehingga efektif untuk mengurangi jerawat. Ini karena sulfur berperan sebagai antibakteri yang bisa meredakan dan mengeringkan jerawat bahkan memudarkan bekasnya. Tak heran jika sulfur banyak digunakan sebagai salah satu bahan dalam produk skincare untuk kulit berjerawat. 

    Namun, kandungan skincare ini dapat membuat kulit menjadi kering. Oleh karena itu, oleskan pelembap yang bertekstur ringan, berlabel oil-free dan mudah menyerap untuk mengembalikan kelembapan kulit Anda. 


    Clay

    Kandungan skincare yang satu ini banyak ditemukan dalam produk-produk perawatan kulit, seperti masker wajah, face wash atau face scrub. Clay adalah bahan yang memiliki kemampuan untuk menenangkan kulit berjerawat berkat sifat anti-inflamasinya, serta dapat mengurangi produksi minyak pada wajah. 

    Itu dia enam kandungan skincare yang bagus untuk kulit berjerawat. Untuk mengetahui salah satu kandungan di atas cocok atau tidak di kulit Anda, sebaiknya lakukan patch test terlebih dahulu supaya tidak membuat parah kondisi kulit berjerawat Anda. 




    (Fotografer: Insan Obi, Model: Vara - RAD Models, Manicure: Bareskin, Aksesori: John Hardy, Retoucher: Ragamanyu Herlambang)







- RELATED ARTICLE -