Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Inilah 5 Manfaat Hair Oil Agar Rambut dan Kulit Kepala Sehat

Apa saja manfaat hair oil untuk kesehatan rambut?

Inilah 5 Manfaat Hair Oil Agar Rambut dan Kulit Kepala Sehat
Apa saja manfaat hair oil untuk kesehatan rambut?. (Foto: Courtesy of ammentorp©123RF.com)

Hair oil adalah minyak untuk rambut yang berfungsi untuk menambah kelembapan secara mendalam, melembutkan, dan memberi kilau. Sudah banyak selebriti dan influencer yang menjadikan hair oil sebagai holy grail produk mereka untuk merawat keindahan rambut. Lantas, apakah Anda tahu apa saja manfaat hair oil untuk rambut? Simak ulasannya berikut ini.


Memberi Kilau Pada Rambut


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, hair oil memiliki kemampuan untuk memberi kilau pada rambut Anda. Paparan sinar matahari, polusi, pewarna rambut atau produk perawatan rambut kimiawi lainnya mampu membuat rambut Anda ‘stres’ yang berakibat pada kerontokan dan kehilangan kilau alaminya. Oleskan hair oil sembari diberi pijatan, ini akan membantu Anda memberi kilau pada rambut. 


Menguatkan Rambut


Manfaat hair oil berikutnya yakni memiliki kemampuan untuk memberi kekuatan pada rambut. Paparan sinar matahari, polusi dan alat styling rambut berkontribusi terhadap penurunan kualitas rambut seperti rapuh dan rusak. Pilih dan gunakan hair oil dengan kandungan vitamin E, karena dipercaya mampu melindungi rambut dari panas, mencegah rambut bercabang dan memperkuat rambut. 


Mencegah Ketombe


Ketombe adalah serpihan kulit berwarna putih yang sering disertai dengan rasa gatal. Kondisi semacam ini bisa disebabkan karena kulit kepala kering, kurangnya hidrasi atau paparan produk rambut yang keras. Penggunaan hair oil secara rutin akan memberi kelembapan dan nutrisi pada rambut, sehingga dapat mencegah munculnya ketombe. Caranya, pijat kulit kepala dengan hair oil hingga ke akar rambut. 


Mempercepat Pertumbuhan Rambut


Selain beberapa manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, hair oil juga memiliki kemampuan untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Kualitas rambut cenderung menurun akibat penggunaan alat styling rambut, paparan sinar matahari dan polusi serta penggunaan produk perawatan rambut kimia. Oleh karena itu, gunakan hair oil yang mengandung coconut oil atau castor oil, karena dikenal efektif untuk mempercepat pertumbuhan rambut. Lakukan pijatan agar penyerapan hair oil lebih optimal. Hal ini juga dapat melemaskan kulit kepala dan meningkatkan peningkatan pertumbuhan rambut. 


Pencegahan Infeksi Bakteri & Jamur


Ketika pori-pori pada kulit kepala tersumbat kotoran, ini akan menyebabkan infeksi serta memungkinkan bakteri dan jamur yang tidak berbahaya terkontaminasi dan berevolusi menjadi kutu. Bisa jadi, inilah penyebab kulit kepala terasa gatal dan kemerahan yang mungkin sedang Anda alami. Gunakan minyak rambut (hair oil) untuk membantu mencegah infeksi bakteri dan jamur serta membuat kulit kepala kamu tetap sehat dan terhidrasi dengan baik. 


Setelah mengetahui beberapa manfaat hair oil, lantas kapan waktu yang tepat untuk memakainya?

 

Sebelum Keramas


Anda bisa mengaplikasikan hair oil minimal 15 menit sampai 1 jam sebelum keramas. Tuang hair oil secukupnya, bubuhkan pada bagian ujung rambut. Ini akan membuat rambut terasa jauh lebih lembut, berkilau dan mudah diatur.


Setelah Keramas


Jika Anda merasa kondisioner yang digunakan tidak memberikan hasil yang maksimal pada rambut Anda yang cenderung kering, mungkin sudah saatnya Anda menambahkan hair oil ke dalam rutinitas perawatan rambut. Tuangkan minyak rambut sebesar koin logam kecil di telapak tangan, balurkan di setengah rambut menuju ujung rambut. Lakukan cara ini ketika rambut setengah kering ya. 


Saat Dibutuhkan


Sebenarnya, tidak ada aturan khusus kapan harus memakai hair oil. Dengan kata lain, Anda dapat memakai hair oil kapan saja. Semisal ketika rambut Anda terasa kering di tengah-tengah beraktivitas. Tipnya, gunakan minyak rambut secukupnya saja. Kalau rambut Anda tipis, cukup gunakan beberapa tetes saja. Tetapi, jika Anda memiliki rambut tebal, gunakan minyak rambut sedikit demi sedikit sampai rambut terasa lembap. 


Tambahkan hair oil ke dalam rutinitas perawatan rambut Anda dan rasakan sendiri manfaatnya! Selamat mencoba. 


(Foto: Courtesy of ammentorp©123RF.com)