• 5 Buku Fotografi yang Wajib Anda Miliki Tahun Ini

    Culture / Tips


    5 Buku Fotografi yang Wajib Anda Miliki Tahun Ini

    Buku-buku ini bagaikan buku suci untuk para penggemar fotografi.


    Seorang fotografer profesional pasti memiliki hal esensial yang harus dimiliki untuk pekerjaan mereka. Salah satunya adalah buku fotografi. Namun, buku-buku seperti ini tidak hanya untuk seorang fotografer profesional, tetapi bisa untuk Anda yang sedang memasuki dunia fotografi dan ingin mempelajari dunia ini lebih dalam. 

    Beberapa orang berkata bahwa zaman sekarang buku sudah tidak relevan lagi. Tidak perlu membeli buku fotografi ketika Anda mempunyai sebuah smart phone yang kegunaannya sudah hampir sama. Namun, banyak dari Anda yang lebih memilih untuk membacanya langsung dari buku itu sendiri karena perasaan yang didapatkan ketika memegang buku yang asli, adalah sebuah rasa yang berbeda.

    Bagi Anda yang ingin mencoba untuk lebih sering membaca buku, deretan buku fotografi berikut ini menampilkan banyak ilustrasi dan foto sebagai pemula. Simak!


    1. Travel Eye Bali


    Termasuk dalam koleksi Louis Vuitton Fashion Eye, bersama dengan fotografer Quentin de Briey, ia berkunjung ke Bali khusus untuk memotret suasana langsung dari kehidupan sehari-hari di tempat, mulai dari senyuman penduduk Bali hingga gerobak durian di jalan.

    Brand luks ini melakukan debut serial buku pertamanya pada tahun 2016. Buku ini dilengkapi dengan 50-100 foto yang mewakilkan pandangan sang fotografer terhadap kota yang mereka kunjungi.


    Foto-foto didalam buku ini dapat membuat para pembacanya berkeinginan untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut dan memotret suasa disana langsung dengan sendirinya.


    2. Gio_Graphy: Fun in the Wild World of Fashion


    Untuk Anda pencinta fashion, buku fotografi ini hadir dengan berbagai macam ide fashion yang terinspirasi oleh international style star populer seperti Chloe Sevigny dan Carine Roitfeld yang bertajuk Parisian Chic. Mengikuti kesuksesannya di salah satu majalah lifestyle ternama dan akun populer Instagramnya, buku ini lebih dari sekedar foto saja, melainkan saran inspiratif yang mencakup topik yaitu tip tentang dunia fashion.


    Buku karya Giovanna Battaglia ini menyediakan panduan untuk berpakaian untuk setiap acara, menemukan inspirasi fashion, cara bergaya dalam sehari-hari, dan tetap bergembira sembari melakukannya. 


    3. Roma


    Dengan buku ini, Alfonso Cuaron dapat mencangkup film Roma melalui 165 foto yang terdapat dalam buku. Selain konten bukunya yang seperti dongeng, Roma adalah sebuah memoir yang menggambarkan film cinematography Alfonso Cuaron sendiri.

    Semua foto-foto yang terdapat dalam buku ini diambil dari scene film dengan tampilan berwarna hitam putih. Selain itu, terdapat beberapa puisi yang dibuat oleh Alfonso Cuaron mengenai kehidupan masa kecilnya di kota Mexico.  


    Apabila Anda menyukai filmnya, Maka Anda pasti juga akan menyukai buku ini.


    4. Lily Pulitzer


    Sebentar lagi, semua perempuan Palm Beach akan menginginkan buku ini karena relevansinya terhadap lokasi Palm Beach itu sendiri. Brand Lily Pulitzer yang sangat terkenal dengan resort wear-nya, dibangun pada tahun 1950-an ketika ia sedang bekerja menjual minuman juice di hutan kecil penuh buah oranye yang dimiliki suaminya. 

    Karena pekerjaannya yang cukup berantakan, penata busana Lily menyiapkan busana yang berpola warna terang agar dapat menyamakannya dengan noda yang didapatkan dari buah-buahan. Peristiwa ini memunculkan desain kreatif Lily yaitu American resort wear.


    Warna-warna menyenangkan dari desain Lily Pulitzer juga dicerminkan di dalam buku ini. Fotografi ala vintage style juga termasuk dalam konten.


    5. Harper's Bazaar: 150 Years: The Greatest Moments


    Untuk merayakan anniversary ke 150 di tahun 2017, majalah pertama Amerika yaitu Harper’s Bazaar menampilkan editor legendaris, fotografer, dan penata busana ikonis sejak tahun 1867 dalam buku fotografi oleh Glenda Bailey. Buku ini menangkap momen dan orang-orang terpenting yang telah membangun majalah ini selama beberapa dekade.


    Harper's Bazaar: 150 Years menampilkan karya-karya ikonis mereka termasuk 150 foto dan 50 teks seperti artikel, puisi, dan cerita fiksi. Kreatifitas dan nuansa artistik yang telah dipublikasikan melalui majalah ini membuktikan bahwa Harper’s Bazaar bukan hanya sekedar majalah fashion. 


    Sudahkah Anda memilih buku yang akan dimasukan ke dalam list “want to read” Anda?


    (Penulis: Danes Wara; Foto: Courtesy of Louis Vuitton, Instagram, Assouline.com, Net-A-Porter.com, abramsbook.com)








- RELATED ARTICLE -