Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Penelitian Baru: Tidur Siang Baik untuk Kesehatan Anda

Alasan sempurna untuk hari Minggu yang malas.

Penelitian Baru: Tidur Siang Baik untuk Kesehatan Anda

Jangan merasa bersalah jika Anda tertidur di sofa siang hari setelah perdebatan dengan keluarga, karena tidur siang terbukti bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Menurut penelitian baru, tidur siang satu jam secara teratur dapat menurunkan tekanan darah dengan jumlah yang hampir sama dengan minum obat dengan tujuan yang sama atau mengurangi asupan garam dan alkohol.

Penelitian yang dilakukan oleh para dokter di Rumah Sakit Umum Asklepieion di Yunani melibatkan 212 peserta dengan tekanan darah tinggi. Para pasien mengenakan monitor tekanan darah untuk membaca tekanan darah mereka sepanjang hari.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang tidur siang selama satu jam per hari mengalami penurunan tekanan darah rata-rata 3mm Hg dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang.


"Tidur siang hari tampaknya menurunkan tingkat tekanan darah pada magnitude yang sama dengan perubahan gaya hidup lainnya," kata rekan penulis studi itu, Dr Manolis Kallistratos, kepada AFP. "Misalnya, pengurangan garam dan alkohol dapat menurunkan tingkat tekanan darah 3 hingga 5 mm Hg."

"Berdasarkan temuan kami, jika seseorang memiliki waktu untuk tidur siang di siang hari, hal itu mungkin juga memiliki manfaat untuk tekanan darah tinggi," tambah Dr Kallistratos.

Nah, sepertinya ini adalah rencana baik untuk sore kita.


(Penulis: Danielle Fowler; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Danes Wara; Foto: Courtesy of Bazaar UK)