• 8 Museum di Jakarta yang Harus Dikunjungi

    Culture / Tips


    8 Museum di Jakarta yang Harus Dikunjungi

    Saatnya jelajah sejarah dengan mengunjungi museum-museum yang berada di ibu kota Indonesia ini.


    Bosan dengan mall? Akhir minggu ini mungkin Anda dapat mencoba aktivitas berbeda. Ibarat hidden gems, ternyata begitu kaya pilihan museum di Ibukota yang dapat disambangi.

    Memang bukan tas belanjaan berisi dress keluaran desainer terbaru yang dibawa pulang. Tapi pengetahuan akan seni serta sejarah yang lebih tepatnya akan terisi.

    Ironisnya, pola pikir akan museum sebagai tempat terbengkalai masih saja terkotak di otak segelintir orang. Sehingga, belum apa-apa rasanya sudah malas duluan untuk menjejakkan kaki di tempat kaya seni dan budaya ini.

    Padahal tidak demikian adanya. Sejumlah museum di Jakarta berikut dilengkapi dengan fasilitas modern yang memadai. Penasaran?

    Sebagai referensi sebelum Anda melakukan kunjungan yang sarat akan seni tersebut, simak delapan pilihan Bazaar untuk museum terbaik Ibukota.


    1. Museum Macan




    Salah satu yang terbaru, Museum Macan senantiasa menampilkan program pameran seni dari para seniman ternama. Lokal hingga internasional, karya seni yang terkurasi eksklusif menjadi kekuatan museum ini. Sudut ruang yang fotogenik menjadikannya sebagai salah satu tempat berfoto favorit kaum hipster kekinian.


    2. Museum Prasasti




    Menuju ke destinasi museum. Museum Prasasti pasti harus masuk ke daftar tujuan. Serasa berada di Eropa.

    Sejumlah patung klasik berwarna putih gading mendominasi berbagai sudutnya. Tidak banyak yang tahu jika museum ini direalisasikan atas ide aktivis legendaris Soe Hok Gie.


    3. Museum Bank Indonesia




    Para penggemar arsitektur kolonial harus mencoba datang ke museum berikut. Museum Bank Indonesia kerap memang tampil sebagai salah ikon kawasan Kota Tua.

    Bangunan megah dengan fasilitas modern menjadi kelebihannya.


    4. Museum Bank Mandiri




    Belum puas memelajari ilmu mata uang, lanjutkan perjalanan jelajah museum. Museum Bank Mandiri juga dapat menjadi opsi lain apabila Anda ingin menelusuri lebih dalam mengenai angka dan nominal mata uang.

    Dan tentunya, sejarah kondisi ekonomi.


    5. Museum Fatahillah




    Selanjutnya, Bazaar memilah Museum Fatahillah. Museum ini merupakan tempat yang sama dengan Museum Sejarah Kota Jakarta.

    Sampai sekarang, masih banyak yang salah kaprah akan fakta tersebut.

    Untuk menelaah lebih lanjut, silahkan menjelajah sendiri ke museum yang mengulas sejarah Jakarta secara lengkap ini.


    6. Museum Wayang



    Sungguh sayang jika kita melewatkan Museum Wayang. Mengaku sebagai pecinta seni negeri sendiri, museum yang satu ini tentu harus dikunjungi. Setidaknya sekali seumur hidup.

    Sepulangnya, informasi mengenai kisah di balik terciptanya tokoh perwayangan legendaris pasti akan membuat terkagum.


    7. Museum Tekstil



    Negeri kita begitu kaya akan tekstil. Dari Sabang sampai Merauke, tiap daerah memiliki ciri khas jenis kainnya tersendiri.

    Dan, tidak ada tempat lain yang lebih baik untuk memelajarinya selain Museum Tekstil.


    8. Museum Seni Rupa dan Keramik



    Mari tutup perjalanan menjelajah museum kita. Terletak di kawasan Jakarta Barat, Museum Seni Rupa dan Keramik dijamin memperluas wawasan seputar kekayaan seni negeri sendiri.

    Tetapi berhati-hatilah saat memegang koleksi keramik antik milik museum ini.

    Karena jika pecah bukan berarti membeli. Namun, rasa bersalah akibat merusak properti negara akan menghantui seumur hidup.



    (Foto Courtesy of Instagram @vickymahreza, @museummacan, @amakbarr, @dbiantoro, @borzoihandy, @semasadikotatua, @kaemitanbudiono, @calvinreinnaldi, @ilham_wibisono, @andre_wiyahya, @dewisoeharto, @dbiantoro, @museum_tekstil, @lindanl_, @benakribo)








- RELATED ARTICLE -