• Tips OOTD Gaya '80-an dari Selebriti Hollywood

    Fashion / News


    Tips OOTD Gaya '80-an dari Selebriti Hollywood

    Apakah Anda memiliki sebuah atasan turtle neck, blazer dengan kancing besar dan celana denim high waisted?


    Grace Jones, Cher, Madonna adalah contoh-contoh sosok yang dapat dijadikan panutan saat bergaya ala tahun '80-an.

    Energi bebas, eksperimental dan sentuhan berbagai aliran gaya dari mulai grunge yang dipopulerkan oleh Marc Jacobs hingga blazer dengan kancing besar yang kerap dikenakan oleh mendiang Putri Diana menjadi ciri khas tahun '80-an.

    Kali ini, Bazaar akan menunjukan panduan bergaya ala tahun '80-an yang patut Anda tiru. Berikut daftarnya:


    1. Kancing berukuran besar

    Blazer dengan kancing berukuran besar yang biasanya berwarna emas memberikan efek classy dan banyak dikenakan di tahun '80-an.

    Lady Diana salah satu sosok yang tampak sering tertangkap kamera dengan mengenakan luaran blazer berhiaskan kancing besar seperti di foto ini di mana Ia mengenakan blazer putih dengan kancing emas karya Catherine Walker.


    2. Busana tembus pandang

    Beberapa waktu terakhir Anda tentu sudah melihat banyaknya selebriti yang tampil dengan gaun dengan bahan tembus pandang di karpet merah.

    Nyatanya tren mengenakan busana tembus pandang sudah ada sejak era '80-an dan sudah dikenakan oleh penyanyi Cher dan supermodel Naomi Campbell di berbagai kesempatan. 

    Anda pun bisa mengenakan busana tembus pandang dengan trik layering yang stylish dengan mengenakan sebuah ansambel yang mencuri atensi dan melapisinya dengan sebuah dress tembus pandang di bagian luar.


    3. Celana high waisted

    Celana high waisted dengan aksesori ikat pinggang juga menjadi tren yang marak dikenakan di era '80-an.

    Selain itu, celana high waisted juga akan membuat bagian pinggang tampak lebih kecil dan sangat chic untuk dipadankan dengan kemeja dan oversized blazer.


    4. Shoulder pads

    Jaket dengan bagian bahu structured atau shoulder pads adalah item fashion wajib yang tren di era 80-an. Walaupun banyak sekali opini pro kontra terhadap tren yang satu ini, di era itu para selebriti dan ikon fashion kerap mengenakan shoulder pads.

    Shoulder pads sendiri biasanya dikenakan di bagian bahu sebuah blazer dan mantel berukuran besar. 


    5. Turtle Neck

    Kenakan atasan turtle neck yang chic saat Anda bergaya ala '80-an. Turtle neck yang juga dipopulerkan oleh seniman Andy Warhol menjadi salah satu benda penting yang ikonis di tahun '80-an. 

    Miliki atasan turtle neck tangan panjang maupun tanpa lengan dan pasangkan atasan turtle neck Anda dengan sebuah A line skirt atau celana panjang berwarna sama.


    6. Aksesori berukuran besar

    Penyanyi Madonna menjadi sosok penggagas gaya rebel di tahun '80-an. Ia kerap muncul dengan gaya-gaya yang dianggap 'ajaib' pada masa itu.

    Salah satu gayanya yang dengan cepat menjadi tren adalah aksesori berukuran besar yang dikenakan dengan teknik tumpuk. 

    Kalung mutiara yang ditumpuk lalu dikenakan secara bersamaan atau anting-anting berukuran besar menjadi salah satu tren '80-an yang ikonis dan tentu patut Anda kenakan saat ingin bergaya ala tahun 80-an.


    7. Baju renang


    Pernahkah Anda bayangkan berolahraga dengan mengenakan sebuah swimsuit? Di era '80-an hal itu merupakan suatu yang wajar bahkan menjadi tren di kalangan para pencinta olahraga.

    Sebuah baju renang tidak hanya diperuntukan untuk dikenakan di kolam renang, namun juga dapat dikenakan sebagai ansambel saat sedang senam hingga bermain sepatu roda.

    Jika Anda ingin mencoba tren ini, Anda juga bisa menjadikan one piece swimsuit menjadi sebuah atasan saat sedang mengenakan sebuah celana denim high waisted.

    8. Chain belt


    Tahun '80-an menjadi era dimana panggung rumah mode Chanel hingga Versace banyak menampilkan model-model mengenakan ikat pinggang yang terbuat dari rantai.

    Rantai yang dikenakan mengeliling bagian pinggul itu diaplikasikan dengan bandul berukuran besar yang kemudian langsung banyak dimiliki oleh para ikon mode era '80-an.

    Apabila Anda ingin kembali bergaya dengan chain belt, Anda bisa mengenakan sebuah terusan ataupun celana high waisted yang akan terlihat atraktif untuk dikenakan bersamaan dengan aksesori chain belt vintage.

    (Layout: Emira Shofia; Foto: Courtesy of Instagram)

    Tags : '80-an, '80s






- RELATED ARTICLE -