• 10 Hal yang Perlu Diketahui Saat di Pameran Seni Instalasi

    Culture / Tips


    10 Hal yang Perlu Diketahui Saat di Pameran Seni Instalasi
    10 Do’s and Don'ts Saat Berkunjung Ke Pameran Seni Instalasi

    Apa yang harus Anda lakukan jika ingin mengunjungi sebuah pameran seni instalasi?


    Berkunjung ke sebuah pameran seni instalasi memang hal yang sangat diwajibkan untuk para seniman atau bagi Anda yang senang melihat karya-karya seni. Berbeda dengan pameran seni biasanya, Anda dapat melihat berbagai macam karya seni tiga dimensi yang menarik dan unik. Selain itu, Anda dapat mengisi waktu luang dengan berkunjung ke sebuah pameran karena Anda tidak pernah tahu apa yang bisa Anda dapatkan dari kunjungan tersebut.



    Tetapi, jangan sembarang datang ke sebuah pameran seni instalasi tanpa membawa etika yang benar. Banyak pameran seni instalasi yang mempunyai peraturannya sendiri. Berikut ini adalah beberapa aturan yang harus Anda patuhi sebelum mengunjunginya. 


    Do’s

    1. Bawalah seseorang bersama Anda.

    Berkunjung ke pameran seni instalasi lebih menyenangkan apabila Anda ditemani seorang teman atau bersama keluarga. Namun, jika Anda lebih senang menikmati karya seni sendiri, maka pilihan ini bisa Anda lewatkan. Selain ada yang menemani, membawa seseorang bersama Anda ke sebuah pameran seni instalasi dapat menjadi pengalaman yang berbeda karena Anda akan selalu mengenang kunjungan ini dan berbagi cerita dengan orang tersebut. 


    2. Menanyakan kepada staff member tentang karya seni.

    Apalah gunanya datang ke sebuah pameran seni instalasi apabila Anda sendiri tidak dapat mengerti karya seni tersebut? Tidak perlu malu, Anda bisa langsung bertanya kepada staff member dalam pameran yang sedang Anda kunjungi mengenai karya seni yang ingin Anda ketahui. Staff member akan menjelaskan hal-hal yang menurut Anda kurang jelas pada catatan untuk setiap karya seni, atau pertanyaan-pertanyaan yang lebih dalam tentang karya seni tersebut.




    3. Berkeliaran di dalam pameran tanpa membuat kegaduhan.

    Ketika Anda berkunjung ke sebuah pameran seni instalasi, semua sudut dan area harus Anda datangi. Jangan sampai anda melewatkan satu karya seni. Tetapi, rasa ingin tahu itu tidak boleh sampai menggangu orang lain yang sedang berkunjung juga. Salah satu etika berkunjung ke sebuah pameran seni instalasi yang paling penting adalah tidak membuat kegaduhan di dalam lokasi.


    4. Menulis atau menggambar karya dengan pensil.

    Apabila menatapi si karya tidak cukup, Anda dapat membawa alat tulis sendiri dari rumah dan menggambar karya seni tersebut. Ingat, jangan sampai membuat kegaduhan atau menodai pameran seni yang sedang dikunjungi. Gambaran tersebut bisa Anda jadikan sebuah inspirasi yang dapat Anda bawa pulang.


    5. Duduk dan renungkan karya seni tersebut.

    Terkadang duduk dan menatapi karya sudah cukup bagi beberapa pengunjung. Menatapi sebuah karya seni bisa juga menjadi sebuah treatment refreshing. Tidak ada salahnya apabila Anda senang hanya dengan duduk diam dan merenungkan si karya seni. Dengan melakukan ini, Anda dapat mengamati lebih dalam tentang karya itu.


    Don’ts

    1. Memotret dengan menggunakan flash.

    Hal yang satu ini sangat riskan karena dapat menggangu orang-orang dalam pameran yang juga sedang mengamati karya seni itu. Selain itu, menggunakan flash saat memotret dapat mengalihkan perhatian banyak orang sehingga mereka tidak dapat fokus kepada karya tersebut. Selain itu, pihak pameran seni instalasi tersebut juga tidak memperbolehkan untuk memotret dengan menggunakan professional camera karena foto-foto tersebut takut disalah gunakan.


    2. Tidak boleh membawa makanan dan minuman ke dalam ruang pamer.

    Membawa makanan dan minuman ke dalam pameran seni tidak boleh dilakukan karena dampak yang akan muncul apabila para pengunjung tidak tertib. Alasan pertama adalah agar tidak merusak karya seni itu sendiri karena apapun bisa terjadi walaupun Anda sudah sudah berhati-hati untuk tidak menjatuhkan minuman atau makanan Anda. Beberapa pameran seni menyediakan kafe atau restoran didekat lokasi pameran. 



    3. Menyentuh karya seni.

    Peraturan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi pengunjung yang sudah sering datang ke sebuah pameran seni. Sebab untuk beberapa orang, menyentuh sebuah karya adalah hal yang lumrah, namun sebenarnya tidak. Meskipun karya tersebut tidak diberikan pembatas, menyentuh karya apapun tidak diperbolehkan. Meski demikian perhatikan lingkungan sekitar, sebab terkadang Anda dapat mengunjungi pameran seni interaktif yang mengizinkan pengunjungnya untuk menyentuh karya.


    4. Berlari-lari di dalam pameran seni.

    Sering kali pengunjung datang ke sebuah pameran seni instalasi namun mereka tidak mempunyai waktu yang dibutuhkan untuk melihat seluruh pameran. Hal ini membuat para pengunjung berlari-lari agar dapat melihat semua karya dalam satu pameran seni. Waspada, sebab berlari-lari di dalam pameran seni dapat menimbulkan kecelakaan seperti menabrak dan merusak karya seni tersebut.


    5. Tidak boleh merokok.

    Merokok dan menggunakan e-cigarette atau vape di dalam pameran seni instalasi dapat merusak karya-karya seni. Selain itu, asap rokok dan vape bisa menggangu pengunjung lain yang sedang berkunjung karena baunya menyengat. Biasakan untuk melakukan aktivitas ini di luar ruangan yang sudah ditentukan. 


    Tertarik untuk mengunjungi pameran seni instalasi setelah membaca panduan-panduan di atas? Jangan lupa untuk berkunjung ke pameran seni instalasi Pantene Perfect On Art Experience di Pacific Place Jakarta Lantai 3 North Wing. Open for public mulai tanggal 6 Maret hingga 17 Maret 2019.


    (Penulis: Danes Wara; Foto: Courtsey of Shanti Hesse©123RF.com, Engin Korkmaz©123RF.com, Paolo De Santis©123RF.com, Victor Zastolskiy©123RF.com)







- RELATED ARTICLE -