• Tips OOTD Gaya '90-an dari Selebriti Hollywood

    Fashion / Tips


    Tips OOTD Gaya '90-an dari Selebriti Hollywood

    Siapkan blazer model oversized, denim, dan slip dress. Lalu jadikan gaya selebriti di tahun ‘90-an sebagai inspirasi berpakaian Anda.


    Era ‘90-an adalah era ketika industri fashion sedang dibanjiri berbagai macam slip dress, choker, cropped top, hingga jaket bulu yang dikenakan oleh banyak selebriti di red carpet hingga sehari-hari.

    Walaupun era ‘90-an sudah lewat, namun gaya ‘90-an tetap hidup hingga sekarang, ditambah dengan kembalinya tren tas-tas kecil yang di tahun ‘90-an merupakan salah satu item fashion yang digandrungi. Mereka kembali muncul di runway musim terkini.

    Kali ini, Bazaar akan membahas inspirasi gaya ‘90-an untuk pedoman Anda bergaya ala ‘90-an seperti ikon fashion tahun ‘90-an, yaitu Kate Moss, Gisele Bundchen, hingga aktris Liv Tyler.


    1. Cropped Top

    Kenakan atasan cropped top tangan panjang dengan celana high waisted sebagai bawahan seperti gaya Gisele Bundchen saat sedang berjalan di panggung runway tahun ‘90-an. 

    Lengkapi ansambel dengan aksesori gelang yang oversized sebagai bentuk pernyataan. Jangan lupa pilih riasan yang minimal dan rambut yang tergerai natural.


    2. Sheer slip dress

    Tahun ‘90-an menjadi era di mana apa pun yang dikenakan supermodel Kate Moss akan ditiru oleh semua orang. Kate yang difoto ini tampak menghadiri acara dengan aktor Johnny Depp tampil dengan slip dress yang ia populerkan di tahun ‘90-an.

    Di tampilan ini Kate menambah satu lapis sheer slip dress di lapisan luar yang dihiasi dengan untaian bebatuan dan tas mini bedazzled metalik yang merupakan item wajib gaya ‘90-an.


    3. Slip Dress

    Tampilan sederhana dan simpel sangat digemari di era ‘90-an. Salah satunya gaya Jennifer Lopez di red carpet pada masa itu mengenakan slip dress yang fitted membalut lekuk tubuhnya dan riasan rambut updo tanpa perhiasan apa pun.

    Tentu cara Jennifer Lopez di foto ini dapat menjadi solusi untuk tampilan last minute sebelum menghadiri suatu acara.


    4. Suit

    Siapa yang tidak mengenal peran Liv Tyler di Empire Records serta gaya berpakaiannya pada masa itu. Liv di foto ini merepresentasikan gaya fashion ‘90-an dengan mengenakan suit bahan kulit berwarna hijau dan memasangkannya dengan sepatu lansiran Vans.

    Sepatu lansiran Vans yang hingga sekarang tetap menjadi tren untuk dikenakan dapat Anda pasangkan dengan ansambel setelan seperti yang dipilih Liv Tyler untuk menghindari tampil terlalu formal.


    5. Blazer Dress

    Julia Roberts tampak chic dan santai saat datang ke malam penghargaan Golden Globes mengenakan ansambel yang hanya terdiri dari blazer dress dan rok mini motif pinstripe.

    Tidak ada salahnya Anda mengikuti jejak Julia Roberts bergaya ala tahun ‘90-an dengan blazer ketika menghadiri sebuah acara gala dinner tanpa mengenakan gaun yang berlebihan.


    6. Atasan Tanktop

    Menjadikan tanktop sebagai atasan tanpa mengenakan outer dengan bawahan track pants maupun denim merupakan trik berpakaian wajib di tahun ‘90-an.

    Para penyanyi terkenal di masa itu seperti rapper Aaliyah, Jennifer Lopez, hingga para personil Spice Girls terlihat kerap menjadikan tanktop sebagai atasan.

    Tiru cara mereka berpakaian dengan tanktop dan Anda bisa tambahkan juga aksesori tas seperti tas lansiran rumah mode Dior yaitu Dior Saddle yang sempat tren di tahun ‘90-an.


    7. Jaket Kulit

    Kate Moss memopulerkan gaya grunge yang kemudian banyak ditiru sebagai street style di zaman itu. Gaya grunge yang mengadopsi gaya ala penyanyi rock biasanya terdiri dari jaket kulit, teknik layering yang menggunakan T-shirt dan kemeja sebagai outer

    Di foto ini, Kate tampak mengenakan tanktop putih sebagai dalaman dan memadankan tampilannya dengan rok maksi yang kemudian ia pasangkan dengan sneakers putih. 


    8. Mantel Bulu

    Jangan takut untuk mengenakan mantel bulu terutama saat traveling. Pilih mantel yang terbuat dari faux fur dan kenakan atasan turtle neck dengan bawah rok mini dan over the knee boots.

    Mantel bulu yang banyak dikenakan di tahun ‘90-an perlu Anda miliki saat menciptakan look era ‘90-an yang biasanya menyeimbangkan unsur minimalis dan statement piece yang menarik perhatian.


    9. Motif Tartan

    Ketika film Clueless muncul di tahun 1995, Cher dan Dionne dengan instan memengaruhi gaya berpakaian di tahun itu.

    Cara mereka berpakaian di sekolah dengan mengenakan atasan dan bawahan bermotif tartan dengan cepat menjadi salah satu busana ikonis di era ‘90-an.

    Anda pun bisa meniru gaya berpakaian mereka dan jangan lupa untuk mengenakan tas punggung berukuran kecil yang menggemaskan.


    10. Gaya Tumpuk

    Lagi-lagi mengambil inspirasi dari karakter Cher di film Clueless. Di scene ini, Cher tampil dengan gaya tumpuk yang terdengar sedikit aneh namun nyatanya justru menjadi ansambel yang stylish.

    Cher yang diperankan oleh aktris Alicia Silverstone mengenakan rok mini motif chess dengan kemeja bahan sheer sebagai atasan. Bagian aneh dari ansambel ini adalah Cher terlihat menambahkan luaran bahan cashmere berpotongan cropped.

    Namun, seperti yang dapat Anda lihat ansambel ini justru terlihat sangat chic dan tentu dapat diterapkan ketika Anda akan pergi bekerja.


    Foto: Instagram.com/@90sanxiety, @80s_90s_00s, @90smilk, @90s.babes, @90scelebvibes








- RELATED ARTICLE -