• Hong Kong Arts Month: Surga Penikmat Seni di Hong Kong

    Culture / Advertorial


    Hong Kong Arts Month: Surga Penikmat Seni di Hong Kong

    Tempat menikmati karya-karya terbaik dari seniman Hong Kong dan manca negara.


    Setelah dikenal sebagai surga belanja, Hong Kong kini menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati seni. Mulai dari pameran seni rupa di galeri-galeri ternama, pertunjukan musik dan teater kelas dunia, hingga instalasi seni yang bisa dinikmati di taman-taman kota, mengukuhkan Hong Kong sebagai ‘ibukota seni’ yang baru.

    Sebuah perhelatan seni terbesar di Hong Kong terjadi pada bulan Maret 2018 lalu, dalam rangkaian program bertajuk Hong Kong Arts Month.

    Selama bulan Maret 2018 tersebut, beberapa area serta komunitas seni di Hong Kong membuat program-program khusus yang dapat dinikmati oleh semua orang. Termasuk pameran-pameran besar seperti Art Basel Hong Kong dan Hong Kong Arts Festival.


    Eksplorasi Seni di Seluruh Penjuru Kota Hong Kong

    Tidak hanya seniman-seniman terkenal yang karyanya bisa Anda saksikan saat Hong Kong Arts Month. Bakat-bakat baru dari seniman lokal pun ikut diangkat.

    Distrik seni bernama Sham Shui Po adalah salah satu tempat untuk mengeksplorasi bakat-bakat baru tersebut.

    Diorganisasi oleh Hong Kong Urban Canvas dan diselenggarakan bersama Hong Kong Youth Arts Foundation, distrik seni ini menawarkan sebuah program seni di mana seniman lokal berkolaborasi dengan murid sekolah seni dalam menerjemahkan suasana toko-toko tradisional di daerah tersebut ke dalam bentuk lukisan di atas rolling door.



    Daerah lain yang menarik untuk dieksplorasi adalah Wong Chuk Hang. ‘Tersembunyi’ di antara bangunan-bangunan industri di daerah South Island, galeri-galeri seni memberi sentuhan tersendiri bagi daerah ini. Itulah sebabnya tempat ini disebut South Island Cultural District. 

    Selama Hong Kong Arts Month, pengunjung dapat menyaksikan pameran dan performance yang diadakan oleh galeri-galeri tersebut, serta tur yang dipandu secara gratis.



    Destinasi berikutnya adalah Fo Tan, sebuah artist neighbourhood tempat banyak komunitas seni berada sejak tahun 2000.

    Program yang diadakan di sini adalah Fo Tan Open Studios, sebuah wadah untuk melihat karya seni serta mengikuti berbagai workshop menarik, antara lain membuat keramik, patung, kaligrafi China, hingga seni grafis.

    Program menarik ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk bertemu serta bertukar pikiran dengan seniman-seniman lokal.



    Sebuah workshop yang diadakan Fo Tan Open Studios


    Event Seni Berkelas Dunia

    Selain program-program yang melibatkan lingkungan serta seniman-seniman lokal, beberapa event seni yang besar juga terjadi selama Hong Kong Arts Month ini.

    Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah Hong Kong Arts Festival (HKAF). Penyelenggaraan ke-46 dari HKAF ini mempertunjukkan 130 show yang melibatkan 1.700 seniman lokal dan internasional.

    Beberapa show yang inspiratif dan menjadi highlight adalah Whipped Cream dari American Ballet Theatre, The Curious Incident of the Dog in the Night Time dari National Theatre of Great Britain, dan Debussy’s Pelléas et Mélisande dari Welsh National Opera.


    Penampilan American Ballet Theatre


    Sedangkan Art Basel Hong Kong sebagai salah satu perhelatan besar seni yang terkenal merupakan program seni dari Hong Kong yang paling menyedot perhatian dunia dan menjadi daya tarik utama bagi masyarakat.

    Diadakan di Hong Kong Convention and Exhibition Centre, pengunjung dapat menikmati seni lewat karya seni yang hebat dan inovatif dari galeri-galeri terkemuka, baik lokal maupun internasional.

    Diikuti oleh perhelatan seni besar lainnya yaitu Art Central Hong Kong yang diadakan setiap tahun di Central Harbourfront Event Space.


    Salah satu karya di Art Basel Hong Kong



    Art Central Hong Kong


    Selain art fair besar tersebut, Hong Kong Arts Month juga memberi kesempatan bagi masyarakat untuk menikmati seni lewat pameran sound-art yang menarik bertajuk Notating Beauty That Moves – Music at an Exhibition yang diadakan oleh Hong Kong Sinfonietta. Program ini menampilkan karya-karya menarik, antara lain musical scores, lukisan, fotografi, dan gambar bergerak.


    Selama Hong Kong Arts Month, masyarakat juga bisa terinspirasi oleh destinasi outdoor seperti taman-taman kota yang dihiasi karya seni dalam program Harbour Arts Sculpture Park.

    Berlokasi di Central dan Wan Chai Harbourfront, program ini menjadi inspirasi bagi masyarakat lewat seni patung karya Tracey Emin, Jenny Holzer, Yayoi Kusama, dan Bosco Sodi.


    Hong Kong Arts Month bukan saja merupakan event seni terbesar di Asia, tapi juga memberi alasan baru untuk pergi ke Hong Kong dan mendapatkan inpirasi.

    Program seni yang inspiratif ini baru saja berakhir bulan Maret 2018, namun bisa menjadi referensi bagi Anda dalam merencanakan perjalanan menikmati seni di Hong Kong Arts Month yang berikutnya. Pastikan Anda berada di Hong Kong untuk menikmati seni di sana tahun depan!




    (Foto: Courtesy of Hong Kong Tourism Board)








- RELATED ARTICLE -