• Tip Memilih Kosmetik untuk Kulit Sensitif

    Beauty / Tips


    Tip Memilih Kosmetik untuk Kulit Sensitif

    Apakah Anda termasuk pemilik kulit sensitif? Berikut ini beberapa hal yang harus diingat sebelum membeli produk perawatan kulit atau makeup.


    Kulit yang terbilang sensitif biasanya mengeluarkan respon tak lazim terhadap unsur-unsur tertentu dalam zat yang dikonsumsi termasuk halnya kosmetik. Maka dari itu, Anda yang mengaku mempunyai tipe kulit satu ini tentu harus ekstra hati-hati dalam memilih produk mulai dari sekadar lip balm hingga jenis “sabun” sekalipun. Simak siasat jitu yang telah dikompilasi Bazaar dari berbagai sumber!  


    1. Cek Daftar Komposisi

    Sebisa mungkin, hindari kosmetik dengan kandungan alkohol, pewangi, menthol, asam laktat maupun sabun. Prinsipnya, semakin sedikit komposisi biasanya berarti produk tersebut semakin aman untuk Anda.


    2. Lakukan tes terlebih dulu

    Aplikasikan sedikit produk pada sebagian kecil kulit dan waspada jika timbul reaksi berlebihan dalam kurun waktu 72 jam setelahnya. Jika perlu, Anda juga bisa melakukan konsultasi kepada ahli dermatologi.


    3. Hindari pembersih yang sifatnya mengeksfoliasi

    Cleanser yang tergolong “keras” untuk si kulit sensitif umumnya mengandung bahan seperti asam salisilat ataupun AHA (termasuk asam glikolat) dan BHA.


    4. Kenakan moisturizer yang sanggup mengunci kelembapan alami

    Pilih pelembap bertekstur krim, bukan sekadar lotion yang cenderung lebih cair.

    Selanjutnya, infusi minyak zaitun atau jojoba juga dinilai baik untuk kulit sensitif. Anda juga bisa mengaplikasikan petroleum jelly, ointment atau night cream yang mengandung formula menenangkan seperti chamomile maupun ekstrak green tea segera setelah mandi atau mencuci muka.

    Moisturizer dengan ceramide pada daftar ingredients-nya juga bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda.


    Baca juga: 13 Produk Skincare untuk Kulit Wajah Sensitif


    5. Utamakan sunblock

    Pada cuaca berawan atau hujan sekalipun, penggunaan tabir surya tetap wajib hukumnya. Selain mengandung SPF 30, pastikan sunscreen Anda mengandung titanium dioksida dan atau zinc oxide yang dapat melindungi dari sinar UVA pula.

    Selain wajah, pastikan bibir Anda memperoleh proteksi yang sama dari paparan matahari.


    6. Tinggalkan kosmetik “berat” dan kedap air

    Batasi penggunaan eyeliner atapun produk lain yang diklaim waterproof. Tidak hanya itu, carilah seleksi makeup berlabel non-comedogenic yang relatif ringan sehingga sifatnya tidak menutup pori-pori serta berpotensi memicu ruam, kemerahan, ataupun gatal-gatal.


    Baca juga: 6 Kebiasaan Buruk Penyebab Jerawat



    (Foto: choreograph©123rf.com)








- RELATED ARTICLE -