• Apakah Pijatan Adalah Rahasia Tidur Yang Lebih Baik?

    Beauty / Tips


    Apakah Pijatan Adalah Rahasia Tidur Yang Lebih Baik?

    Bagaimana Anda menyeimbangkan hormon tidur dengan pijatan


    Merayakan World Sleep Day pada tanggal 16 Maret kemarin, kami ingin mengingatkan Anda bahwa tidur yang berkualitas sangatlah penting untuk seluruh aspek kesehatan, mulai dari proses penuaan kita, seberapa banyak kiya makan, dan bagaimana kita mengatasi stres. 

    Namun, dengan dunia yang kini serba digital, kita mungkin jarang merasa telah beristirahat dengan puas.

    "Ada banyak orang yang memiliki pola tidur yang dapat dikategorikan sebgai 'normal' namun tetap merasa ngantuk dan tidak fokus saat bangun di pagi hari," terang Karolina Maciejewska, manajer aplikasi pijat Soothe.

    Baca juga: Tidur 20 Menit Lebih Lama Dapat Mengatasi Cravings

    Dapatkah pijatan memanipulasi hormon tidur Anda?

    Lalu apa hubungan antara kenyataan ini dengan pijatan? "Teknik cognitive behavioral therapy (CBT) - terapi perilaku kognitif - dapat membantu masalah tidur," jelas Karolina. "Sejumlah riset telah menunjukkan bahwa kegiatan tidur sangat relevan dengan terapi pijat karena pijatan dapat secara langsung mempengaruhi produksi serotonin dan melatonin."

    Beata Aleksandrowicz, seorang ahli pijat dan pencipta Pure Massage Spa Training Method, mengatakan bahwa dua hormon ini, ditambah kortisol, memainkan peranan penting dalam pola tidur kita.

    "Level hormon kortisol seringkali meningkat saat seseorang sedang mengalami stres, yang dapat menuju ke insomnia," jelasnya. "Pijatan membantu untuk menyeimbangkan sistem hormon dan telah terbukti bahwa pijatan dapat menurunkan level kortisol hingga rata-rata 30 persen." 

    Membicarakan serotonin - hormon bahagia kita yang turut mempengaruhi kesegaran, nafsu makan, ingatan, dorongan seksual, dan tidur - Beata menjelaskan bahwa, "Hasil studi juga menunjukkan bahwa pijatan dapat membantu meningkatkan level serotonin hingga 28 persen."

    Dan untuk melatonin, "Hormon yang membantu tidur seiring lingkungan bertambah gelap, dapat dihasilkan dari tekanan-tekanan saat proses pijat."

    "Satu jam pijat dapat memberikan kebaikan layaknya sebuah power nap bagi tubuh."

    Baca juga: 6 Tanda Anda Kekurangan Tidur


    Beata juga membagikan tip untuk menyeimbangkan hormon tidur untuk tidur yang lebih baik secara alami.

    Tip pijat untuk kualitas tidur yang lebih baik:

    1. Berendam

    "Tambahkan essential oil seperti lavender, ylang ylang, atau frankincense. Pejamkan mata Anda dan fokus pada diri Anda. Bernapas secara perlahan dan dalam dari area diafragma. Kehangatan air rendaman akan meningkatkan level melatonin."


    2. Pijat kaki Anda

    "Duduk di tepi tempat tidur dan letakkan kaki kiri Anda di atas lutut kanan. Gunakan krim kaki atau krim tubuh serta pijat kaki Anda secara perlahan. Perhatikan bagian telapak kaki dan buat gerakan melingkar menggunakan ibu jari di titik-titik yang berbeda. Lakukan perlahan. Bernapas dengan teratur. Lakukan di kaki yang lainnya."


    3. Pijat tangan Anda

    "Anda dapat duduk di tepi tempat tidur atau di tengah dengan menopang belakang Anda menggunakan bantal. Menggunakan lotion, pijat bagian atas tangan Anda, lalu balikkan telapak tangan dan gunakan ibu jari untuk membuat gerakan memutar di permukaan telapak tangan. Lakukan secara perlahan sambil bernapas dengan teratur setiap saat."

    Baca juga: Tidur Ternyata Bisa Membuat Wanita Lebih Cerdas


    4. Pijat leher Anda

    "Dalam posisi duduk, gunakan jari-jari kedua tangan, pijat lembut bagian belakang leher Anda di sepanjang garis tengkorak, mulai dari tengah menuju keluar di area belakang telinga. Bernapas mengikuti setiap pijatan dan rasakan setiap tekanan terlepaskan. Lakukan ini sambil fokus pada pernapasan Anda."


    5. Coba Yoga Nidra

    "Ini salah satu meditasi yang terbaik. Dapat membantu Anda untuk menjadi tenang baik fisik dan pikiran."


    6. Sekarang, tidurlah

    "Matikan lampu, pejamkan mata dan tarik napas yang dalam. Bayangkan sebuah tempat yang dekat dengan hati Anda, mungkin lautan, pegunungan, atau pantai. Bernapas sambil membayangkan Anda di sana, dan biarkan napas Anda menenangkan Anda layaknya sebuah lullaby."



    (Artikel disadur dari Harper's Bazaar UK. Alih bahasa: Stella Mailoa. Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)









- RELATED ARTICLE -