• Cara Menjadi Makeup Artist Profesional

    Beauty / Tips


    Cara Menjadi Makeup Artist Profesional

    Boleh saja bercita-cita ingin menjadi seorang penata rias, namun Anda perlu mengetahui tip penting sebelum mewujudkan impian tersebut.


    Sekarang menjadi seorang makeup artist memang seolah mudah. Banyak individu mulai belajar rias secara autodidak melalui tontonan di YouTube atau sekadar mengikuti akun media sosial para beauty influencer. Jika ingin menekuni profesi tersebut untuk menjadi seorang penata rias profesional dan mewujudkannya ke dalam sebuah bisnis, ada baiknya Anda dibekali dengan pendidikan akademis.

    Pendidikan ini terbilang penting supaya Anda mendapat pengetahuan mendasar serta panduan-panduan yang sudah menjadi pakemnya di industri kecantikan. Misalnya, Anda mengetahui perbedaan jenis kulit, ragam bentuk wajah hingga bentuk hidung, mata, dan lain-lain.

    Anda juga sangat perlu mendalami rias korektif wajah, yang sangat cocok diperuntukkan bagi klien wanita Indonesia. Ya, bagaimana Anda belajar 'menyulap' mata kecil menjadi terlihat besar lewat riasan, bagaimana teknik membuat ilusi waja tirus, membuat kamuflase untuk menutupi kekurangan, dan teknik-teknik lainnya.

    (Foto: Dmitrii Kotin©123RF)

    Pelajaran lain yang juga bisa didapat antara lain, bagaimana merias pengantin, bagaimana merias untuk decorative makeup, bagaimana merias untuk pemotretan hingga belajar merias diri sendiri (self image program).

    Selain belajar sedikit teori, Anda pun akan banyak mengikuti kelas praktek yang diajar oleh para pendidik berpengalaman dan profesional. Di luar itu, beberapa akademis juga mempunyai banyak koneksi agar Anda dapat bekerja langsung di lapangan. Misalnya menjadi perias di acara fashion show, merias acara-acara televisi, hingga terlibat dalam sebuah pemotretan majalah hingga komersil.


    (Franchi Ham Spring 2018; Foto: Matteo Valle/IMAXTree.com)

    Namun, satu benefit yang tak kalah penting jika Anda mengenyam pendidikan tata rias dan rambut secara akademis adalah sertifikat resmi. Banyak akademis yang menawarkan program dengan kurikulum bertaraf internasional di dalamnya. Salah satu tempat yang dapat dicoba adalah Puspita Martha International Beauty School.

    Sekolah yang didirikan oleh Martha Tilaar sejak tahun 1970 ini telah melahirkan 370.000 insan di dunia kecantikan. Program akademis yang ditawarkan sekolah ini antara lain School of Make Up, School of Hairdressing, dan School of Beauty Aesthetic and SPA.

    Selain mengikuti kelas, para murid di sana juga banyak diikutsertakan ke dalam acara perlombaan baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dan, seringkali sekolah ini bekerja sama dengan pemerintah untuk mendukung serta memajukan dunia tata rias dan rambut. Bicara tentang sertifikat, Puspita Martha memiliki tiga sertifikat resmi yang juga diakui secara internasional. yakni CIBTAC, CIDESCO, dan Pivot Point.

    Hal itu terlihat ketika pada bulan Februari lalu, Puspita Martha International Beauty School mengadakan acara kelulusan atau graduation bagi para siswanya yang berjumlah 522 wisudawan, untuk angkatan Januari 2017-Februari 2018.


    Para siswa yang hadir bukan hanya dari Jakarta saja, namun juga ada dari Puspita Martha cabang Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya. Acara kelulusan tahun ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yakni dilakukan di gedung sinema CGV Cinema, Grand Indonesia, Jakarta.

    Sedangkan tema acara yang diusung kali ini adalah Indonesia's Beauty Treasure, dengan maksud ingin mengangkat keunikan suku-suku yang dimiliki oleh Indonesia. Tak heran pada salah satu sesi acara, terselip pertunjukan mini berjudul Gemah Ripah Loh Jinawi, yang ternyata adalah sebuah slogan dengan arti bahwa kita berdiri di tanah yang memiliki kekayaan alam berlimpah, tanah yang banyak menginspirasi dunia, dan tanah yang penuh dengan kecantikan serta kemakmuran.


    Para siswa dan alumni Puspita Martha pun tidak tinggal diam, mereka unjuk gigi lewat pentas mini berjudul Mahadewi Swarna Dwipa yang terinspirasi dari kisah-kisah dewi-dewi Indonesia. Mereka seolah merayakan kelulusan dengan antusiasme tinggi, dan tak sabar untuk segera meniti karier di dunia kecantikan serta hairdressing Indonesia.


    Saat acara berakhir terlihat Martha Tilaar selaku founder Martha Tilaar Group, Wulan Tilaar Widarto sebagai Vice Chairwoman Martha Tilaar Group, dan Pinkan Tilaar sebagai President Director PT. Martha Beauty Gallery, memberi selamat kepada para wisudawan yang hadir.



    (Foto;  Olena Yakobchuk©123RF; Courtesy of Puspita Martha International Beauty School)






    Tags : makeup artist






- RELATED ARTICLE -