Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tidur 20 Menit Lebih Lama Dapat Mengatasi Cravings

Keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan yang tidak sehat akan terkurangi.

Tidur 20 Menit Lebih Lama Dapat Mengatasi Cravings

Hubungan antara kurang tidur dengan kenaikan berat badan telah lama diketahui. Namun sebuah studi baru kini menyarankan bahwa tambahan 20 menit di tempat tidur dapat membantu Anda untuk menolak idaman makanan tidak sehat sepanjang hari.

Para peneliti melihat kebiasaan 42 orang sehat yang mendapatkan tidur antara 5 sampai 7 jam setiap malam - sedikit di bawah jumlah jam tidur yang disarankan.

Baca juga: 6 Tanda Anda Kekurangan Tidur

Setengah dari partisipan tersebut memulai program yang membantu mereka untuk tidur lebih lama, yang termasuk menghindari kafein, menciptakan rutinitas yang relaks sebelum tidur, dan tidak tidur dalam keadaan terlalu kenyang atau kepalaran. Sementara setengah lainnya tetap melanjutkan jadwal tidur mereka.

Ditemukan bahwa 86% dari grup yang mengadaptasi rutinitas tidur sehat berhasil meningkatkan waktu tidur mereka sebanyak rata-rata 21 menit, dan dalam sebulan menjalani program ini, mereka telah memangkas konsumsi gula sebesar 10 gram - sama banyaknya dengan setengah batang cokelat atau setengah potong kue. Konsumsi karbohidrat mereka juga berkurang.

Baca juga: Tidur Ternyata Bisa Membuat Wanita Lebih Cerdas

Dr. Wendy Hall dari departemen Nutritional Sciences di King's College London, tempat riset ini dijalankan, berkata:

"Fakta bahwa tidur yang lebih lama dapat mengurangi konsumsi gula yang terkandung dalam makanan yang diproduksi atau masakan rumah, juga termasuk gula di dalam madu, sirup, dan jus buah, menunjukkan bahwa sebuah perubahan sederhana dalam gaya hidup dapat benar-benar membantu seseorang untuk menerapkan pola makan yang lebih sehat."

Baca juga: 5 Tanaman Untuk Tidur yang Lebih Nyenyak


Jadi, jika Anda tengah mencoba untuk mengurangi berat badan atau bersolusi untuk makan lebih sehat di tahun 2018, Anda dapat memulai dengan memperhatikan jadwal tidur Anda. Menurut laporan dari Eve Sleep, berikut adalah sejumlah cara yang dapat Anda terapkan untuk kualitas tidur yang lebih baik. 

1. Berhenti menggunakan smartphone Anda 37 menit sebelum memejamkan mata

2. Tidur pada pukul 10:39 malam

3. Aplikasikan seprei bersih

4. Pastikan kamar tidur Anda dalam keadaan gelap

5. Pastikan kamar tidur Anda dalam keadaan rapih

6. Kenakan piyama

7. Baca buku dan bukan e-reader

8. Tidur dalam posisi menyamping ke kanan dengan kaki menekuk.

Hasil studi ini dipublikasikan dalam Journal of Clinical Nutrition


(Artikel disadur dari Harper's Bazaar UK. Alih bahasa: Stella Mailoa. Foto: Courtesy of Harper's Bazaar UK)