• 5 Nasihat Berharga Untuk Pengusaha Wanita

    Culture / News


    5 Nasihat Berharga Untuk Pengusaha Wanita

    Lima pelajaran untuk para wanita yang tengah memulai wiraswasta.


    Minggu lalu, Bazaar UK mengadakan acara bersama National Westminster (NatWest) Bank yang memiliki program untuk membantu para wiraswasta wanita. Bersama narasumber seperti Julie Baker, Head of Financial Inclusion and Enterprise dari NatWest, Caroline Castigliano, seorang desainer busana pengantin, Nicola Mendelsohn, Vice President of Europe, Middle East, and Afrika untuk Facebook, Anna Sweeting seorang investor venture-capital, lalu berperan sebagai moderator adalah Kirsty Bashforth, CEO dari QuayFive dan columnist untuk Bazaar at Work, salah satu section dalam Bazaar UK.

    Kelima orang tersebut berbagi pengalaman dan nasihat untuk para wanita yang hendak atau sedang menjadi pelaku wiraswasta.

    Berikut lima hal yang bisa Anda petik untuk memantapkan niat Anda membangun usaha Anda sendiri.

    1. Tidak ada usia yang tepat untuk memulai sebuah bisnis.

    Julie Baker mengaku bahwa ia telah menyaksikan wanita dari berbagai latar belakang dan usia yang menggunakan platform NatWest Women in Business, dari mulai pelajar hingga middle-aged women yang tengah memulai usahanya sendiri. Karena sebenarnya usia tidaklah menjadi persoalan, yang Anda butuhkan adalah jiwa entrepeneurship, yang bisa membantu Anda semangat dalam memulai bisnis sendiri.

    2. Keberadaan mentor sangatlah penting.

    Karena itu temukanlah seorang pembimbing yang tepat. Seseorang yang Anda percayai dan bisa memberikan saran dan kritik yang membangun dan mendorong usaha Anda menjadi lebih baik.

    Sosok ini tak selalu harus orang yang sudah menduduki posisi penting dalam sebuah bisnis atau perusahaan, bisa juga orang yang sudah lebih dulu memulai bisnisnya sendiri. Pengalaman orang lain yang telah lebih dulu melewati rintangan dan masalah - yang nantinya akan Anda hadapi bisa menjadi pelajaran yang berguna bagi usaha Anda. 

    3. Jangan mengulang kesalahan yang sama.

    Caroline Castigliano berkata bahwa melakukan kesalahan adalah suatu yang ajar, karena dari proses itulah kita mendapatkan pembelajaran. Kuncinya hanya jangan sampai kita mengulangi kesalahan tersebut.

    4. Terima kegagalan Anda dan belajarlah dari hal tersebut.

    Nicola Mendelsohn mengatakan bahwa 'fail hard' adalah moto yang digunakan dalam lingkungan kerja Facebook. Ia juga mengatakan bahwa memiliki kesempatan untuk berbicara dan mengakui kesalahan Anda secara bebas dan langsung memperbaikinya adalah kesempatan yang produktif sebagai proses belajar.

    "Deal with your mistakes straight away to make them learnings, not failures," tambahnya. 

    5. Rayakan keunikan Anda dan jadilah percaya diri.

    Anna Sweeting menjelaskan bahwa karakter wanita yang unggul adalah wanita yang tidak takut mengemukakan pendapat mereka dan mendorongnya dengan sepenuh hati. Karena itu penting bagi para wanita yang ingin memulai bisnis untuk menonjolkan karakteristik dan pemikiran individu mereka, karena hal tersebutlah yang akan membuat Anda menjadi berbeda dan menonjol di antara pebisnis lainnya. 


    (Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Courtesy of Warner Bros. Pictures)









- RELATED ARTICLE -