• Anti Bosan Saat Rapat Seputar Pekerjaan

    Culture / Tips


    Anti Bosan Saat Rapat Seputar Pekerjaan

    Terapkan kiat-kiat untuk mengenyahkan rasa jemu saat meeting di kantor!


    Agenda rapat di tempat kerja terkadang identik dengan yang namanya kejenuhan. Hal ini adalah wajar dan dapat dialami oleh semua orang, meskipun memang lebih baik untuk menyimaknya secara konsisten demi kemajuan karier Anda. Bagaimana siasat untuk mengatasi dilema ini? 

    1. Tidur cukup semalam sebelumnya

    Kualitas maupun kuantitas tidur Anda berpengaruh besar pada kecakapan berpikir serta memusatkan perhatian. Jika meeting Anda memang telah dijadwalkan sebelumnya, usahakan untuk tidur lebih awal menjelang hari H. 


    2. Mengkonsumsi minuman berkafein

    Asalkan sesuai dosis, substansi kafein yang sering ditemukan dalam kopi, energy drink, dan juga cokelat tak hanya sanggup menambah stamina dengan optimal namun juga membantu Anda membangun konsentrasi. 


    3. Hindari makan besar sesaat menjelang rapat

    Perut yang penuh dapat menaikkan suhu tubuh sehingga memberikan efek relaks. Kondisi ini memicu Anda untuk merasakan kantuk serta sukar untuk memfokuskan pikiran.


    4. Pelajari sesuatu dari pembicara 

    Saat atasan atau klien penting tengah mengemukakan pendapatnya dalam rapat, jangan sibuk dengan lamunan Anda sendiri. Coba catat faktor apa saja yang membuatnya mampu dipercaya mengemban tanggung jawab oleh perusahaan. Perhatikan kosa kata, pembawaan dan kharisma beliau. Siapa tahu, Andalah yang berikutnya! 


    5. Lemparkan pertanyaan

    Cobalah untuk menanyakan hal yang berguna daripada hanya mendengarkan secara pasif. Pada dasarnya, prinsip ini juga mau tak mau akan menyemangati Anda untuk senantiasa memperhatikan topik meeting. 


    6. Catat dengan cara unik

    Ketimbang menguap terus, latih metode kreatif untuk menulis notula rapat. Misal, Anda bisa mencoret-coret sketsa daripada hanya merekamnya dalam bentuk paragraf. Contoh lain, gunakanlah kalimat yang berbeda dari biasanya.

    Alih-alih hanya menulis bahwa kolega Anda si Mawar yang akan melakukan supervisi terhadap desain poster minggu ini, rangkum jurnal hasil meeting dengan ungkapan aktif seperti: “Lampirkan desain poster pada surat elektronik untuk dikirimkan ke Mawar sebagai supervisor paling lambat besok.” No more boring texts and you will know what productive things to do next! 



     (Foto: Vgstockstudi/Shutterstock.com)








- RELATED ARTICLE -