• Cara Menjaga Keindahan Rambut di Musim Hujan

    Beauty / Tips


    Cara Menjaga Keindahan Rambut di Musim Hujan

    Untuk melindungi rambut dari udara lembap, lakukan beberapa langkah berikut ini agar rambut tetap prima.


    Hujan tidak hanya mempengaruhi mood dan pemilihan baju, namun juga kondisi rambut Anda seperti frizzy, lepek, dan kusut. Maka dari itu, Bazaar US berbincang dengan beberapa ahli penata rambut mengenai cara menghindari dan juga melawan masalah rambut di kala musim hujan agar Anda tidak perlu lagi mengalami bad hair day.

    1. Tambahkan volume rambut.
    Seorang direktur artistik di Trevor Sorbie, Tom Connell mengatakan, "Berikan volume dimulai dari akar hingga ujung rambut." Lalu, ia menambahkan, "Apabila rambut Anda sudah terlanjur lepek, perbaiki bagian akar untuk meraih rambut lebih tebal.

    Caranya, gunakan hairdryer pada bagian akar dan lakukan dengan kepala menunduk ke bawah agar rambut jatuh dan efek bervolume lebih mudah diraih." Pemilihan sisir juga akan mempengaruhi hasil akhir dari tatanan rambut, maka Tom menyarankan untuk memakai round brush yang berfungsi menambah volume rambut.

    Untuk mendapat hasil terbaik aplikasikan produk Redken Wind Blown Dry Hairspray pada seluruh rambut. Selain itu Bazaar juga menyukai Percy & Reed Big, Bold, and Beautiful Dry Instant Volumising Spray.

     

    Menggunakan dry shampoo juga akan memberikan efek tebal dan sehat secara instan. Michael Lendon, Creative Director dari Aveda Advanced memiliki produk favorit, "Apabila rambut Anda terlihat kusam aplikasikan produk Aveda berupa Shampure Dry Shampoo pada bagian akar untuk membuat kesan tebal," ujarnya. Bisa juga dengan menyemprotkan Oscar Blandi Pronto Dry Shampoo Spray.

     

    2. Persiapkan rambut sebaik mungkin.
    Sebagai penata rambut selebriti, Paul Edmonds memiliki tip untuk meraih rambut prima, "Saya selalu menyarankan klien agar memperlakukan rambut seperti kanvas kosong sebelum menata rambut." Kemudian ia menambahkan, "Anda perlu mengawali ritual dengan memakai sampo dan kondisioner seperti sampo dari L'Oréal Professionnel Liss Unlimited Shampoo."


    Dan apabila cuaca sedang tidak bagus, cegah rambut lepek dengan Kérastase L'Incroyable Blow Dry Lotion, karena produk ini dapat digunakan untuk menata rambut kapan saja.


    3. Jaga kelembapan rambut.
    Salah satu masalah rambut yang disebabkan oleh hujan adalah rambut menjadi keriting dan mengembang. Untuk hasil terbaik, awali menata rambut dengan mengaplikasikan Moroccanoil Treatment agar rambut tetap lembap.


    Apabila Anda memiliki rambut keriting atau rambut rusak karena heat styling atau pewarnaan, biasanya cenderung lebih mudah frizzy. Penata rambut selebriti dengan beragam penghargaan, Jason Collier mengatakan, "Rambut jenis itu memiliki kutikula yang sudah terbuka sehingga mempermudah penetrasi air ke dalam batang rambut."

    Bazaar juga merekomendasikan untuk memakai masker rambut dari Shiseido Professional The Hair Care Aqua Intensive Mask yang akan menjadikan rambut terhidrasi dengan baik. 


    4. Sisir rambut Anda, jangan disikat.
    Terjebak di tengah hujan tidak hanya menyebalkan namun juga membuat rambut basah sekaligus kusut. Jason menekankan, "Rambut basah cenderung mudah rusak dan patah dan ketika Anda terburu-buru maka akan lebih mudah memperparah kerusakan rambut dengan menyikatnya."

    Sebaiknya keringkan rambut dengan handuk secara perlahan sebelum menyisirnya dengan sisir bergigi jarang seperti sisir GHD Detangling Comb.


    Apabila rambut Anda memang mudah kusut, Creative Manager dari salon Charles Worthington, Katie Allan juga menyarankan untuk mengaplikasikan L'Oréal Professionnel Mythic Oil sebelum memakai sampo, tentunya demi rambut halus dan mudah diatur. Bisa juga dengan memakai Kiehl's Silk Groom Serum yang mampu melindungi rambut dari udara lembap serta menjaganya tetap berkilau.



    5. Langsung keringkan rambut setelah mandi dengan hairdryer.
    Tom menyarankan,"Apabila cuaca sangat mempengaruhi kondisi rambut Anda, lebih baik langsung keringkan rambut secepatnya setelah mandi. Rambut kusut biasanya mulai terbentuk sesaat setelah Anda selesai keramas. Dan semakin cepat Anda mengeringkan rambut, maka akan lebih mudah untuk menata rambut," ujarnya.

    Dan untuk menjadikan hasil blow-dry lebih tahan lama, Head of Education dari Pera|357, Corrine D'Souza merekomendasikan Anda untuk mencoba Triple Impact³. Menurut Corrine, "Rambut rapuh menyerap air, sehingga menyebabkan rambut hasil blow-dry mudah kehilangan bentuknya akibat cuaca lembap."


    Produk ini mampu menyerap tingkat kelembapan di musim hujan sehingga menjadikan rambut tertata rapih lebih lama. Selain itu, Anda juga bisa mencoba produk Living Proof Blowout Styling & Finishing Spray yang dapat mengunci tatanan rambut tetap awet namun terlihat natural.



    6. Aplikasikan masker rambut selama tidur.
    Paul membagikan tip untuk mendapatkan rambut bebas frizzy, "Agar rambut Anda tetap rapi dan lembut, lakukan perawatan di malam hari," ujarnya.

    Kalau Anda berencana mencuci rambut di pagi hari, cobalah Phyto Secret De Nuit Intense Hydration Regenerating Night Cream sebelum tidur. Produk ini akan mereparasi helai rambut Anda semalaman dan menjadikannya lebih halus serta sehat. Jangan lupa bilas rambut di pagi hari, namun jangan gunakan sampo.


    Di saat Anda sedang tidak ingin mencuci rambut, Michael menyarankan untuk mengoleskan Aveda Damage Remedy Daily Hair Repair sebelum tidur dan diamkan sampai pagi. Produk ini tidak perlu dibilas sehingga Anda bisa langsung menata rambut sebelum melakukan aktivitas selanjutnya.



    7. Bermainlah dengan tatanan rambut updo.
    Menurut Tom, "Ketika hujan di pagi hari, gaya rambut ponytail adalah cara terbaik untuk menjaganya tetap rapi," ujarnya. Sebelum menerapkan model rambut tersebut, semprotkan Ouai Texturising Hair Spray atau aplikasikan Tigi Bed Head After Party pada seluruh rambut agar rambut lebih rapi. Lalu gunakan sisir sasak atau tail comb ketika mengikat rambut demi meraih tatanan rambut sleek ponytail.


    Ketika cuaca sedang bersahabat, maka saatnya Anda untuk mencoba gaya rambut messy updo ala wanita Prancis. Jason merekomendasikan, kalau Anda memiliki rambut panjang, maka gaya rambut ala wanita Parisian tersebut cocok untuk dilakukan. Meskipun cuaca kemudian berubah buruk, tatanan ini akan memperlihatkan kesan messy namun tetap seksi. Pakailah Shu Uemura Kengo Feather agar tatanan rambut tersebut lebih tahan lama dalam segala kondisi cuaca.


     

    (Alih bahasa: Ardani Sesotyasari; Foto : Dok. Bazaar, Leonid and Anna Dedukh/Clickphotos/Shutterstock)








- RELATED ARTICLE -