• Kiat Terlihat Berkelas Dengan Harga Busana Terjangkau

    Fashion / Tips


    Kiat Terlihat Berkelas Dengan Harga Busana Terjangkau

    Harga terjangkau atribut Anda tidak harus membatasi gerak untuk terlihat berkelas dalam berpakaian.


    Sayangnya, tidak semua orang mampu untuk membeli pakaian rancangan desainer dari kepala hingga ujung kaki. Namun, hanya karena seluruh busana yang terdapat pada lemari Anda harganya sama jika dijumlahkan dengan sebuah blus Balenciaga saja, bukan berarti harus terlihat seperti itu. Simak 10 tips dan trik memanipulasi publik untuk berpikir bahwa busana dengan harga terjangkau Anda sama berharganya dengan produk-produk high-end tersebut.


    1. Jangan Membeli Item “It” Musim Ini. 

    Setiap tahun akan selalu ada atasan, terusan, coat, atau sepasang sepatu lansiran retailer high street yang berusaha menyaingi rancangan di panggung runway untuk menjadi item favorit setiap musim. Meskipun ada alasan dibalik kepopuleran item tersebut, semua orang pasti tahu darimana asal muasalnya. Hindari membeli produk ini karena Anda tidak dapat membohongi siapapun untuk berpikir bahwa itu adalah benda mahal (karena mereka kemungkinan juga mempunyai benda yang sama).


    2. Jauhi Material Yang Tidak Akan Terlihat Bagus Jika Digarap Pada Bahan Murah

    Renda, satin, dan kulit berbasis patent merupakan bahan yang bagus jika dikerjakan dengan presisi sedemikian rupa. Namun, anggapan bahwa pakaian akan terlihat murah jika tidak digarap dengan teknik pengerjaan yang benar akan selalu ada. Dibanding renda, pilihlah material transparan yang lebih simpel, ganti jaket kulit berbasis patent dengan denim berwarna gelap atau beli atasan berbahan katun dibanding kemeja berbahan satin yang cenderung terkesan murah. 


    3. Lupakan Ornamen Embellishment

    Sama halnya dengan tips sebelumnya, detail embellishment berlebih dapat terlihat indah dalam beberapa kasus, namun tidak ketika dilakukan dengan teknik pengerjaan yang tidak baik. Tidak ada yang dapat menandingi detail ornamen pada gaun Elie Saab, jadi jangan berusaha terlalu keras untuk mencapai hasil yang sama. Tidak ada yang lebih memalukan daripada mengenakan baju berornamen meriah dengan beberapa manik yang hilang. Lebih baik kenakan busana berpotongan simpel dengan palet vibran untuk menarik perhatian.


    4. Perhatikan Lapisan Dalam Busana

    Kecuali memang dirancang sebagai baju berdesain transparan, terlihatnya lapisan dalam dari pakaian Anda merupakan salah satu indikasi yang menyatakan bahwa pakaian Anda berharga murah. Maka, hindarilah membeli atasan, rok, atau terusan yang tidak mempunyai lapisan dalam yang bagus. Jika tidak yakin, coba kenakan pakaian tersebut di bawah cahaya matahari yang terang terlebih dahulu untuk mengetes tingkat transparansi sebelum memutuskan untuk membelinya. 


    5. Ingat, Warna Gelap Akan Memudar 

    Jika membeli pakaian berwarna gelap dengan harga terjangkau, jangan lupa bahwa warna gelap akan memudar secara berangsur. Sebaliknya, bila Anda memilih untuk membeli warna terang layaknya putih, cream, maupun warna pastel, perubahan warnanya tidak akan terlalu kentara.


    6. Jagalah Kondisi Pakaian, Berapapun Harganya

    Kancing yang hilang, benang kendur, dan sepatu penuh baretan seolah menekankan dengan jelas betapa terjangkaunya harga produk yang Anda kenakan. Tentu saja Anda tidak akan merusak loafers Gucci kesayangan, menjahit kembali kancing yang hilang pada blazer Dior, dan melakukan apapun untuk menghilangkan noda yang terdapat pada sweter kasmir favorit Anda. Sama saja dengan pakaian berharga terjangkau. Bila Anda menunjukan perhatian yang sama pada barang-barang tersebut, kondisi mereka akan terlihat sama primanya dan durabilitasnya akan lebih terjamin.


    7. Jauhilah Bahan Yang Mudah Meregang

    Apabila membeli sepotong celana jins -sekaligus membohongi orang sekitar bahwa Anda membelinya dengan harga dua kali lipat- hindarilah membeli tipe jegging atau jins legging. Belilah jeans berpotongan lurus yang tidak terlihat terlalu trendy namun juga tidak akan meregang mengikuti bentuk tubuh. Jins berwarna gelap juga bisa menjadi opsi, kendati palet tersebut cenderung memberikan kesan mahal pada tampilan. Namun seperti yang kami katakan sebelumnya, ingatlah bawa warna gelap akan memudar dengan mudah. 


    8. Kenakan Perhiasan Sesimpel Mungkin

    Ketika harus menggunakan berlian artifisial, kenakanlah model yang paling simpel yang dapat Anda temukan. Mungkin perhiasan emas berukuran besar atau berornamen batu sedang menjadi tren, namun tidak ada yang akan percaya bahwa yang Anda kenakan adalah lansiran desainer aksesori premium, Harry Winston. Maka itu, rekomendasi Bazaar adalah untuk tetap terlihat sederhana dan klasik sewajarnya sesuai harga aksesori yang Anda miliki. 


    9. Lupakan Tas Berstruktur Longgar

    Ketika membeli tas dengan harga terjangkau, alangkah baiknya untuk memilih tas dengan struktur kokoh untuk menghindari penurunan kondisi dalam waktu singkat. Maka, pertimbangkan tas bermodel satchel atau boxy dibanding tas jinjing bersiluet longgar. 


    10. Jangan Beli Barang Palsu

    Aturan paling penting yang harus diingat adalah untuk menipu pencinta fashion lainnya dengan menjadi autentik, maka itu jauhilah barang palsu rancangan desainer. Meski retailer high street acap kali sukses memproduksi duplikat atau tiruan yang bagus dari rancangan desainer tersebut, produk tersebut tetap tidak akan terlihat sama dengan desain aslinya dan Anda tidak dapat membohongi siapapun. Dibanding memilih barang duplikat yang persis dengan rancangan asli pada panggung runway, carilah inspirasi tren dengan cara yang jauh lebih cerdas. 


    Artikel ini disadur dari Harper's Bazaar UK

    (Foto: Getty Images. Alih Bahasa: Arinta Wirasto)








- RELATED ARTICLE -