• Langkah Alami Mencegah Stretch Mark Ketika Hamil

    Beauty / Tips


    Langkah Alami Mencegah Stretch Mark Ketika Hamil

    Lakukan perawatan alami berikut ini untuk mencegah datangnya stretch mark saat hamil.


    Hampir semua wanita yang sedang mengandung umumnya mempunyai keluhan akan hadirnya stretch mark pada bagian tubuh mereka akibat bertambahnya berat badan secara instan. Dan sebagai area yang membesar secara signifikan, sudah sewajarnya timbul stretch mark pada bagian perut.

    Selain itu paha, pinggul, serta bokong juga kerap mengalami stretch mark. Ditambah lagi perubahan hormon juga berperan besar terhadap timbulnya stretch mark. Gejalanya akan diawali dengan rasa gatal, kemerahan, bahkan perih, baru kemudian akan timbul goresan-goresan.

    Meskipun tidak berbahaya, namun banyak wanita yang merasa penampilannya tidak lagi sempurna akibat stretch mark. Untuk itu, Bazaar merangkum beberapa metode perawatan anti stretch mark alami yang dapat Anda aplikasikan di rumah:

    1. Penggunaan minyak
    Sudah tidak terhitung produk-produk kecantikan yang menawarkan minyak penghilang stretch mark. Namun Anda bisa memakai bahan alami yang lebih aman karena kulit wanita hamil pada umumnya lebih sensitif dan rentan terhadap reaksi alergi.

    Rekomendasi Bazaar:

    - Minyak zaitun yang mudah didapatkan di supermarket, sudah terkenal akan khasiatnya dalam mencegah dan mengurangi tampilan stretch mark. Minyak zaitun bekerja dengan cara mengeksfoliasi serta melembapkan kulit Anda.

    Caranya pun mudah, cukup oleskan pada bagian perut, paha, dan bokong setiap hari, pijat perlahan dan diamkan selama 5 menit, baru kemudian basuh dengan air hangat. Anda juga bisa mencampurkan cuka apel untuk dijadikan perawatan malam hari sebelum tidur, dan bersihkan di pagi hari ketika mandi.

    - Sejak lama minyak kelapa digunakan untuk menutrisi kulit dan mampu melawan dampak radikal bebas karena minyak ini tidak mudah teroksidasi.

    Anda dapat mengaplikasikan minyak kelapa sesudah mandi untuk mengunci unsur pelembap pada sabun dan menjaga tubuh terutama perut tetap halus.

    - Essential oils alias ekstrak minyak atsiri dapat Anda tambahkan beberapa tetes pada minyak-minyak di atas untuk menambah manfaat. Seperti lavender essential oil untuk merejuvenasi lapisan kulit yang rentan terhadap stretch mark.

    Lalu neroli essential oil yang berasal dari kelompok citrus berfungsi untuk merestorasi dan mengencangkan kulit kendur. Apabila rutin digunakan, ekstrak neroli ini ampuh mencegah stretch mark bahkan menghilangkan yang sudah ada. Selanjutnya geranium essential oil yang dapat meningkatkan produksi kolagen serta membantu elastisitas kulit, sehingga stretch mark dapat dicegah.


    2. Gel lidah buaya, umumnya bisa ditemukan di supermarket dan Anda cukup keruk bagian lendirnya untuk dijadikan gel. Gel lidah buaya dapat meredakan rasa gatal atau perih pada kulit dengan efek cooling. Oleskan pada bagian tubuh yang diinginkan dan diamkan selama satu jam, baru kemudian dibilas dengan air hangat.


    3. Shea butter atau cocoa butter, terkenal sebagai pelembap yang memberikan hidrasi secara maksimal dan menjaga kulit tetap halus. Pada intinya, stretch mark mudah muncul apabila kulit Anda kering, maka lindungi kulit dengan mengoleskan shea butter atau cocoa butter setelah mandi atau setelah mengaplikasikan bahan-bahan alami di atas.

    4. Selain merawat kulit, konsumsilah gelatin yang berasal dari kaldu tulang. Gelatin terkenal dapat meningkatkan produksi kolagen yang sangat berguna bagi kesehatan kulit. Anda bisa menjadikan gelatin dalam bentuk sup, saus, ataupun diminum langsung.

    5. Dari semuanya, tentu saja minum air putih yang cukup adalah hal terpenting. Apalagi bagi wanita hamil, kebutuhan hidrasi bagi tubuh menjadi lebih tinggi. Idealnya Anda diharuskan mengonsumsi 8-12 gelas air putih demi menjaga kesehatan kulit sekaligus tubuh dan tentu saja sang bayi dalam kandungan.

    Meskipun langkah-langkah tersebut adalah natural dan aman bagi wanita hamil, sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter kandungan sebelum mencobanya. Dan perlu diingat, metode-metode tersebut perlu dilakukan secara rutin walaupun hasilnya nanti tidak terasa secara instan namun perlahan. Lebih baik lagi kalau Anda mulai melakukan perawatan dari awal kehamilan agar dapat meminimalisir munculnya stretch mark.

    Baca juga:

    Pilihan Studio untuk Yoga Hamil di Jakarta

    Perawatan Tepat Bagi Kulit Kering dan Sensitif



    (Foto : Maya Kruchankova/Clickphotos/Shutterstock)








- RELATED ARTICLE -