• 8 Tips Untuk Menjadi Pencinta Kopi

    Culture / News


    8 Tips Untuk Menjadi Pencinta Kopi

    Pelajari tentang kopi secara mendalam sebelum menyatakan diri sebagai pencinta kafein lewat kurasi tips di bawah ini.


    Jangan mengaku sebagai pencinta kafein jika belum mengetahui apakah Anda benar-benar mendapat suguhan kopi terbaik. Kami berbicara dengan Jeffrey Young, penemu dari London Coffee Festival, untuk mengetahui bagaimana cara menjadi pencinta kopi dalam semalam serta mendapat beberapa tips untuk membuat kopi secara profesional di rumah Anda sendiri


    1. Simpan Kopi di Tempat Gelap dan Lembap, Jangan di Kulkas




    Ini akan mempertahankan kadar kelembapan serta mencegah kopi menjadi kering.


    2. Gunakan Air Mineral Kemasan Dalam Proses Pembuatan

    Air mineral kemasan dapat membantu mempertahankan kejernihan kopi dan menyerap rasa berlebih dari ekstrak yang terdapat selama proses pembuatan.


    3. Berikan Perhatian Lebih Pada Kualitas Kopi

    Usahakan untuk menggunakan biji kopi yang baru dipanggang dalam waktu sedekat mungkin. Semakin baru biji kopi tersebut, semakin segar kualitasnya dan ini akan berpengaruh pada kenikmatan segelas kopi yang dihasilkan. Perhatikan pada tanggal ekspirasi yang terdapat di kemasan biji kopi ketika membeli.


    4. Belilah Biji Kopi Yang Belum Diolah Dibanding Membeli Satu Kemasan Kopi Bubuk

    Namun, pastikan untuk membeli varian yang tepat untuk metode pembuatan kopi yang Anda pilih. Beberapa teknik membutuhkan coarse atau alat tumbuk berkualitas tinggi. Pembuatan kopi pun harus dilakukan dengan biji kopi yang segar. Anda juga dapat menggunakan mesin penggiling tradisional untuk menumbuk. Hasilnya akan berbeda dengan kopi yang dibuat di pagi hari dan pastikan untuk menggarap partikel yang seimbang dalam setiap proses ekstraksi.


    5. Temukan Metode Membuat Kopi Yang Cocok

    Banyak cara untuk membuat kopi dan masing-masing cara dapat menghasilkan rasa berbeda. Espresso dan Kopi Prancis mungkin adalah salah satu contoh klasik, namun belakangan ini beberapa metode baru seperti AeroPress dan V60 mulai diperkenalkan kepada para pencinta kopi. Keduanya menghasilkan rasa kopi yang sempurna untuk dinikmati kapan saja serta benar-benar mengeluarkan rasa asli dari biji kopi asli.



    6. Lakukan Percobaan

    Jika ingin menjadi pencinta kopi sesungguhnya, belilah buku agenda kecil dan letakkan di sebelah mesin kopi sehingga Anda dapat mempunyai catatan atas mana metode pembuatan yang telah Anda coba dan mana saja yang terpikir untuk dilakukan selanjutnya.


    7. Kunjungi Beberapa Tempat Untuk Menemukan Biji Kopi Favorit

    Kebanyakan kedai kopi akan menjual kemasan kopi yang digunakan dalam espresso mereka, Anda mungkin harus bertanya untuk mendapat jawaban ini. Kemasan kopi ini biasanya dijual dalam wujud biji kopi jadi pastikan untuk meminta mereka menggilingnya terlebih dahulu jika Anda tidak mempunyai mesin penggiling sendiri. 


    8. Perhatikan Dari Mana Asal Kopi Anda

    Asal muasal kopi yang Anda minum akan terlihat mencolok tahun ini ketika konsumen tengah mencari kopi favorit mereka. Hal ini sama dengan ketertarikan orang pada anggur dibalik wine favorit mereka. Para konsumen mempunyai rasa penasaran yang sama akan biji kopi apa dibalik kopi flat white favorit mereka. Dengan kopi yang ditanam di berbagai belahan dunia atau dikenal sebagai daerah penghasil kopi, kombinasi berbeda dapat ditemukan dalam setiap varian. 

    Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengerti karakteristik dari tiga area tersebut. 

    -Amerika Latin – berwarna cerah dan mempunyai kadar asam yang tinggi, kopi yang berasal dari Amerika latin cenderung mempunyai tubuh yang lebih rendah dibanding belahan dunia lainnya

    -Afrika dan Arabia – kopi yang berasal dari kedua area ini mempunyai ukuran tubuh medium dan mempunyai sedikit rasa buah-buahan atau seperti perkebunan bunga. Kopi dari daerah ini juga merupakan kopi tertua di seluruh dunia.

    -Asia Pasifik – kopi berukuran penuh dengan aroma pekat seperti ramuan dan rempah-rempah. 


    (Artikel ini disadur dari harpersbazaar.co.uk. Alih bahasa: Arinta Wirasto)

    Foto: Getty Images










- RELATED ARTICLE -