• Jelajah Jepang ala Nicoline Patricia

    Culture / Tips


    Jelajah Jepang ala Nicoline Patricia

    Bagi Anda yang akan berlibur ke Jepang dalam waktu dekat ini, berikut rekomendasinya.


    Setiap tahunnya, pekan Cherry Blossom yang tengah berlangsung di Jepang, menjadi daya tarik utama bagi turis dari penjuru dunia. Bila negara sakura ini menjadi salah satu destinasi tujuan Anda bulan ini, berikut adalah sederetan tempat seru rekomendasi fotografer fashion Nicoline Patricia yang sayang untuk dilewatkan selama keberadaan Anda di sana.

    TOKYO

    Tidak salah bila kota ini dinobatkan menjadi pusat kota urban berkat keragaman kultur yang terjadi di dalamnya. Berikut adalah daftar beberapa spot seru yang tersebar di beberapa distrik utamanya.

    Shibuya

    1. Ragtag: Jangan remehkan toko yang menjual item secondhand ini. Anda dapat menemukan berbagai item label fashion atau desainer dari season terdahulu yang dijual dengan harga bersaing dalam keadaan yang sangat layak.
    2. Tokyu Hands: Department store yang menjual berbagai produk unik dari material berkualitas buatan Jepang. Sangat cocok untuk Anda yang menyukai kerajinan tangan atau kegiatan DIY (Do It Yourself).  
    3. Book Off: Toko buku tiga lantai ini bukanlah toko buku biasa. Anda dapat menemukan ragam buku lansiran terbaru, hingga koleksi buku dan majalah vintage dengan kondisi apik dan harga yang murah.
    4. JBS Bar (Jazz Blues Soul Bar): Surga khususnya untuk pencinta vinyl. Area yang tidak terlalu besar, namun memiliki kesan hangat berkat interior yang didominasi oleh elemen kayu, dan tentunya ditemani dengan sederetan piringan hitam musisi favorit dari masa ke masa.
    5. Mandarake: Hanya berjarak 5 menit dari pintu keluar stasiun JR Hachiko Shibuya, Mandarake ditujukan bagi Anda penggemar Anime/Manga Jepang.

    Harajuku 

    1. Takeshita Dori: merupakan pusat gaya urban anak muda Jepang yang kerap menobatkan diri mereka sebagai the Harajuku-ers.  
    2. Yoyogi Park: Khususnya di hari Minggu sore, sempatkan diri Anda untuk berkunjung ke area Yoyogi Park untuk menyaksikan aksi nostalgia dari geng Elvis lengkap dengan atribut jaket kulit dan jambul tinggi sarat nuansa Rock 'n Roll tahun 1980-an. Siapkan pula kostum terbaik Anda, karena taman ini merupakan spot hang-out untuk peserta cosplay dengan dandanan terbaik mereka. Tanpa batasan usia maupun gender, area ini menjadi area bebas untuk Anda berekspresi dan berkesperimen terhadap mode maupun gaya busana yang dikenakan.

    Ginza

    1. Loft: Hanya berjarak satu menit dari pintu exit stasiun Yurakucho, Loft merupakan pusat stationary terbesar di Jepang. 
    2. Dover Street Market: Toko berkonsep yang menjajakan item fashion dari desainer dan label kenamaan yang telah terkurasi secara cermat.


    Baca juga: 10 Oleh-oleh Khas Jepang yang Wajib Anda Beli


    Daikanyama

    1. Tsutaya Bookstore: Area modern ini memiliki deretan referensi buku, musik, dan film dari berbagai subjek. Berkat desain interior yang luas,  Anda pun bisa membaca buku dengan tenang sembari menikmati koktail pilihan dalam nuansa elegan.  

    Aoyama

    1. Cafe Kitsune: Menikmati kopi racikan barista Jepang yang mendapat training langsung oleh Eiichi Kunitomo dari Omotesando Koffee, dengan suasana otentik Jepang dan lokasi strategis yang bersebelahan dengan butik Maison Kitsune.
    2. Muji: Merupakan gerai Muji pertama di Jepang yang berdiri sejak tahun 1983. Varian produk lansiran Muji seperti pakaian, homeware, stationary, dan makanan, dapat ditemukan di tempat ini.

    Shimokitazawa

    Area dengan jajaran butik desainer maupun label lokal ini sekaligus menjadi area hip untuk kalangan anak muda Jepang. Klik di sini untuk guide seputar Shimokitazawa.

     

    KYOTO

    Berbeda dengan nuansa metropolis Tokyo, kota ini memiliki memiliki karakter konvensional yang sarat kebudayaan.

    1. Gion: merupakan area tempat tinggal Geisha. Pastikan Anda mengabadikan sosok Geisha dalam balutan kimono ragam motif lengkap dengan riasan wajah dan aksesorinya. 
    2. Teramachi & Shinkyogokou: area shopping utama dan terbesar di kota Kyoto.
    3. Kinkakuji Temple: Terdapat kedai-kedai kecil yang menjual jajanan lokal dengan kemasan menggemaskan di sepanjang perjalanan menuju area utama kuil terbesar di Kyoto.
    4. Arashiyama: Hutan bambu dengan suasana zen yang menghanyutkan.
    5. Fushimi Inari: Bila Anda penggemar film Memoirs of Geisha, situs ini pasti tidak akan terasa asing lagi. Jajaran pilar shrine dengan warna oranye di sepanjang sisi bukit menuju ke atas kuil. 
    6. Nishiki Market: Pasar tradisional yang sudah berusia lebih dari empat abad ini merupakan pusat kuliner makanan lokal Jepang.

     

    NAOSHIMA

    Akses termudah untuk mencapai Naoshima adalah melalui Osaka, dengan menggunakan shinkansen menuju Okayama. Pulau kecil dan sunyi ini diperuntukan khususnya bagi Anda yang memiliki ketertarikan besar terhadap seni kontemporer dari seniman Jepang seperti Yayoi Kusama dan Tadao Ando. Klik di sini untuk guide Naoshima Island.


    (Veronica Arviana. Foto: Courtesy of Instagram Nicoline Patricia Malina)








- RELATED ARTICLE -