Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Hotel-Hotel Ramah Lingkungan di Indonesia

Berbeda dengan penginapan biasa, hotel-hotel ini turut mendukung pelestarian lingkungan

Hotel-Hotel Ramah Lingkungan di Indonesia
Alila Villas Uluwatu

Butuh akomodasi saat berlibur ke luar kota? Berbeda dengan penginapan pada biasanya yang dekat dengan kesan membuang-buang sumber daya, hotel-hotel pilihan Bazaar di bawah ini memiliki prinsip eco-friendly. Sambil bermalam, Anda pun bisa ikut memahami pentingnya pelestarian lingkungan.

1. Alila Villas Uluwatu, Bali
Merupakan penginapan pertama yang mendapatkan sertifikasi ESD (Enviromentally Sustainable Design), resor yang pernah diinapi oleh Hugh Jackman ini setia menggunakan material bangunan yang banyak berasal dari Bali dan Jawa untuk mewujudkan kearifan lokal. (baca lebih lengkap tentang hotel ini di sini.)

2. Hotel Borobudur, Jakarta
Pernah dinobatkan sebagai hotel 'terhijau' se-Asia Tenggara, Hotel Borobudur senantiasa menghindari pemborosan energi melalui proses daur ulang air dan penggunaan lampu LED untuk menggantikan bohlam. (baca lebih lengkap tentang hotel ini di sini.)

3. Greenhost Boutique Hotel, Yogyakarta
Saat menyusuri koridornya, pengunjung sudah dibuat kagum dengan selubung ruang dari tanaman hijau yang ditanam pada pipa. Di lantai atas, terdapat lahan pertanian sederhana yang dibiakkan secara hidroponik. Sedangkan beberapa mebel dari kayu bekas tampak apik menghias kamar tidur. (baca lebih lengkap tentang hotel ini di sini.)

4. The Dharmawangsa, Jakarta
Penginapan bergaya tropis ini memakai sistem tadah hujan yang diolah untuk mengisi kolam, mencuci mobil, menyiram tanaman, dan lain-lain. Jendelanya pun dirancang dengan lebar agar udara dan cahaya matahari dapat masuk dengan leluasa, sedemikian rupa hingga pada akhirnya hotel ini mampu menghemat biaya operasional hingga 50% tanpa menyampingkan estetika. (baca lebih lengkap tentang hotel ini di sini.)

 

(Melur Pinilih. Foto: Courtesy of Design Hotels, Hotel Borobudur, Greenhost Boutique Hotel, The Dharmawangsa)