• 4 Kuil Spektakuler untuk Wisata Spiritual

    Culture / News


    4 Kuil Spektakuler untuk Wisata Spiritual

    Berpergian ke kuil dan candi yang sarat pesan budaya semakin menjaring banyak peminat.


    Pelesir ke kuil-kuil yang sarat akan pesan budaya kian lama kian menjaring banyak peminat. Ingin mencobanya? Tempat-tempat berikut layak dijadikan destinasi kultural demi memperkaya jiwa.

    1. Varanasi, India
    Varanasi sebetulnya bukanlah kuil, melainkan sebuah kota tua di mana Anda bisa menemukan kuil di setiap sudutnya. Distrik ini terletak tepat di tepian Sungai Gangga yang terkenal sakral sehingga banyak digunakan rakyatnya sebagai pemandian karena dianggap dapat membasuh dosa.

    2. Potala Palace, Tibet
    Dahulu, tempat ini dikenal sebagai kediaman Dalai Lama sebelum akhirnya hijrah ke India pada tahun 1959. Kuil yang arsitekturnya menyerupai benteng ini berdiri pada ketinggian 3.700 meter, tepatnya di atas bukit Marpori yang dianggap sebagai salah satu dari “Three Protectors of Tibet”.




    3. Wat Rong Khun, Thailand
    Kuil yang hampir seluruhnya berwarna putih ini terdiri dari beberapa bagian yang masing-masing memiliki filosofinya sendiri. Pada dinding bangunan utama yang disebut pula dengan ubosot, terdapat lukisan warna-warni yang melibatkan tokoh serta peristiwa dari abad moderen seperti Doraemon, Spiderman, dan bahkan tragedi 11 September.

    4. Candi Prambanan, Indonesia
    Merupakan kuil peninggalan agama Hindu yang terbesar di Indonesia, candi yang juga disebut dengan Candi Roro Jonggrang ini selalu menarik untuk disaksikan terlebih jika mendengar kisah-kisah di balik arca ataupun reliefnya. Momen paling mengesankan saat mengunjungi Candi Prambanan adalah ketika sendratari Ramayana dipentaskan saat malam.


     

    (Melur Pinilih. Foto: Instagram @muradosmann, Courtesy of Alberto Lalas, Pinterest RoadLess Andy, Ilustrasi Sir Thomas Raffles)










- RELATED ARTICLE -