• Aksi Panggung Terbaru Teater Koma

    Culture / News


    Aksi Panggung Terbaru Teater Koma


    Dikenal sebagai kelompok teater yang selalu konsisten menampilkan pertunjukan yang kritis dan menggelitik, Teater Koma kini hadir dengan re-make dari lakon Semar Gugat, yang sebelumnya telah dipentaskan pada 1995. Lakon Semar Gugat versi 2016, yang didukung oleh Djarum Apresiasi Budaya, dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta mulai tanggal 3-10 Maret 2016.

    Semar Gugat merupakan cerita teater karya N. Riantiarno sebagai salah satu pendiri Teater Koma. Kisah yang berpusat di salah satu karakter Punakawan, Semar, bercerita tentang konflik di Kerajaan Amarta, akibat permintaan Srikandi yang hendak dinikahi oleh Arjuna, asalkan kekasihnya itu mau memotong kuncung (jambul) Semar. Bagi Semar yang setia pada Arjuna, ini adalah sebuah penghinaan. Semar yang marah kemudian siap adu sakti dengan Arjuna, Srikandi, bahkan sosok jahat Betari Permoni yang menjadi dalang dari semua permasalahan ini.

    Di tahun 1995, Semar Gugat berhasil mengantarkan sang penulis, N. Riantiarno dianugerahi South East Asia Writers 1998 di Thailand. Karena selain kisah yang kreatif, Semar Gugat bukan sekedar aksi teater, melainkan bentuk penyampaian kritik sosial, dengan presentasi yang lebih atraktif.





    (Daniar Cikita. Foto: Courtesy of Teater Koma)










- RELATED ARTICLE -