• Tiga Kompetisi Menyanyi Paling Ternama

    Culture / News


    Tiga Kompetisi Menyanyi Paling Ternama


    Drama mungkin penting dalam siaran televisi, namun tentu misi utama dari sebuah kompetisi adalah mencari pemenang. Berikut ini adalah tiga kompetisi menyanyi yang fokus mencari pemenang namun dibumbui drama.

    American Idol
    11 tahun dan 12 musim bukan waktu yang singkat untuk sebuah produksi annual siaran televisi. American Idol merupakan salah satu ajang pencarian bakat yang paling lama dan masih eksis hingga saat ini. Kelahiran American Idol mulai merubah sudut pandang seorang penyanyi. Biasanya para penyanyi butuh waktu lama untuk bisa dikenal oleh khalayak, namun dengan adanya acara ini ungkapan "from zero to hero" menjadi motivasi para penyanyi baru untuk mendapatkan ketenaran dengan cara kilat. Musim pertama American Idol dimenangkan oleh Kelly Clarkson yang kini sukses mendapat banyak Grammy Awards dari tahun-tahun tertentu. Selain Kelly, alumni American Idol yang berhasil mencapai puncak ketenaran dan sering mendapat penghargaan-penghargaan bergengsi musik adalah Carrie Underwood, Jennifer Hudson, Adam Lambert, David Archuletta, Katherine McPee dan Phillip Phillips. Selain itu juri yang ditunjuk untuk American Idol pun sudah berganti-ganti sejak musim pertama hingga musim ke-12 ini. Beberapa nama juri yang tentu kita kenal adalah Simon Cowell, Paula Abdul, Ellen DeGeneres, Jennifer Lopez, dan Steven Tyler. Musim ini American Idol menggandeng legenda ballad, Mariah Carey, rap sensation, Nicki Minaj, country star, Keith Urban untuk menemani Randy Jackson, juri yang masih bertahan sejak musim pertama, menjadi juri American Idol musim kali ini.

    X Factor
    Walau penonton Amerika lebih mengenal Simon Cowell sebagai juri American Idol, sebenarnya Simon adalah pembuat ajang pencarian suara X Factor di Inggris. Tidak terlalu berbeda dengan American Idol, X Factor juga menggunakan sistem polling sms dari penonton untuk menentukan juaranya, bedanya para juri memilih untuk memberikan arahan atau bisa disebut menjadi coach bagi para peserta. Selain itu American Idol adalah ajang menyanyi untuk perorangan sedangkan di X Factor kompetisi untuk soloist, berdua ataupun grup vokal. Beberapa alumni X Factor yang sukses adalah One Direction, Leona Lewis, Olly Murs, Shayne Ward dan Alexandra Burke. Beberapa juri yang diajak adalah selebriti seperti Britney Spears, Demi Lovato, Kelly Rowland, Cheryl Cole dan Nicole Scherzinger.

    The Voice
    Berbeda lagi dengan American Idol dan X Factor, The Voice adalah 100% lomba suara. Bagaimana tidak, sistem penjurian pada The Voice menggunakan sistem blind choice dimana para juri harus memilih peserta dari hanya suara saja tanpa harus melihat penampilan orangnya terlebih dahulu. Para juri juga akan menjadi pelatih bagi para peserta para juri akan memiliki team yang nantinya akan di pertandingkan dengan team dari juri lain. Christina Aguilera, Adam Levine, Ceelo Green, Shakira dan Usher pernah menduduki kursi juri plus coach untuk acara yang sudah hadir 4 musim ini. Walau para pemenang dari acara ini belum ada yang mencapai puncak ketenaran namun kualitas para peserta tentu tidak perlu diragukan lagi.

    (Gheofanny Tambunan, Photo Credit: Dok. Bazaar)

     








- RELATED ARTICLE -