• Olimpiade Tokyo Terancam Dibatalkan Karena Virus Corona

    Culture / News


    Olimpiade Tokyo Terancam Dibatalkan Karena Virus Corona

    "Anda tidak bisa menunda sesuatu untuk ukuran dan skala seperti Olimpiade."


    Dengan Pertandingan Olimpiade Tokyo 2020 yang hanya tinggal 148 hari lagi, nasib acara ini terancam karena virus corona mulai menyebar ke seluruh dunia.

    Dick Pound, anggota senior dari Komite Olimpiade Internasional (IOC), mengatakan bahwa jika terbukti terlalu berbahaya untuk mengadakan Olimpiade di Tokyo musim panas ini, maka penyelenggara kemungkinan besar akan membatalkannya.

    Keputusan ini akan dibuat pada bulan Mei, karena otoritas olahraga berencana untuk memantau penyebaran virus.




    Saat ini, virus tersebut telah merenggut lebih dari 2.700 nyawa dan menginfeksi lebih dari 80.000 orang di 41 negara dan wilayah.

    Dalam sebuah wawancara dengan Press Association, Dick mengatakan: "Di dalam dan sekitar waktu itu, saya akan mengatakan bahwa orang-orang akan bertanya: Apakah ini cukup terkendali sehingga kita dapat yakin untuk tetap pergi ke Tokyo atau tidak?"

    Ia melanjutkan: "Banyak hal yang mulai terjadi. Anda harus mulai meningkatkan keamanan, makanan, Desa Olimpiade, hotel Anda. Orang-orang media akan berada di sana dan membangun studio mereka."



    Jika IOC memutuskan bahwa permainan tidak dapat berjalan sesuai jadwal, Dick mengatakan, "Anda mungkin akan melihat acara ini dibatalkan. Karena Anda tidak mungkin menunda sesuatu untuk ukuran dan skala sebesar Olimpiade."

    "Ada begitu banyak bagian yang bergerak, begitu banyak negara dan musim yang berbeda, musim kompetisi, dan musim televisi. Anda tidak bisa hanya mengatakan, 'Kami akan melakukannya pada bulan Oktober.'"

    Dick melanjutkan untuk bahwa merelokasi permainan tidak akan menjadi pilihan baik karena ada "beberapa tempat di dunia yang tidak dapat mempersiapkan fasilitas dalam waktu singkat."

    Chiba, kota di utara Tokyo (yang dijadwalkan menjadi tuan rumah taekwondo Olimpiade, pagar, gulat, dan selancar, serta empat acara Paralimpiade) baru saja mengonfirmasi tiga kasus virus corona baru.

    Acara olahraga lainnya di Jepang telah dibatalkan karena wabah.


    J-League telah menunda semua pertandingan hingga 15 Maret dan Tokyo Marathon akhir pekan ini dibatasi hanya untuk pelari elite.



    Pertandingan Olimpiade, yang dimulai pada tahun 1869, hanya pernah dibatalkan saat masa Perang, dengan Olimpiade Rio 2016 di Brasil berjalan sesuai jadwal meskipun ada wabah virus Zika.

    Dick akhirnya mendorong atlet untuk terus berlatih saat ia mengatakan:

    "Sejauh yang kita semua tahu, Anda akan berada di Tokyo. Semua indikasi pada tahap ini bahwa itu akan menjadi bisnis seperti biasa. Jadi tetap fokus pada olahraga Anda dan pastikan bahwa IOC tidak akan mengirim Anda ke situasi pandemi. "




    (Penulis: Charlotte Daly; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)









- RELATED ARTICLE -