• Kunjungi 20 Pulau Terindah di Yunani Untuk Liburan Tahun Ini

    Culture / News


    Kunjungi 20 Pulau Terindah di Yunani Untuk Liburan Tahun Ini

    Mulai dari Corfu hingga Symi, inilah pulau-pulau terbaik di Yunani yang tidak boleh Anda lewatkan.


    Pulau-pulau terbaik di Yunani dihiasi dengan lautan biru, rumah-rumah berwarna putih, dan pantai. Artikel ini adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mencoba berkunjung ke pulau demi pulau di Yunani atau tengah mencari destinasi yang tepat bersama pasangan, keluarga, atau wisata kuliner.

    Kami telah memilih 20 pulau paling cantik untuk dijelajahi tahun ini, mulai dari yang terletak di dekat Athena hingga pulau terbesar di Yunani yang menawarkan aktivitas-aktivitas untuk meramaikan liburan Anda selama dua minggu.

    Dalam daftar kami Anda akan menemukan Santorini, Mykonos, dan Rhodes sebagai contoh dari beberapa pulau yang paling populer untuk dikunjungi selama liburan di sana. Namun, Anda sebaiknya juga tidak melewatkan hidden gems Yunani seperti Sifnos dan Astypalaia.




    Negara yang letaknya tidak sulit dijangkau dari Inggris ini menawarkan hangatnya sinar matahari, hamparan lautan, dan pantai untuk membangkitkan nuansa liburan klasik. Bukan hanya itu, Yunani juga memberikan banyak pilihan lain seperti makanan yang lezat, sejarah, dan budaya Mediterania yang santai, sehingga tidak mengejutkan bila hampir tiga juta orang Inggris datang ke sini setiap tahunnya.

    Berikut ini adalah tempat-tempat pilihan kami yang bisa Anda kunjungi untuk liburan di tahun 2020.


    1. Corfu – Pulau terbaik di Yunani bagi penggemar The Durrells


    Mendapatkan pengaruh dari masa kepemimpinan Venesia, Prancis, dan Inggris di masa lampau, Corfu menyimpan sejarahnya dan memiliki pantai yang paling cantik di Yunani bernama Paleokastritsa. Salah satu bagian dari Kepulauan Ionian ini juga menjadi tempat tinggal selama empat tahun bagi keluarga Durrell yang terkenal di serial televisi ITV berjudul The Durrells. Penontonnya diajak untuk menikmati lokasi-lokasi yang menarik mulai dari Kepulauan Mouse hingga Corfu Town.


    2. Santorini – Destinasi terbaik bagi para pasangan


    Tak perlu panjang lebar, pulau yang paling romantis di Yunani ini sudah sangat terkenal sebagai lokasi vakansi, bulan madu, dan pernikahan. Bagian dari Kepulauan Cyclade ini memiliki panorama gunung vulkanis memukau yang dulu pernah mengalami erupsi di abad ke-16. Anda bisa menyaksikan salah satu pemandangan sunset terbaik di dunia di sini. Matahari tenggelam dan menyinari pantai berpasir merah, hitam, dan hijau, terlihat kontras dengan rumah-rumah bergaya Cycladic berwarna putih yang menghadap laut Aegean biru.


    3. Kefalonia – Pulau terbaik bagi Anda yang aktif


    Dengan pesona pantai-pantai tersembunyi, suasana yang santai, dan pemandangan yang menakjubkan, Kefalonia adalah salah satu pulau terbaik bagi pasangan-pasangan yang lebih tua. Tempat yang pernah menjadi lokasi film Captain Corelli’s Mandolin dari novelis Louis de Bernière ini begitu tenang dan sepi, juga merupakan lokasi yang tepat bagi Anda yang ingin mendaki gunung, kayaking, dan melakukan aktivitas kebugaran. Aroma pinus, pohon cemara, dan pohon zaitun akan memanjakan Anda selama berlibur. Saat mengunjungi Argostoli di malam hari, Anda bisa saja bertemu dengan sekelompok orang-orang lokal yang bernyanyi diiringi dengan irama mandolin.


    4. Crete – Pulau terbaik untuk liburan panjang


    Pulau terbesar di Yunani ini cocok bagi Anda yang ingin bertamasya selama dua minggu. Banyak hal yang bisa membuat Anda terhibur selama berada di sini, seperti menjelajah pantai-pantai cantik, menikmati hidangan-hidangan yang super lezat, atau mengunjungi kota-kota yang menawan seperti Chania dan Elounda. Tidak berhenti sampai di situ, Crete bisa memuaskan setiap orang dengan apapun mulai dari berpesta, berjemur di bawah sinar mentari, mendaki gunung, hingga menelusuri situs-situs budaya seperti Fortezza di Rethymno dan Istana Knossos.


    5. Rhodes – Pulau terbaik yang menyimpan reruntuhan kuno


    Rhodes layak Anda masukkan ke daftar liburan karena keindahan pulaunya serta kisah sejarah yang menarik untuk diikuti. Telusuri Old Town yang akan mengajak Anda menuju abad pertengahan, lanjutkan dengan mengagumi pelabuhan Mandraki, kemudian melihat pesona Acropolis of Lindos saat mengikuti jejak sejarah di salah satu pulau terbaik Yunani. Tak hanya menyimpan jejak peninggalan kerajaan Bizantium, Yunani, Venezia, dan Turki serta reruntuhan bangunan yang usianya berabad-abad, di sana Anda juga akan menemukan pantai, taverna tradisional, dan daya tarik alamnya seperti Valley of Butterflies.


    6. Kastellorizo – Pulau terbaik dengan keindahan tersembunyi


    Terletak di ujung timur Yunani dan sangat dekat dengan Turki, pulau kecil dan cantik di jajaran kepulauan Dodecanese ini menawarkan arsitektur yang unik dan rumah warna-warni di kota utamanya. Anda akan menemukan kelompok pulau-pulau kecil dan kehidupan laut di air jernih yang bisa dinikmati. Tempat ini sesuai untuk Anda yang memiliki waktu untuk bersantai di pantai dan lebih tertarik untuk mendapatkan pengalaman otentik Yunani bersama penduduk lokal yang ramah. Di sekeliling pulau, Anda bisa melihat kastil abad pertengahan, museum arkeologi, dan taverna yang menarik untuk dikunjungi.


    7. Chios – Pulau terbaik yang unik


    Chios adalah tempat yang menarik dan sangat terkenal akan produksi mastik atau resin aromatik dari pohon yang tumbuh di wilayah Mastihohoria dan berbentuk tetesan air. Ketika berada di sini, Anda akan melihat kecantikan desa Pyrgi yang rumah-rumahnya dihiasi dengan bentuk-bentuk geomertris berwarna abu-abu dan putih. Meski pulau ini relatif jarang dieksplorasi, namun Chios tetap menjadi salah satu yang terbaik dan patut Anda kunjungi karena alamnya, mozaik, dan makanan-makanan yang enak (cobalah keju dan buah jeruk asal Chios serta ikan segar).


    8. Hydra – Pulau terbaik bebas mobil


    Hydra adalah pulau lain di Yunani yang diperuntukkan bagi pasangan dan mudah dicapai dari Athena. Bagian dari kepulauan Saronic, di Hydra banyak ditemui rumah-rumah batu, jalanan berbatu yang sempit, dan alun-alun terpencil. Orang-orang berkeliling dengan menaiki keledai. Pusatnya adalah di tepi laut dengan jalanan yang cantik, museum, gereja, dan kafe. Hydra juga tujuan wisata sehari yang populer di mana Anda bisa bersantai di pantainya seperti Limnioniza dan Spiliá.


    9. Skopelos – Pulau terbaik bagi penggemar Mamma Mia!


    Skopelos menjadi latar tempat film Mamma Mia! dan mungkin menjadi salah satu pulau tercantik di Yunani. Dengan pantainya yang dipenuhi pohon, gua-gua tersembunyi, serta kapel-kapel kecil, tidak heran apabila pulau ini menjadi inspirasi bagi film hit tersebut. Di sini Anda bisa bersantai sepenuhnya, berjalan di pusat kota yang indah dan membenamkan diri di sudut-sudut yang unik dengan piring-piring dan vas kerajinan tangan yang tentunya ingin Anda bawa pulang sebagai cindera mata.


    10. Kos – Pulau terbaik Yunani sebagai destinasi untuk kebugaran


    Lautan turquoise, situs-situs kuno, dan pantai yang luas menempatkan Kos dalam daftar kami. Pulau ini lebih dari sekadar pantai karena sejatinya sangat kaya akan sejarah dan pusat-pusat kebugaran. Salah satu situs arkeologi paling penting di Yunani yaitu Hippocrates‘ Asclepeion terletak di sini. Dulunya, tempat itu merupakan pusat kebugaran dengan banyak kuil, pemandian air panas, serta sekolah para ahli fisika. Anda bisa merasakan sendiri sumber mata air panas Kos di Agios Fokas, Piso, Thermes, dan Kokkinonero.



    11. Mykonos – Pulau terbaik bagi Anda yang penuh gaya


    Sebagai tempat bagi Anda yang suka menjadi sorotan, Mykonos tidak hanya merupakan pulau paling glamor di Yunani melainkan juga salas satu yang paling stylish di dunia. Selama di sini Anda bisa menginap di hotel-hotel chic, merasakan kehidupan malam kelas dunia, dan bergaul bersama orang-orang jet-setter. Bangunan berarsitektur unik dengan warna putih dan biru cerah juga bisa Anda temui di sini. Selain itu, Anda bisa mengabadikan Little Venice serta kincir angin dalam foto dan kartu pos serta bersantap di beberapa restoran ternama.


    12. Zakynthos/Zante – Pulau terbaik untuk melihat penyu


    Zakynthos atau yang juga dikenal dengan Zante tidak hanya memiliki pantai-pantai yang memesona seperti Shipwreck, namun juga menjadi rumah bagi penyu-penyu yang terancam punah di mana mereka juga bertelur di pasir putih pantai pulau Ionian. Laut dan pantai sekitar Zakynthos dipilih sebagai taman laut pertama di Yunani dan jika beruntung Anda akan melihat hewan-hewan kecil yang cantik tersebut (namun sebaiknya Anda tidak mengganggunya). Di sekitar pulau, Anda bisa melihat panorama pelabuhan yang menakjubkan dari Bochali dan kebun anggur untuk mencicipi wine lokal.


    13. Tinos – Pulau terbaik dengan pemandangan yang luar biasa


    Terletak di Cyclades, Tinos adalah pulau yang patut dikunjungi jika Anda senang terhadap keindahan alam liar, kekhasan desa-desa Yunani di sisi gunung, dan lansekap bula. Di sana terdapat 750 kapel, keju Tinian yang harus Anda coba, dan desa yang perlu Anda kunjungi seperti Pyrgos, Ktikado, Falatados, dan Tripotamos. Pulau-pulau ini menjadi tuan rumah bagi ribuan peziarah setiap tanggal 15 Agustus.


    14. Skiathos – Pulau terbaik karena pantainya


    Dengan 60 pantai yang bebas Anda pilih, Skiathos dapat disebut sebagai destinasi terbaik bagi sunbathers. Mulai dari Lalaria hingga Koukounaries, Anda bisa melihat hamparan pasir pantai dan bebatuannya dengan latar pohon pinus yang tumbuh subur. Para pejalan kaki juga bisa menyusuri jalur yang akan mengantar Anda ke tempat tak terjamah di pulau ini. Bagi Anda yang mencari hiburan, Skiathos memiliki bar-bar ramai yang berada di sekitar pelabuhan.


    15. Symi – Pulau terbaik karena arsitekturnya


    Terletak di salah satu pelabuhan tercantik di Yunani, Symi juga memanjakan pengunjungnya dengan arsitektur menawan, kafe-kafe apik dan restoran, serta suasana yang santai. Tempat ini sempurna untuk liburan santai di mana Anda bisa menghabiskan waktu di taverna-taverna mewah di tepi laut atau pantai yang sepi. Banyak jalur berbatu dan berpasir yang sulit dijangkau sehingga hanya dapat diakses dengan menggunakan taksi.


    16. Lefkada – Pulau terbaik untuk olah raga air


    Permata dari Ionian ini mudah diakses dan ramah kepada pengunjungnya yang aktif dengan memberikan apa saja yang diperlukan untuk bersenang-senang. Sejumlah pantai telah diberi penghargaan Blue Flags dan pulau yang juga dikenal dengan nama Lefkas ini juga menjadi destinasi untuk berlayar, berselancar, dan melakukan aktifitas olah raga air lainnya. Anda bisa memilih hotel-hotel unik dan mewah untuk menginap. Juga, Anda pasti ingin menjelajah lebih jauh ke gang-gang di Lefkada Town, alun-alunnya yang ramai, dan gereja-gerejanya.


    17. Alonnisos – Pulau terbaik bagi pencinta alam


    Pulau ini menawarkan lansekap dataran, kebun zaitun, dan hutan pinus yang sempurna bagi wisatawan yang senang berjalan kaki. Alonnisos adalah surga bagi Anda pencinta alam! National Marine Park of Northern Sporade yang merupakan rumah bagi burung laut langka, lumba-lumba, dan anjing laut Mediterania berada di pulau paling terpencil di wilayah utara Sporades ini. Untuk menuju ke sana, Anda bisa naik kapal feri dari Skopelos, desa Old Alonnisos di puncak, atau Hora yang merupakan spot tepat untuk melihat arsitektur di sini serta kastil abad pertengahan yang menghadap ke laut Aegean.


    18. Sifnos – Pulau terbaik bagi para foodies


    Sebagai pulau berjuta rasa, Sifnos adalah area sempurna untuk menggali makanan-makanan lezat seperti chickpea balls, mastello (daging domba yang dimasak dengan anggur merah dan rempah-rempah), dan honey pie. Stifos juga merupakan wilayah terbaik di Yunani yang dikenal karena desa-desa tradisionalnya, sementara ibu kotanya yakni Apollonia diketahui memiliki jalan-jalan sempit yang cantik, rumah-rumah bercat putih, dan Museum Folklore. Selain itu, ada pula tempat pembuatan tembikar cantik di mana Anda bisa mengunjungi workshop-nya atau sekadar membeli keramik.


    19. Astypalaia – Pulau terbaik yang kurang terjamah


    Terletak di sebelah barat Kos, pulau di Dodecanese yang berbentuk seperti kupu-kupu ini menyimpan sejarah berabad-abad lalu, juga desa-desa menarik dan pantai bermandikan sinar matahari yang gagal dieksplorasi oleh para wisatawan. Jangan lewatkan ibu kotanya yakni Chora dan kastil yang menjulang di sana. Di sekitar Astyapalaia, terdapat desa Livadia dan Talaras Baths yang patut Anda kunjungi.


    20. Poros – Pulau terbaik dari Athena


    Tempat indah di Yunani ini populer akan spot akhir pekan di antara para penduduk Athena dan tempat pelarian yang menakjubkan. Pulau kecil ini terdiri dari dua pulau yakni Spheria dan Kalavria yang dihubungkan dengan jalan darat. Anda akan menemukan apa yang Anda butuhkan di sini, mulai dari pantai, pemandangan alam, dan sinar mentari yang digemari oleh keluarga dan pasangan. Beberapa tempat yang wajib dikunjungi termasuk Lemon Forest, arsitektur neoklasik Poros, dan tepi lautan yang menawan.




    (Penulis: Roshina Jowaheer; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK) 



    Tags : travel







- RELATED ARTICLE -