• Sejumlah Komplek Perumahan Paling Unik di Dunia!

    Culture / News


    Sejumlah Komplek Perumahan Paling Unik di Dunia!

    Dua diantaranya terletak di Indonesia.


    Sejumlah konsep dari komplek perumahan berikut akan membuat terpukau. Tidak hanya bicara soal kemewahan, tetapi juga konsep unik di balik eksistensinya. Mulai dari mewahnya kondominium pencakar langit, hingga dusun berkonsep untuk yang dibangun setelah gempa. Setiap area hunian tinggal ini menyita perhatian dunia.

    Fakta menariknya, dua di antara komplek hunian tinggal ini bertempat di negeri sendiri! Tidak dapat dipungkiri, konsep unik arsitektur dan lanskap yang diusung menjadi kelebihan dari sejumlah komplek perumahan unik berikut ini.




    Untuk menjawab rasa penasaran Anda akan keunikan arsitektur yang tersebar di berbagai pelosok dunia, di bawah ini kami rangkum tujuh komplek perumahan terunik pilihan Bazaar.



    One Madison, New York

    Terletak di kawasan Madison Avenue, kota New York, One Madison merupakan sebuah kondominum berkelas. Gedung pencakar langit dengan dominasi material kaca menjadikannya tampak begitu mewah. Pasangan selebriti Tom Brady dan Gisele Bundchen dikabarkan sempat memiliki unit di One Madison.




    VM Apartments, Copenhagen

    Fasad arsitektur VM Houses yang berada di Copenhagen, Denmark, memang menyita perhatian. Arsitektur bergaya modern kontemporer dari bangunan apartemen ini didesain oleh dua konsultan desain ternama kelas dunia, JDS Architects dan Bjarke Ingels Group. V House terdiri dari 114 unit hunian dan didirikan di tahun 2005.




    Cube Houses, Belanda

    Cube Houses merupakan komplek hunian yang didesain oleh arsitek Piet Blom. Tidak kalah unik dengan komplek perumahan sebelumnya, Cube Houses mengadaptasi konsep kehidupan urban untuk setiap lekuk bangunannya. Komplek hunian unik dengan warna kuning menyala ini terletak di Belanda, tepatnya di Rotterdam dan Helmond.





    Earth Houses, Switzerland

    Bagi Anda yang pernah menyaksikan film hobbit, lanskap hunian bernama Earth Houses yang berada di Swiss ini akan mengingatkan Anda terhadap hunian makhluk fiktif tersebut. Ide brilian di balik berdirinya Earth Houses berasal dari konsultan desain dan arsitektur yang bernama Vetsch Architektur.



    The Interlace, Singapura

    Berpindah lokasi ke Singapura, berdiri sebuah gedung apartemen berkapasitas 1.040 unit dengan kemegahan desain berkonsep modern. The Interlace merupakan hasil kolaborasi desain konsultan OMA dan arsitek asal Jerman Ole Scheeren. Hunian apartemen mewah ini pernah dinobatkan sebagai World Building of The Year di tahun 2015.




    Cosmo Park, Jakarta

    Sebuah ide unik akan konsep perumahan juga terdapat di ibu kota sendiri. Di saat lahan pembangunan sudah semakin menyempit di kota Jakarta, Cosmo Park seolah hadir menjadi solusi. Komplek perumahan Cosmo Park dibangun di atas gedung pusat perbelanjaan Thamrin City.




    Rumah Dome, Yogyakarta

    Yogyakarta sempat diguncang oleh gempa besar di tahun 2006. Bencana ini menyebabkan sebagian besar pemukiman warga menjadi rusak dan hancur tak bersisa, termasuk di desa Nglepen. Menyikapi hal ini, pemerintah setempat mendirikan sebuah konsep perumahan baru yang dinamakan komplek rumah Dome.




    (Foto: Courtesy of www.streeteasy.com, www.archdaily.com, www.holland.com, www.greenroofs.com , www.all-jakarta-apartments.com, Instagram @sikalih)










- RELATED ARTICLE -