• Alasan Harry & Meghan Markle Tinggalkan Status Sussex Royal

    People / News


    Alasan Harry & Meghan Markle Tinggalkan Status Sussex Royal

    Juru bicara mereka telah mengonfirmasi jika Harry dan Meghan telah setuju untuk tidak menggunakan Sussex Royal sebagai identitas


    Duke dan Duchess of Sussex telah mengonfirmasi bahwa mereka berhenti menggunakan label "Sussex Royal" mulai musim semi nanti.

    Pasangan ini telah berdiskusi tentang tersebut dengan anggota senior kerajaan dan orang-orang di Istana Buckingham usai keputusannya untuk mundur dari tugasnya sebagai bagian dari keluarga kerajaan Inggris. 

    Meghan dan Harry telah merilis sebuah pernyataan di situs resmi mereka yang menegaskan bahwa Ratu Elizabeth II tidak memiliki yuridiksi terhadap penggunaan gelar kerajaan di luar negeri. Keduanya menjelaskan tetap setuju dan tidak menggunakannya sebagai identitas mereka. 




    "Tidak ada yuridiksi dari The Monarchy atau kantor kabinet untuk menggunakan kata "Royal" di luar negeri, sehingga Duke dan Duchess of Sussex tidak bermaksud untuk menggunakan "Sussex Royal" atau sebutan "Royal" di teritori lain (baik di Britania Raya maupun wilayah lainnya) ketika transisi ini terjadi di musim semi 2020," demikian tertulis. 

    "Meskipun ada preseden bagi anggota keluarga kerajaan lain untuk mencari pekerjaan di institusi lain, periode peninjauan selama 12 bulan telah diberlakukan bagi Duke dan Duchess of Sussex,“ demikian tulis salah satu poin di pernyataan resminya.

    Poin lain menyebut, "Sesuai perjanjian, Duke dan Duchess of Sussex telah memahami bahwa mereka diharuskan untuk mundur dari tugas kerajaan mereka dan tidak melakukan kewajiban lain atas nama Yang Mulia Ratu."

    Dilansir dari BBC, seorang juru bicara pasangan Sussex mengonfirmasi bahwa perjanjian telah disepakati dan kata 'royal' tidak dapat digunakan karena bertentangan dengan aturan pemerintah. 

    Juru bicara tersebut mengatakan bahwa Harry dan Meghan fokus untuk membangun organisasi baru mereka pada musim semi ini namun sudah sepakat untuk tidak menamainya Sussex Royal Foundation.


    "Duke dan Duchess of Sussex sedang fokus untuk mendirikan sebuah organisasi non-profit. Mengingat peraturan pemerintahan Britania Raya tentang penggunaan kata royal, maka organisasi yang akan dipublikasikan pada musim semi nanti telah disepakati tidak akan dinamai Sussex Royal Foundation,“ ucap juru bicaranya. "Duke dan Duchess tidak bermaksud untuk menggunakan nama 'Sussex Royal' di teritori manapun selepas musim semi 2020."


    Tugas kerajaan Pasangan Sussex telah diumumkan akan berakhir pada tanggal 31 Maret. Artinya, Harry dan Meghan sudah tidak lagi melaksanakan tugas atas nama Ratu Elizabeth II. Akan tetapi aturan ini akan ditinjau ulang setelah 12 bulan.

    Tahun ini Harry dan Meghan yang sudah tinggal di Kanada bersama putra mereka, Archie. Berdasarkan laporan dari BBC, Mereka akan kembali ke Britania Raya untuk beberapa acara di bulan Februari dan Maret, termasuk Commonwealth Day Service tanggal 9 Maret 2020.


    Harry juga diperkirakan akan hadir di London Marathon bulan April dan bersama istrinya ia juga akan datang ke Invictus Games pada bulan Mei.

    Dengan keputusan untuk mundur, Harry dan Meghan bermaksud untuk melaksanakan peran baru yang progresif dalam lembaga dan memberi ruang bagi keluarga mereka untuk fokus pada langkah selanjutnya. 

    Sebelum mengumumkan keputusannya untuk mundur sebagai anggota senior kerajaan Inggris, pasangan ini mengungkapkan bahwa mereka kesulitan berada di bawah sorotan media.


    (Penulis: Jessica Rapana; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar UK) 









- RELATED ARTICLE -