Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sejumlah Kegiatan Menarik Ini Juga Bisa Dilakukan di Bioskop

Mulai dari kegiatan fans gathering hingga menjelajah dunia fantasi, kini bioskop bukan sekadar tempat untuk menonton film.

Sejumlah Kegiatan Menarik Ini Juga Bisa Dilakukan di Bioskop

Bioskop nyatanya tidak hanya digunakan untuk menyaksikan film-film rilisan terbaru. Banyak ide-ide kreatif yang muncul untuk membuat kunjungan Anda kian menarik, atau lebih tepatnya menguntungkan. Misalnya, kami yakin Anda pernah melakukan berbagai cara untuk menyelundupkan makanan ke dalam bioskop karena harga makanan yang dijual di sana cukup mahal. Tidak sedikit pula yang memanfaatkan suasana ruangan yang gelap untuk berduaan dengan orang kesayangan. Juga, tak perlu malu untuk mengakui jika Anda yang pernah beberapa kali berteriak keras saat aktor dan aktris idola muncul di layar lebar. 

Menurut Anda, apa lagi yang bisa dilakukan di bioskop selain menonton film? Let's get serious, kami merangkum sejumlah kegiatan menyenangkan yang digelar oleh bioskop-bioskop dunia untuk menghibur dan tentunya memberikan impresi tak terlupakan bagi penontonnya yang hadir.


1. Fans gathering


Tidak jarang bioskop digunakan sebagai sarana berkumpul para penggemar film-film populer seperti Harry Potter, Star Wars, Marvel, dan DC Comics saat sekuel terbarunya dirilis. Selain menikmati film bersama, kegiatan lain yang dilakukan biasanya adalah diskusi film, bermain game sesuai dengan tema, dan pesta kostum di mana penggemar tampil sebagai karakter-karakter favorit. Momen ini juga membuka kesempatan bagi Anda untuk menambah kawan baru.


2. Berbelanja pernak-pernik spesial


Saat film-film besar dan populer ditayangkan, biasanya bioskop juga menawarkan merchandise khusus yang hanya dibuat dalam momen tertentu dan di waktu yang terbatas serta tentunya bisa menambah koleksi pernak-pernik Anda di rumah.


3. Menikmati film dalam bentuk makanan di Edible Cinema


Menyaksikan film dengan sensasi tambahan berupa gerakan, aroma, cahaya, serta efek angin dan air sudah biasa dinikmati di bioskop-bioskop yang memberikan layanan 4D. Lalu, bagaimana bila film yang Anda saksikan juga dapat Anda rasakan sebagai santapan? Pengalaman unik ini bisa Anda temui di Edible Cinema, London. Setiap penonton akan menerima makanan dalam kotak misteri yang telah dibuat untuk menggambarkan momen-momen spesifik di film yang sedang ditayangkan.


4. Berendam air hangat di Hot Tub Cinema


Hot Tub Cinema menggelar pemutaran film di kota-kota Inggris pada waktu tertentu. Yang menarik, Anda tidak akan duduk diam di kursi empuk seperti biasanya melainkan berendam dalam bak air hangat yang sudah disediakan sambil menari, menyanyi, dan bersenang-senang.


5. Piknik di pemakaman bersama Cinespia


Selain menggelar screening di Los Angeles Theater dan bioskop-bioskop historis di City of Angels, Cinespia juga menawarkan sensasi menonton film di pemakaman Hollywood Forever Cemetery sejak tahun 2002. Jauh dari kesan menyeramkan, pengunjung juga dihibur dengan penampilan DJ dan bahkan kejutan dari pemeran atau sutradara film yang ikut hadir di sana. Juga, penoton bisa berdandan dan puas berfoto di photo booth yang sudah ditata sesuai dengan tema film yang diputar.


6. Bersantap dan bernostalgia di Sci-Fi Dine-In Theater Restaurant


Ingatkah Anda akan popularitas bioskop drive-in di tahun 1950-an? Konsep yang sama diusung oleh Sci Fi Dine In Theater Restaurant yang berlokasi di Disney World. Dibuka hanya saat makan siang dan makan malam, bioskop yang satu ini menawarkan pengalaman bersantap hidangan khas Amerika di meja berbentuk mobil-mobil klasik sambil dihibur dengan tontonan film-film lawas.


7. Mengagumi keindahan arsitektur amphitheater bergaya Romawi di Pula Arena


Dibangun di abad pertama, Pula Arena di Kroasia dulu digunakan sebagai tempat pertarungan para gladiator. Amphitheater atau teater terbuka ini memiliki arsitektur bergaya khas Romawi layaknya Colosseum di Roma dan masih dipertahankan sampai sekarang. Setiap tahunnya, Pula Arena menjadi tuan rumah Pula Film Festival yang menyajikan serangkaian film-film pilihan dengan latar tempat yang spektakuler.


8. Menikmati pemandangan kota dari rooftop 


Menyaksikan film sembari bersantai di deckchair dengan latar pemandangan langit kota saat golden hour maupun matahari terbenam sekarang bukanlah hal yang tak mungkin. Rooftop Cinema Club menawarkan keistimewaan tersebut di empat kota Amerika Serikat yakni Houston, Los Angeles, New York, dan San Diego. Satu lagi, Rooftop Cinema Club juga menyediakan bottomless popcorn sehingga Anda bisa memakannya sepuas hati.


9. Menyantap sajian dari chef bersertifikat Le Cordon-Bleu di Cine de Chef


Memadukan konsep restoran dan bioskop berkelas, Cine de Chef akan memuaskan lidah Anda dengan hidangan Asia modern, Italia, dan Prancis dari chef terbaik mereka. Bioskop ini awalnya dibuka di Seoul pada tahun 2007, kemudian dua lainnya menyusul di Centum City Busan dan Yongsan. Cine de Chef juga melebarkan jangkauannya hingga ke Nepal.


10. Berbaring santai dan makan di atas ranjang? Tentu boleh!


Bukan kursi atau bean bag, Mov'In Bed menyediakan 150 queen bed lengkap dengan bantal dan selimut bagi orang-orang yang datang untuk menyaksikan film di ruang terbuka Australia. Mereka juga akan mengantar pesanan makanan langsung ke ranjang Anda dari restoran pop up yang dibuka di sana. Tentunya, Anda akan merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan menonton film di ranjang Anda sendiri.


11. Rileks di tepi pantai


Fasilitas untuk menonton di film outdoor memang semakin beragam, termasuk di antaranya adalah layanan menikmati film sambil ditemani dengan embusan angin pantai dan suara ombak yang nyaring. Ibiza Movie Night yang diselenggarakan oleh Amante Ibiza adalah salah satunya. Penonton akan disediakan bean bag di atas pasir pantai dengan layar lebar yang ditata apik di bebatuan dan latar belakang langit berbintang. 


12. Bertualang ke dunia magis


Anda tidak salah membaca. Pengalaman menakjubkan ini bisa ditemui di studio milik Backyard Cinema di Capital Studios, London. Sebelum menyaksikan film, pengunjung akan diajak untuk memasuki dunia fantasi dan studio yang sudah ditata sedemikian rupa sehingga sesuai dengan tema film yang disuguhkan. Backyard Cinema juga tengah menayangkan kisah Romeo dan Juliet di sebuah kapel diiringi dengan nyanyian dari grup paduan suara.  


13. Surprise yourself!


Secret Cinema di London menjanjikan pengalaman yang istimewa dengan mengajak penontonnya tidak semata-mata untuk menonton film layar lebar melainkan juga ikut menjadi bagian dalam ceritanya. Uniknya, detail lokasi acara dan dress code tidak akan diinformasikan hingga mendekati tanggal penayangan filmnya serta selalu berbeda di setiap acaranya. Telepon genggam pun akan diminta untuk disimpan agar mereka yang berpartisipasi bisa menikmati setiap momen penuh kejutan. Tertarik?




(Foto: Courtesy of cinespia.org dan Instagram)