• 35 Film Dengan Plot Twist Terbaik

    Culture / News


    35 Film Dengan Plot Twist Terbaik

    Waspada spoiler!


    Sutradara terbaik adalah seorang pemburu. Lalu siapa mangsanya? Anda para penontonnya. Mereka menarik perhatian Anda dengan umpan-umpan seperti jalan cerita yang mencekam dan kelihaian kamera. Kemudian ketika Anda sedang tidak sadar, mereka menyiapkan jebakan berupa perangkap lainnya hingga menangkap Anda. Bukan hanya durasi filmnya, namun juga melalui gambar, dan kritik serta perdebatan yang masih akan berlangsung hingga beberapa dekade.

    Dalam istilah dunia perfilman, mereka menyebutnya sebagai twist. Namun sebenarnya ini adalah bagian terpentingnya. Sutradara berhasil menarik kita dengan dengan kait mereka. Simak daftar film dengan plot twist terbaik yang tidak pernah kita duga. 


    1. Parasite (2019) 


    Plot: Keluarga Kim ingin meninggalkan kehidupannya yang selama ini kurang mampu untuk bekerja di rumah keluarga Park yang kaya raya.

    Twist: Setelah berhasil masuk, mereka mengetahui bahwa mantan asisten rumah tangga keluarga Park yaitu Moon-gwang sedang menyimpan rahasia suaminya di ruang bawah tanah. Ia juga lantas mengetahui rahasia Kim. Semua ini kemudian mengarah pada pembunuhan berdarah yang dilakukan di pesta ulang tahun putra Park. Pada akhirnya, ayah Kim yaitu Ki-taek membunuh ayah Park yang bernama Park Dong-ik. Ki-taek menghilang namun twist yang terakhir mengungkapkan keberadaannya. Ia tinggal di ruang bawah tanah keluarga Park yang kini tidak terpakai.


    2. Us (2019) 


    Plot: Liburan keluarga di pantai berubah mencekam saat mereka mengetahui sedang diburu oleh sekelompok doppelgänger misterius.

    Twist: Adelaide Wilson yang berusaha untuk menyembunyikan sebuah rahasia demi kebaikan ternyata adalah si doppelgänger. Ia melakukannya bersama Red, seorang pembunuh tak diundang yang memainkan perannya sebagai Adelaide Wilson asli. Identitas Adelaide dulu pernah dicuri ketika ia masih kecil dan diculik di pantai yang sama.


    3. Once Upon a Time… in Hollywood (2019) 


    Plot: Dua pria bernama Rick Dalton dan Cliff Booth bekerja bersama di era Manson tahun '60-an.

    Twist: Tiga orang yang akan membunuh keluarga Manson masuk ke mansion Rick di Hollywood Hills di mana Cliff yang sedang mabuk ada di sana dan menyambut mereka. Terjadi sesuatu yang brutal di sana dan sejarah baru tertulis dalam takdir Sharon Tate. Ia tidak terbunuh, melainkan pembunuh keluarga Mason lah yang mati. 


    4. Arrival (2016) 


    Plot: Ketika sejumlah pesawat alien mendarat di bumi, seorang ahli bahasa bernama Louise Banks direkrut untuk bekerja di bagian militer guna membantu mereka untuk mencari tahu tujuan kedatangan para alien.

    Twist: Kita tidak menyaksikan sebuah film linier, melainkan film palindromik. Ketika Dr. Banks meretas bahasa alien, kita mengetahui bahwa komunikasi mereka tidak linier. Mereka mengetahui bagian akhirnya ketika menulis permulaannya. Poin ini diterapkan pula dalam jalan cerita film ini selanjutnya ketika Dr. Banks melahirkan putrinya. Ia sudah tau jika ia akan melahirkan bayi yang akan mati di usia muda. Ia tahu bahwa kehidupan bayinya akan berakhir sebelum dimulai. Dr. Banks kemudian memberi nama anaknya Hannah yang merupakan sebuah palindrom.


    5. Coco (2017) 


    Plot: Bocah laki-laki bernama Miguel terlahir lihai untuk bermain gitar, namun keluarganya melarangnya untuk memainkan segala macam musik. Untuk meluruskan apa yang selama ini dianggap tabu oleh generasi tua, ia kemudian berkelana menuju Land of the Dead untuk bertemu dengan kakek buyutnya, seorang penyanyi terkenal bernama Ernesto de la Cruz.

    Twist: Ketika ia sedang berkumpul bersama orang-orang yang sudah mati, Miguel bertemu dengan Héctor yang sedih dan ingin kembali bersama keluarganya. Ternyata kemudian terungkap bahwa Ernesto membunuh Héctor dan Héctor sebenarnya adalah kakek buyut Miguel dan ayah Coco.


    6. The Descent 


    Plot: Sekelompok wanita penjelajah gua masuk ke gua kelelawar yang juga dihuni oleh makhluk humanoid lapar yang dinamai Crawlers

    Twist: Karakter utama sekaligus yang satu-satunya yang selamat di sini adalah Sarah. Ia berhasil keluar dan mengendarai mobil SUV-nya setelah melalui peristiwa berdarah. Tak lama, ia kemudian melihat penampakan Juno, peran antagonis dalam film ini, duduk di kursi sebelahnya seakan menyadarkannya dari halusinasi yang ia alami dan membawanya kembali ke dalam gua di mana ia sebenarnya berada. Layar kemudian berubah hitam dan kita bisa mendengar Crawlers mendekat. Ini adalah bagian akhir yang ditayangkan di bioskop Amerika Serikat.


    7. Identity (2003) 


    Plot: Tamu di sebuah motel di gurun Nevada dengan cepat menyadari bahwa ada seorang pembunuh di antara mereka ketika satu persatu tewas.

    Twist: Pembunuhnya adalah seorang anak laki-laki. Pada akhirnya jelas bahwa 10 orang yang terjebak di tepi jalan itu adalah manifestasi dari seorang pria yang menderita penyakit gangguan disosiatif atau keribadian ganda. Anak laki-laki itu sendiri adalah salah satu dari kepribadiannya.


    8. Gone Girl (2014) 


    Plot: Nick menjadi tersangka utama ketika istrinya yang tampak sempurna bernama Amy menghilang.

    Twist: Setelah mengetahui bahwa Nick berselingkuh, Amy merancang cerita secara cermat atas bahwa ia telah hilang dan membuat seolah-olah Nick membunuhnya. Ketika ia memutuskan untuk pulang ke rumah dan bertemu Nick (setelah membunuh mantan kekasih dan membuat cerita seakan ia diculik olehnya), Amy memastikan Nick tetap bersamanya dengan inseminasi buatan.


    9. The Departed (2006) 


    Plot: Billy Costigan menyamar di antara sekelompok orang Irlandia untuk memburu bos sadis bernama Frank Costello. Sementara itu, Sersan Collin Sullivan yang diam-diam bekerja untuk Costello berusaha memburu para "pengkhianat."

    Twist: Colin mengetahui identitas Billy dan menembaknya di kepala dengan gerakan yang begitu cepat. Setelah pemakaman Billy, Collin kembali ke apartemennya di mana pimpinan Billy yaitu Sersan Sean Dignam sudah berada di sana, menunggu untuk membunuhnya.


    10. Atonement (2007) 


    Plot: Brionny Tallis jatuh cinta kepada putra asisten rumah tangganya, Robbie. Briony salah paham ketika ia tak sengaja mengetahui bahwa adiknya, Cicilia, sedang bersetubuh dengan Robbie. Malam itu ia lalu menyalahkan Robbie atas kekerasan terhadap sepupunya yang bernama Lola meski ia tidak menyaksikannya sendiri. Robbie dijebloskan ke penjara dan kemudian bergabung dalam tentara Perang Dunia II. Sementara itu, Cecilia menjadi perawat. Beberapa tahun kemudian, Briony merasa bersalah karena telah merusak kehidupan Robbie dan Cecilia. Ia mengunjungi keduanya di apartemen mereka untuk meminta maaf namun ditolak.

    Twist: Cecilia dan Robbie tak pernah hidup bersama. Robbie meninggal dunia saat perang sementara Cecilia tewas ketika terjadi pengeboman di kota London. Sebagai seorang wanita tua, Briony menulis sebuah buku yang menceritakan bahwa mereka hidup bahagia selamanya sebagai bentuk penyesalannya.


    11. Citizen Kane (1941) 


    Plot: Film ini dibuka dengan peristiwa Charles Foster Kane, seorang pengusaha sukses media massa yang meninggal di atas tempat tidurnya dan meninggalkan satu kata terakhir yaitu "rosebud". Kejadian ini kemudian menginspirasi seorang jurnalis untuk menelusuri kehidupannya dan mengungkap apa yang terjadi di balik kekuasaan dan keberuntungannya.

    Twist: "Rosebud" adalah nama papan luncur milik Charles ketika ia masih kecil. Hal ini membuktikan bahwa orang kaya tersebut selama ini memiliki rasa sentimen.


    12. Planet of the Apes (1968) 


    Plot: Tiga orang astronot terdampar di sebuah planet tanpa nama setelah menjelajah dengan kecepatan 2000+ tahun cahaya. Di tempat yang baru ini, makhluk primata bukan manusia seperti gorila, orangutan, dan simpanse menguasai dunia. Sementara itu, manusia dianggap sebagai makhluk hidup kasta kedua.

    Twist: Di akhir film terlihat bahwa seorang astronot yang selamat menemukan patung Liberty yang setengah terkubur pasir di tepi pantai. Selama ini ia berada di bumi.


    13. Psycho (1960) 


    Plot: Marion Crane dibunuh di sebuah motel terpencil oleh seorang ibu yang sakit mental bernama Norman Bates.

    Twist: Betahun-tahun sebelumnya, Norman membunuh ibunya dan kemudian menderita kelainan ganda yang membuatnya percaya bahwa dirinya sendiri adalah ibunya. Ia membunuh Marion dengan menyamar sebagai ibunya. 


    14. Chinatown (1974) 


    Plot: Istri dari seorang birokrat terkemuka menyewa seorang investigator swasta untuk mengikuti suaminya yang ia curigai berselingkuh. Selama melakukan tugasnya, investigator tersebut mengungkap adanya rencana pembunuhan, korupsi, dan adik Evelyn yang ternyata terlibat.

    Twist: Evelyn mengungkapkan bahwa adiknya juga merupakan putrinya. Evelyn melakukan hubungan sedarah dengan ayahnya.


    15. Friday the 13th (1980) 


    Plot: Camp Crystal Lake ditutup 20 tahun lalu ketika seorang anak laki-laki tenggelam di sana dan dua orang konselor yang melakukan hubungan intim dibunuh. Tubuh anak yang bernama Jason Voorhees tersebut tidak pernah ditemukan. Sekarang, konselor yang berusaha membuka kembali tempat itu dibunuh satu per satu.

    Twist: Ialah ibu Jason, Nyonya Voorhees, adalah orang yang bertanggung jawab atas semua kematian yang terjadi di sana. Ia percaya bahwa putranya meninggal dunia karena dua orang konselor sembrono melakukan hubungan intim. Ia mengatakannya kepada satu-satunya konselor bernama Alice, satu-satunya orang yang selamat dan berhasil membunuh Nyonya Voorhees. Sambil menunggu kedatangan polisi, ia diserang oleh mayat Jason.


    16. The Empire Strikes Back (1980) 


    Plot: Ketika Rebel Alliance lari dari Darth Vader, Luke Skywalker berlatih untuk menjadi seorang ksatria Jedi.

    Twist: Luke meninggalkan latihannya untuk menyelamatkan teman-temannya dari Vader, tetapi brakhir dalam sebuah pertarungan dengan Sith Lord. Bersiaplah untuk mendengar kalimat yang paling terkenal sepanjang masa dari film ini yaitu, "No, I am your father."

     

    17. The Usual Suspects (1995) 


    Plot: Lima orang kriminal berencana untuk menyerang polisi setelah mereka dituduh melakukan kejahatan yang tidak mereka lakukan, namun mereka mulai mengungkapkan rencana yang lebih besar dari seorang kriminal terkenal bernama Keyser Söze. Upaya mereka gagal dan Roger "Verbal" Kint adalah satu-satunya yang selamat. Ia berusaha untuk menjelaskannya kepada polisi tentang apa yang terjadi supaya ia bisa dibebaskan.

    Twist: Setelah polisi membebaskan Roger, mereka menyadari bahwa ia sebenarnya adalah Keyser.


    18. Se7en (1995) 


    Plot: Dua detektif yakni Somerset dan Mills mencari seorang pembunuh berantai yang terobsesi dengan tujuh dosa yang paling mematikan.

    Twist: Pembunuhnya yang disebut sebagai John Doe memberi penawaran kepada dua orang detektif tersebut untuk menemukan dua mayat yang telah melakukan semua dosa besar itu. Ketika mereka tiba di lokasi di tengah gurun, Somerset menerima sebuah kotak dari kurir yang di dalamnya tergeletak kepala istri Mill. John mengakui bahwa ia membunuhnya karena iri hati yang merupakan dosa keenam dan menantang Mill untuk membunuhnya guna melengkapi tujuh dosa paling mematikan itu.


    19. Primal Fear (1996) 


    Plot: Aaron Stampler yang merupakan seorang putra altar menjadi klien pengacara Martin Vail. Ia dituduh melakukan pembunuhan terhadap uskup. Aaron memiliki kepribadian ganda dan menyalahkan alter egonya yang bernama "Roy."

    Twist: Aaron sebenarnya tidak memiliki penyakit tersebut dan kepribadian aslinya adalah Roy sendiri yang merupakan seorang sosiopat.


    20. Scream (1996) 


    Plot: Seorang pembunuh bertopeng mengincar sekelompok anak sekolah, termasuk Sidney Prescott yang ibunya meninggal karena dibunuh tahun lalu. Di sebuah pesta penutupan sekolah usai adanya pembunuhan, kekasih Sidney yaitu Billy tewas dihadapannya setelah mereka melakukan hubungan intim. Si pembunuh kemudian memburu Sidney dan teman-temannya.

    Twist: Pembunuhnya sebenarnya ada dua orang yaitu Billy dan temannya, Stu.


    21. The Game (1997) 


    Plot: Trauma akibat menyaksikan ayahnya bunuh diri, seorang pegawai keuangan bernama Nicholas Van Orton memusatkan pikirannya untuk bekerja dan menjauhkan diri dari istri serta saudaranya yang bernama Conrad. Di ulang tahunnya yang ke-48, Conrad memberi Nicholas hadiah berupa tiket permainan yang ia janjikan akan mengubah hidupnya. Permainan ini membuat Nicholas merasa lelah selama perjalanan hidupnya. Setelah ia kehilangan keberuntungannya, ia mulai takut dengan permainan ini dan perusahaan yang menjalankannya yaitu Consumer Recreation Services (CRS). Ketika dipojokkan oleh karyawan CRS, Nicholas tidak sengaja membunuh saudaranya. Ia pun terjun bunuh diri.

    Twist: The Game sebenarnya tak jauh dari artinya sendiri yaitu permainan. Conrad dan Nicholas masih hidup. Conrad merancang semua ini untuk mencegah hidup Nicholas berakhir sama dengan ayahnya. 


    22. Fallen (1998) 


    Plot: Detektif John Hobbes menceritakan kembali bagaimana ia "hampir mati." Setelah menyaksikan eksekusi seorang pembunuh berantai, ia mulai mengikuti jejak penirunya yang menyatakan dirinya adalah roh Azazel dan dapat tinggal di tubuh yang berbeda-beda hanya melalui sentuhan. John membuat rencana untuk menarik perhatian Azazel menuju kabin terpencil dan membunuhnya. Tubuhnya dihuni oleh iblis lain sehingga Azazel mati tanpa tubuh inangnya. 

    Twist: Di penghujung film, Hohn membunuh dirinya sendiri untuk mengalahkan Azazel, namun roh iblis telah merasuki seekor kucing yang tengah berada di sana. Narator yang "hampir mati" bukanlah John, namun Azazel yang menggunakan suara John.


    23. The Sixth Sense (1999) 


    Plot: Setelah terjadi invasi rumah, Dr. Malcolm Crowe yang bekerja sebagai ahli psikologi anak-anak kembali bekerja untuk membantu seorang anak laki-laki yang bisa melihat orang yang sudah meninggal dunia.

    Twist: Dr. Crowe sebenarnya sudah meninggal dunia.


    24. Fight Club (1999) 


    Plot: Seorang narator tanpa nama dan teman barunya, Tyler Durden, memulai "fight club" yang kemudian menjadi sebuah gerakan nasional.

    Twist: Narator tersebut menderita gangguan kepribadian ganda. Ia dan Tyler Durden adalah orang yang sama.


    25. American Psycho (2000) 


    Plot: Patrick Bateman, seorang pengusaha kaya raya di New York tahun 1980-an, juga hidup sebagai seorang pembunuh berantai.

    Twist: Di adegan terakhirnya, Patrick mengetahui bahwa banyak korbannya yang diduga masih hidup. Ia membayangkan semuanya.


    26. Memento (2000) 


    Plot: Leonard Shelby menderita amnesia anterograde setelah ada yang menyergap rumahnya dan istrinya tewas. Sekarang ia mencari pembunuh istrinya dengan tanda-tanda yang ditinggalkan seperti tato, catatan, dan foto.

    Twist: Istri Leonard selamat dari insiden tersebut namun ia tak tidak sengaja membunuhnya.


    27. The Others (2001) 


    Plot: Sambil menunggu suaminya kembali dari Perang Dunia II, Grace Stewart dan dua anaknya tersiksa dengan kehadiran sosok yang tak terlihat.

    Twist: Grace dan kedua anaknya adalah arwah. Ia membunuh mereka semua dan dirinya sendiri karena kegilaannya namun ia tidak pernah menyadarinya. 


    28. Donnie Darko (2001) 


    Plot: Setelah sebuah mesin pesawat jatuh di kamar tidurnya, Donnie Darko didatangi oleh Frank, seekor kelinci berukuran manusia yang mengingatkannya bahwa kiamat akan segera datang dan menginspirasinya untuk berbuat kejahatan.

    Twist: Saat kiamat seharusnya terjadi, Donnie menjelajahi waktu, kembali berada di kamarnya, dan meninggal di sana.


    29. Secret Window (2004) 


    Plot: Mort Rainey, seorang penulis yang mengalami writer‘s block dan mengetahui bahwa istrinya selingkuh. Ia pergi ke suatu negara di mana ia dicelakai oleh John Shooter, seorang penulis yang mengeklaim bahwa Mort adalah plagiat dirinya. Tiba-tiba Mort mendapatkan peristiwa-peristiwa yang tidak dapat dijelaskan, seperti anjingnya yang mati dibunuh, rumah istrinya dibakar, dan ia menemukan sebuah pembunuhan.

    Twist: Mort adalah John. Ia menderita dissociative identity disorder. Mort bertanggung jawab atas hal-hal aneh yang terjadi. Ketika istrinya dan kekasih barunya tiba dengan dokumen perceraian, ia membunuh mereka.


    30. The Village (2004) 


    Plot: Townspeople, sebuah desa terpencil di Covington pada abad ke-19 takut terhadap monster yang menyerang hutan sekitar mereka dan disebut sebagai "Those We Don't Speak Of."

    Twist: Covington ada di zaman modern dan ditemukan oleh sekelompok orang yang berusaha untuk membebaskan diri dari dunia luar. Cerita "Those We Don't Speak Of" dibuat supaya orang-orang desa tersebut tidak meninggalkan tempat ini.


    31. Saw (2004)


    Plot: Dua orang pria bangun di sebuah ruangan yang sudah tidak terawat, dirantai ke dinding dengan mayat di tengah-tengah mereka. Keduanya adalah korban dari Jigsaw Killer yang menantang mereka untuk melakukan apa yang sudah diperintahkan atau mati.

    Twist: Mayat di tengah ruangan itu tidak mati. Ia sebenarnya adalah si Jigsaw.


    32. The Prestige (2006)


    Plot: Dua pesulap rival yaitu Robert Angier dan Alfred Borden berusaha untuk mengalahkan satu sama lain guna mencari ilusi yang sempurna di London pada abad ke-19.

    Twist: Alfred sebenarnya adalah dua orang, atau lebih tepatnya mereka adalah saudara kembar yang mampu melakukan berbagai macam trik. Sementara itu, Robert meniru triknya dengan mengkloning dirinya sendiri berkat bantuan Nikola Tesla. Ia membunuh setiap kloningnya setelah melakukan setiap trik.


    33. Gone Baby Gone (2007)


    Plot: Dua orang detektif swasta di Boston mencari seorang anak perempuan yang hilang dan dipercaya telah diculik oleh bandar obat-obatan terlarang.

    Twist: Itu adalah berita penculikan palsu. Gadis yang hilang bernama Amanda dan ia tinggal bersama seorang kapten polisi lokal yang anaknya meninggal beberapa tahun lalu.


    34. Orphan (2009)


    Plot: Sepasang suami-istri mengadopsi Esther, seorang anak perempuan berusia sembilan tahun dari Rusia. Keluarga mereka hampir dirusak oleh pembunuh anak-anak.

    Twist: Esther sebenarnya adalah eks perempuan tuna susila berusia 33 tahun yang mengalami gangguan pertumbuhan.


    35. Shutter Island (2010)


    Plot: Teddy Daniels, seorang US Marshal yang berusaha untuk menelusuri seorang pasien yang melarikan diri bernama Rachel Solando. Rachel bertanggung jawab atas pembunuhan tiga orang anaknya.

    Twist: Teddy sebenarnya adalah Andrew Laeddis, dipenjara di rumah sakit jiwa karena telah membunuh istrinya (Rachel) setelah membunuh tiga orang anaknya. Pencarian Rachel sebenarnya adalah sebuah permainan yang dilakukan untuk menyadarkannya dari kegilaannya. 




    (Penulis: Julie Kosin danDeAnna Janes; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar US) 


    Tags : film





- RELATED ARTICLE -