• Pameran Yayoi Kusama Akan Dibuka di Tate Modern

    Culture / Advertorial


    Pameran Yayoi Kusama Akan Dibuka di Tate Modern

    Showcase ini akan menjadi bagian dari ulang tahun ke-20 dari Tate Modern.


    Tate Modern akan membuka pameran Yayoi Kusama selama setahun pada tanggal 11 Mei bertepatan dengan ulang tahun galeri ini yang ke-20.

    Showcase ini akan menawarkan kesempatan untuk melihat dua instalasi ruang cermin imersif sang seniman, termasuk 'Infinity Mirrored Room - Filled with the Brilliance of Life', yang awalnya dibuat untuk retrospektif populernya tahun 2012 yang juga diadakan di Tate Modern. Ini akan ditampilkan bersama 'Chandelier Duka', yang menciptakan ilusi alam semesta tanpa batas dari lampu kristal berputar. Harapkan feed Instagram Anda dipenuhi dengan selfie mirror - Yayoi memang tahu bahwa kami suka melihat diri kami sendiri.

    Terkenal karena pola titik berulangnya, Yayoi adalah salah satu seniman paling berpengaruh yang masih hidup, dan dikatakan telah mengilhami Andy Warhol dan Damien Hirst. Setelah memulai karirnya sebagai pelukis di Jepang, ia menjadi bagian integral dari dunia seni New York tahun 1960-an, yang saat itu sangat didominasi pria, menggunakan identitasnya sebagai 'orang luar' untuk menciptakan karya-karya orisinal yang membangkitkan pemikiran, yang tidak hanya mengilhami rasa senang, tetapi juga mencerminkan masalah sosial saat itu, termasuk hak-hak perempuan dan protes perang Vietnam.





    Chandelier Duka, Yayoi Kusama

    Chandelier Duka, Yayoi Kusama


    Yayoi telah hidup secara sukarela di lembaga psikiatris sejak 1977 dan karyanya mewakili keinginannya untuk keluar dari trauma psikologis, menghasilkan ruang cermin atau titik-titik yang tak berujung.


    Pameran Yayoi merupakan salah satu bagian dari perayaan ulang tahun Tate yang direncanakan. Sorotan lainnya termasuk kembalinya laba-laba raksasa ikonis dari Louise Bourgeois bertajuk 'Marman'. Sejak dibuka 20 tahun yang lalu, Tate Modern telah menjadi museum seni modern dan kontemporer yang paling banyak dikunjungi di dunia, mengubah persepsi publik tentang genre dan menjadikan seni lebih mudah diakses dari sebelumnya (pintu masuk ke galeri tersebut terkenal gratis).

    “Rencana kami untuk Mei 2020 merangkum yang terbaik dari Tate Modern. Kami akan menyoroti beberapa artis terbaru untuk bergabung dengan koleksi kami, pergi ke belakang layar di studio konservasi kami, dan mengadakan pembicaraan dan tur di seluruh gedung," kata direktur Tate Modern, Frances Morris. "Kami juga ingin menyoroti beberapa seniman yang telah diperjuangkan oleh Tate Modern selama 20 tahun terakhir: Yayoi dan Louise, misalnya, tidak hanya mewakili komitmen kami terhadap seniman-seniman hebat dengan karier internasional, tetapi mereka juga mewujudkan perjalanan seni dari avant-gardes awal abad ke-20. untuk instalasi mendalam yang dibuat hari ini."




    (Penulis: Ella Alexander; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)










- RELATED ARTICLE -