• Respons Natalie Portman Terhadap Kritik Rose McGowan

    People / News


    Respons Natalie Portman Terhadap Kritik Rose McGowan

    "Memang benar saya hanya membuat beberapa film dengan wanita."


    - Aktris Rose McGowan mengkritik Natalie Portman karena hampir tidak pernah bekerja dengan sutradara wanita mana pun sepanjang kariernya yang panjang.

    - Kritik Rose muncul setelah Natalie mengenakan jubah yang dibordir dengan nama-nama sutradara wanita selama perayaan Academy Awards ke-92, yang tidak menominasikan wanita dalam kategori Best Director.

    - Natalie kemudian menanggapi pernyataan Rose.


    Setelah Natalie Portman tiba di karper merah Oscar 2020 dengan mengenakan jubah yang bertuliskan nama-nama sutradara wanita yang tidak dinominasikan untuk kategori Best Director, aktris Rose McGowan memanggilnya untuk bekerja dengan beberapa sutradara wanita sepanjang kariernya.

    "Beberapa pemikiran tentang Natalie Portman dan 'protes' Oscar-nya. Jenis protes yang mendapat sambutan hangat dari media arus utama karena keberaniannya," tulis Rose dalam sebuah unggahan di Facebook. "Berani? Bukan, itu bukan untuk jangka panjang. Lebih seperti aktris yang bertindak sebagai bagian dari seseorang yang peduli. Seperti banyak dari mereka yang melakukannya. ... Natalie, Anda telah bekerja dengan dua sutradara perempuan selama karier Anda yang sangat panjang - dan salah satu dari mereka adalah diri Anda sendiri. Anda memiliki perusahaan produksi yang mempekerjakan hanya satu direktur wanita - dan itu juga adalah diri Anda sendiri."

    Rose melanjutkan, "Ada apa dengan aktris sejenisnya? Anda 'A-listers' (????) dapat mengubah dunia jika Anda mengambil sikap alih-alih menjadi masalah. Ya, Anda, Natalie. Anda adalah masalahnya. Layanan bibir adalah masalahnya. Dukungan palsu dari wanita lain adalah masalahnya."



    Natalie telah bekerja dengan tiga sutradara wanita dalam rilis film besar, menurut USA Today. Para direktur tersebut termasuk Mira Nair dalam antologi pada tahun 2008 berjudul New York, I Love You, Rebecca Zlotowski untuk Planetarium di tahun 2016, dan Vanita Shastry di 2015 untuk The Heyday of the Insensitive Bastards.

    Natalie kemudian menanggapi kritik tajam dari Rose dalam sebuah pernyataan yang dirilis ke BBC.

    "Memang benar saya hanya membuat beberapa film dengan wanita," katanya. "Dalam karier saya yang panjang, saya hanya mendapat kesempatan untuk bekerja dengan sutradara wanita beberapa kali - saya telah membuat film pendek, iklan, video musik dan features bersama Marya Cohen, Mira Nair, Rebecca Zlotowski, Anna Rose Holmer, Sofia Coppola, Shirin Neshat dan saya sendiri."

    Ia juga mencatat bahwa beberapa proyek film yang akan dipimpin oleh sutradara wanita tidak membuahkan hasil. "Sayangnya, film-film yang belum saya buat yang saya coba buat adalah hanya menjadi sejarah hantu," katanya. "Film-film wanita sangat sulit dibuat di studio, atau dibiayai sendiri. Jika film-film ini dibuat, wanita akan menghadapi tantangan besar selama pembuatannya."


     

    Anda dapat membaca pernyataan Rose dan Natalie secara lengkap di bawah ini.


    Kritis Rose McGowan untuk Natalie Portman:

    Beberapa pemikiran tentang Natalie Portman dan protes Oscar-nya. ’Jenis protes yang mendapat sambutan hangat dari media arus utama karena keberaniannya. Berani? Bukan, itu bukan untuk jangka panjang. Namun ini lebih seperti aktris yang bertindak sebagai bagian dari seseorang yang peduli. Seperti yang banyak dari mereka lakukan.

    Saya menemukan jenis aktivisme Natalie sangat menyinggung kita yang benar-benar melakukan pekerjaan itu. Saya tidak menulis ini karena kepahitan, namun saya menulis ini  karena saya merasa jijik.

    Saya hanya ingin ia dan aktris lainnya untuk benar-benar bertindak.

    Natalie, Anda telah bekerja dengan dua sutradara wanita dalam karier Anda yang sangat panjang - salah satunya adalah diri Anda sendiri. Anda memiliki perusahaan produksi yang telah mempekerjakan tepat satu direktur wanita - dan orang tersebut adalah Anda sendiri.

    Ada apa dengan aktris sejenisnya? Anda adalah seorang 'A-listers' (????) seharusnya Anda dapat mengubah dunia jika Anda mengambil sikap yang nyata alih-alih hanya menjadi masalah. Ya, Anda, Natalie. Anda adalah masalahnya. Layanan bibir adalah masalahnya. Dukungan palsu dari wanita lain adalah masalahnya.

    Seperti yang saya tulis dalam buku saya bertajuk Brave, apa yang terjadi di belakang layar, akhirnya masuk ke dunia nyata. Dan itu adalah penyakit yang menyebar yang membutuhkan obatnya sendiri.

    Apa yang Anda lakukan memengaruhi dunia, Natalie. Seperti halnya apa yang tidak Anda lakukan.

    Saya memilih Anda karena Anda adalah yang terbaru dalam barisan aktris yang bertindak sebagai bagian dari wanita yang peduli dengan wanita lain. Aktris yang konon berdiri untuk wanita, tetapi pada kenyataannya tidak melakukan banyak hal sama sekali. Tentu saja wanita di dunia akan terus membeli parfum yang Anda promosikan, film yang Anda buat, dan berpikir mereka membeli siapa Anda. Tapi siapa Anda sebenarnya?

    Saya berada di acara Women in Film yang juga pernah Anda hadiri dan menjadi pembicara, Natalie. Anda melepaskan statistik yang menyedihkan dan kemudian kami semua kembali ke salad kami. Saya segera menyadari bahwa Anda dan pembicara wanita lainnya (dan lelucon organisasi itu) hanyalah... penipuan. Anda tidak mengatakan apa-apa, tidak melakukan apa-apa.

    Tidak ada undang-undang yang mengatakan bahwa Anda perlu merekrut wanita, bekerja dengan wanita, atau mendukung wanita. Dengan segala cara, Anda lakukan Anda. Tapi saya katakan berhentilah berpura-pura Anda semacam juara untuk hal lain selain diri Anda sendiri.

    Bagi saya, saya akan mengangkat suara saya dan berjuang untuk perubahan tanpa kompensasi apa pun. Itu adalah aktivisme yang sebenarnya.

    Sampai Anda dan rekan aktris Anda menjadi nyata, bantulah kami semua dan gantung jubah Anda yang bersulam, itu tidak berlaku.


    Respons Natalie Portman:

    Memang benar saya hanya membuat beberapa film dengan wanita.

    Dalam karir panjang saya, saya hanya mendapat kesempatan untuk bekerja dengan sutradara wanita beberapa kali - Saya telah membuat film pendek, iklan, video musik dan feature dengan Marya Cohen, Mira Nair, Rebecca Zlotowski, Anna Rose Holmer, Sofia Coppola, Shirin Neshat dan saya sendiri.

    Sayangnya, film-film yang belum saya buat yang saya coba buat menjadi sejarah hantu.

    Film-film wanita sangat sulit dibuat di studio, atau dibiayai sendiri. Jika film-film ini dibuat, wanita akan menghadapi tantangan besar selama pembuatannya.

    Saya telah memiliki pengalaman beberapa kali dalam membantu membuat direktur perempuan disewa untuk proyek-proyek yang kemudian mereka paksa keluar karena kondisi yang mereka hadapi di tempat kerja.

    Setelah dibuat, film yang disutradarai wanita menghadapi kesulitan untuk masuk ke festival, mendapatkan distribusi dan mendapatkan pujian karena penjaga gerbang di setiap tingkat.

    Jadi saya ingin mengatakan, saya sudah mencoba, dan saya akan terus berusaha. Meskipun saya belum berhasil, saya berharap kita memasuki hari yang baru.




    (Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)







- RELATED ARTICLE -